Tips

Mau Dapat Banyak Side Job? Terapkan 5 Tips ala Arif Rahman Berikut Ini

tips-dapatkan-banyak-side-job

side job/https://blog.roomme.id/

Dalam keadaan pandemi seperti ini tak sedikit orang yang mengalami penurunan pendapatan karena berkurangnya jam kerja atau bahkan malah hilang pendapatan karena PHK. Dari sinilah maka kebutuhan akan side job atau pekerjaan sampingan menjadi besar di masa seperti sekarang ini. Namun untuk memperoleh side job ini ternyata tidak mudah. Sebab perekonomian yang bergerak lambat membuat beberapa pemilik uang lebih cermat dalam pengeluarannya. Tapi bagi blogger traveling dan founder Whattravel Muhammad Arif Rahman, side job bisa didapatkannya dengan tidak terlalu sulit. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dari Arif Rahman yang bisa Anda terapkan.

  1. Prinsip Never Say Never

Tips pertama mendapatkan banyak side job menurut Arif Rahman adalah dengan berprinsip “never say never”. Maksudnya adalah Anda sebagai pencari side job tak boleh menolak tawaran yang datang. Apalagi bila kamu masih pemula dalam bidang yang digeluti, maka diawal menjalankan side job, terima saja penawaran yang ada untuk menambah pengalaman. Prinsip “never say never” inilah yang juga selalu diterapkan Arif Rahman saat menjalankan side job-nya sebagai blogger. Menurutnya, dirinya selalu mengerjakan apa yang bisa ia kerjakan.

“Semua, sih, aku kerjain karena aku never say never dan nggak bisa say no for cuan hehehe. Tapi yang paling rutin memang menulis, ada produk minta di-review, di masa pandemi ini sering jadi speaker webbinar juga” kata Arif.

  1. Gali Potensi Diri

Bagi Arif menggali potensi diri ini merupakan suatu hal yang penting. Meski dirinya punya pekerjaan utama di kantor, Arif selalu menggali dan mengasah potensi dirinya yang lain yakni menulis dan ngeblog. Dan kegiatan menggali dan menggasah potensi diri ini dilakukan Arif sejak tahun 2012. Dari blogging, speaking, bisnis dan kini yakni editing video, semua telah dilakukan Arif hingga dirinya pun mendapatkan banyak side job.

“Aku percaya semua hal itu bisa dipelajari. Kayak sebelumnya aku nggak terlalu bisa public speaking, ngomong di depan banyak orang gampang terbata-bata. Tapi ya aku asah terus supaya bisa jadi penghasilan,” ucap Arif.

  1. Bangun Personal Branding

Berikutnya, tips mendapatkan banyak side job ari Arif Rahman adalah bangun personal branding. Untuk membangun personal branding yang berkaitan dengan layanan jasa ini memang diakui Arif terbilang tricky. Arif sendiri membutuhkan waktu 1-2 tahun untuk membangun personal branding-nya.

“Menurutku lebih susah jualan jasa. Karena kita butuh bangun personal branding yang kuat. Entah itu setahun dua tahun,” jelas pria pemilik bisnis kuliner @dapurgladies ini.

  1. Utamakan Kerjaan Kantor

Bila pekerjaan utama masih menuntut bekerja lebih maka menurut Arif kamu harus mengutamakan kerjaan di kantor tersebut. Dan satu hal lagi menurut Arif yaitu seseorang yang mengambil side job harus siap dengan rasa capek hingga dua kali lipat. Maka dari itu ketika memutuskan untuk mengambil side job pastikan untuk bisa mengatur jam istirahat dengan baik.

“Utamakan dulu kerjaan kantor, baru setelah itu kerjakan side job yang paling memberikan keuntungan. Karena aku mengerjakan side job di luar jam kerja kayak pas istirahat atau mungkin di rumah abis pulang kantor,” ucap Arif.

  1. Pasang Fee yang Sesuai

Terakhir, tips mendapatkan banyak side job menurut Arif Rahman adalah dengan memikirkan fee yang sesuai. Untuk mengerjakan side job ini kamu memang akan mengeluarkan tenaga, pikiran dan biaya serta waktu. Dari sinilah maka pengorbananmu perlu diimbali dengan tarif yang sesuai. Tapi supaya kamu tetap bisa mendapatkan banyak side job, pastikan juga tidak terlalu memasang fee terlalu tinggi. Jadi supaya tarif yang kita ajukan tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah Arif menyarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu.

“Riset bisa dengan bertanya teman yang job desk sejenis dan benchmark-nya jelas,” tutur Arif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top