Tips

Mau Investasi Saham di Tahun 2022? Terapkan 5 Tips Cuan Saham Ala Lo Kheng Hong Berikut Ini

Lo Kheng Hong/https://valuemagz.id/

Lo Kheng Hong bukanlah nama yang asing di dunia investasi saham. Bisa dikatakan Lo Kheng Hong ini adalah Warrent Buffet-nya Indonesia. Di dunia investasi pasar modal, Lo Kheng Hong memang telah malang melintang selama lebih dari 32 tahun. Menurutnya, investasi itu bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana asal punya kesabaran dan tujuan.

Dari Rugi Menjadi Untung

Kisah perjalanan Lo Kheng Hong di dunia investasi saham ini pernah melewati masa-masa tersulit karena selama 4 tahun tidak pernah memperoleh keuntungan alias rugi. Meski demikian dirinya tak berputus asa hingga kemudian di tahun 1992 dirinya mendapatkan keuntungan. Dari sini dirinya semakin bersemangat dengan memburu saham-saham yang dirasa punya prospek bagus dengan harga murah. Lebih lanjut Lo Kheng Hong memberikan beberapa tips untuk sukses berinvestasi saham di pasar modal yang bisa diterapkan di tahun 2022 nanti.

  1. Baca Laporan Keuangan Saham yang Ingin Dibeli

Tips pertama berinvestasi saham di tahun 2022 menurut Lo Kheng Hong adalah dengan membaca laporan keuangan saham yang ingin dibeli. Seorang investor memang sudah seharusnya membaca laporan keuangan dari perusahaan atau emiten yang akan dipilih. Laporan keuangan ini sendiri berwujud laba, penjualan, modal, utang yang lancar atau macet dari perusahaan. Tentu Anda yang ingin mendapatkan cuan atau keuntungan harus membeli saham dari perusahaan yang memiliki laporan keuangan sehat.

  1. Beli Saham yang Bidang Usahanya Baik

Selain melihat laporan keuangan, menurut Lo Kheng Hong, investor juga perlu melihat saham dari perusahaan yang memiliki bidang usaha yang baik. Maksudnya di sini adalah investor harus mencari industri yang dapat bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Biasanya emiten yang demikian berasal dari perusahaan dengan bidang usaha yang baik. Setelah mendapatkan industrinya, lakukan sortir perusahaan berdasarkan Price to Book Value (PBV) kecil tapi asetnya banyak serta utangnya kecil.

  1. Pilih Perusahaan yang Untung

Berikutnya, tips berinvestasi saham di tahun 2022 menurut Lo Kheng Hong adalah dengan memilih perusahaan yang untung. Perusahaan yang untung memang akan memberikan dampak untung juga pada investor. Lo Kheng Hong sendiri menyatakan bahwa dirinya sangat anti membeli saham dari perusahaan yang rugi sejak awal.

  1. Track Record Pimpinan Perusahaan yang Baik

Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian saat memilih emiten untuk investasi saham menurut Lo Kheng Hong adalah mencari perusahaan dengan track record pimpinan yang baik. Anda sebagai investor memang harus melihat pimpinan perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Pastikan dalam pemilihan itu Anda mendapatkan pimpinan perusahaan (jajaran direksi dan komisaris) yang diduduki orang-orang dengan reputasi dan integritas yang baik.

  1. Sabar Menanti Hasil yang Terbaik

Terakhir, tips berinvestasi saham di tahun 2022 menurut Lo Kheng Hong adalah sabar menanti hasil terbaik. Sama seperti berbisnis, dalam investasi juga dibutuhkan kesabaran. Lo Kheng Hong sendiri juga harus bersabar sebelum kemudian meraih keuntungan dalam investasi saham ini. Menurut Lo Kheng Hong kebanyakan investor yang gagal adalah mereka yang tidak sabar dan terburu-buru dalam mendapatkan hasil.

“Bukannya untung tapi malah rugi, karena memulainya dengan cara yang salah yakni dengan membeli saham IPO dengan harga murah, lalu menjualnya ketika listing dengan harapan mendapatkan keuntungan. Padahal untuk mendapatkan hasil terbaik, berinvestasi perlu waktu,” kata Lo Kheng Hong.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top