Tips

Mau Jalankan Bisnis Kuliner? Coba Terapkan 5 Tips Sukses dari Chef Marinka Dulu

tips-bisnis-chef-marinka

Anda adalah seorang yang ingin menjalankan bisnis dibidang kuliner. Tentu sangatlah istimewa bila Anda bisa membuat bisnis ini menjadi sukses. Seperti kita tahu bahwa persaingan pada bisnis kuliner yang semakin sengit ini memang membuat usaha meraih keberhasilan akan semakin sulit. Tapi sebagai pengusaha sejati tentu Anda tidak boleh lantas langsung menyerah dengan kompetisi yang ada. Sebab, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa meraih sukses di bisnis kuliner tersebut. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan tips dari Chef Marinka. Wanita bernama lengkap Maria Irene Susanto ini memang dikenal bukan hanya sebagai sosok chep ternama, tapi juga seorang pengusaha restoran. Lalu seperti apakah tips sukses bisnis dibidang kuliner menurut versi chef lulusan Le Cordon Bleu, Australia ini? Berikut ulasannya.

  1. Kenali Produk dan Kualitas Makananmu

Pertama tips dari Chef Marinka untuk Anda yang menjalankan bisnis dibidang kuliner adalah mengenali produk dan kualitas makanan. Menurut Chef Marinka, Anda sebagai pebisnis memang harus memahami dengan baik produk makanan yang akan dihadirkan. Tidak hanya mengetahui menu dan cara membuat saja, tapi Anda juga perlu memahami pasar dan juga kelebihan dan kelemahan produk. Mengenali produk ini memang akan membuat Anda mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi untuk berbisnis dan menjualnya. Tapi sebaiknya bila ada pengusaha yang tidak paham dengan produknya, biasanya mereka akan tidak pede saat memasarkannya. Saat Anda sudah percaya diri saat menjualnya, maka konsumen pun juga akan percaya dan yakin atau tidak ragu untuk membeli produk Anda.

  1. Bandingkan Usahamu dengan Kompetitor

Setelah mengenali produk sendiri, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan menurut Chef Marinka adalah membandingkan usaha dengan kompetitor. Pertama, Anda bisa membandingkan produk dan harganya. Setelah itu Anda bisa juga membandingkan sistem usahamu dengan usaha mereka. Saat membandingkan produk, Anda perlu menilai kualitasnya, apakah memang setara atau lebih rendah atau diatas kualitas produk Anda. Selanjutnya, dalam membandingkan sistem bisnisnya, mungkin agak sulit karena hal ini ada dibalik layar. Tapi Anda bisa menyelidiki hal ini dari beberapa referensi di media massa atau dari karyawannya. Ketika Anda bisa mengenali produk dan bisnis kompetitor maka Anda akan bisa menilai kelebihan dan kekurangannya. Dari sinilah Anda bisa belajar banyak untuk kesuksesan bisnis kuliner Anda.

  1. Berikan Tester! Jangan Pelit

Berikutnya, tips sukses jalankan bisnis kuliner versi Chef Marinka adalah dengan tidak pelit memberikan tester. Bisnis kuliner memang sangat tergantung dengan rasa. Semakin Anda bisa menghadirkan rasa yang enak maka potensi sukses Anda akan semakin besar. Nah, untuk bisa mengetahui enak-tidaknya menu kuliner Anda, maka tester bisa jadi jawabannya. Jadi jangan pelit untuk membagi atau memberikan tester pada orang-orang. Sebab dari tester ini Anda akan bisa mendapatkan masukan yang sangat berharga untuk bisnis Anda. Karena rasa enak-tidak enak dari produk kuliner pada setiap orang ini bisa berbeda-beda, maka tester harus Anda lakukan pada banyak orang. Jadi jangan pelit untuk memberikan tester meski harus ada banyak orang yang harus Anda berikan.

  1. Jangan Latah Ikutan Bisnis Makanan

Layakanya fashion, makanan saat ini juga punya tren tersendiri. Jadi setiap waktunya, bisa jadi akan ada tren menu makanan yang digemari. Tapi sayangnya tren makanan ini tak jarang hanya berlangsung beberapa waktu saja. Setelah itu lenyap tak berbekas. Anda yang ingin menjalankan bisnis kuliner dengan sukses, menurut Chef Marinka harus menghindari menu-menu yang hanya berdasar tren. Jangan latah ikut bisnis kuliner yang sedang ramai tanpa terlebih dahulu memikirkan jangka panjangnya.

  1. Pakai Media Sosial

Terakhir, tips dari Chef Marinka untuk Anda yang akan menjalankan bisnis kuliner adalah memanfaatkan media sosial. Saat ini media sosial memang sedang menjadi fenomena tersendiri di dunia. Dari media sosial ini Anda bisa membuat bisnis kuliner Anda semakin populer dan sukses. Caranya tentu saja Anda harus memasarkan atau mempromosikan bisnis Anda tersebut di media sosial. Semakin Anda gencar melakukan pemasaran yang efektif di media sosial, maka akan semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan banyak konsumen dan tentu saja kesuksesan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top