Bisnis Online

Mau Kirim Barang Via Ekspedisi? 5 Tips Ini Akan Jaga Nama Baik Bisnis Online Anda

pilih-jasa-ekspedisi

Saat menjalankan bisnis online, Anda pastinya akan membutuhkan partner atau mitra yaitu pihak ekspedisi. Pihak ekspedisi ini merupakan partner yang membantu bisnis online Anda mengirimkan barang ke konsumen yang telah memesannya. Sayangnya dalam proses pengiriman oleh pihak ekspedisi ini tak jarang ditemui beberapa hal seperti barang yang rusak bahkan barang yang tidak sampai ke tangan konsumen. Karena dalam proses pengiriman barang tersebut ada banyak risiko kerugian yang muncul dan harus ditanggung inilah maka sebagai pebisnis Anda harus selektif dalam menentukan pihak ekspedisi. Sebab bila Anda tidak selektif dan akhirnya salah memilih ekspedisi, maka hal tersebut akan membuat nama bisnis online Anda jadi jelek. Maka dari itu berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk memilih jasa ekspedisi pengiriman barang yang baik dan tepat.

  1. Jangan Langsung Tergoda Pada Tarif Murah

Tips pertama untuk memilih jasa ekspedisi untuk kesuksesan bisnis online Anda adalah dengan tidak terpancing pada tarif murah. Dengan ketatnya persaingan jasa ekspedisi yang ada saat ini memang ada beberapa pihak yang kemudian melakukan banting harga agar banyak konsumen yang memilihnya. Tapi Sebagai pebisnis sejati, tentu Anda harus bijak menyikapi hal ini. Anda tidak boleh langsung terpancing atau tergoda dengan tarif pengiriman murah yang ditawarkan pihak ekspedisi. Sebelum memutuskannya, lakukan riset mendalam dulu mengapa tarif murah ini diberikan pihak ekspedisi. Bisa jadi tarif murah yang diberikan ada sebuah layanan yang tidak bisa diberikan secara optimal. Ingat pepatah bilang dibalik kualitas yang baik ada harga yang harus ditebus. Maka dari itu ketika mendengar ada ekspedisi yang memberikan harga murah, pastikan Anda tidak langsung tergoda.

  1. Adanya Layanan Tracking Online

Dengan canggihnya teknologi yang berkembang saat ini maka kemudian muncul fasilitas atau layanan tracking online untuk sebuah pengiriman barang. Nah dengan adanya fasilitas ini tentu akan membuat Anda sebagai pebisnis mendapatkan kemudahan untuk melacak barang. Ketika Anda bisa melacak barang yang Anda kirimkan pada konsumen secara online tentu bila ditemukan hal bermasalah, Anda bisa langsung menghubungi pihak terkait. Termasuk bila barang sudah diterima konsumen, maka Anda bisa melakukan tidak lanjut atau konfirmasi sebagai bagian strategi bisnis. Tapi tanpa adanya fasilitas tracking online tentu Anda akan kesulitan untuk melakukan pelacakan barang termasuk untuk menjalankan strategi bisnis selanjutnya setelah barang diterima konsumen. Maka dari itu karena pentingnya fasilitas tracking online ini Anda harus bisa menjadikan sebagai acuan dalam pemilihan jasa ekspedisi.

  1. Perhatikan Kecepatan Pengirimannya

Setiap konsumen pastinya ingin barangnya cepat sampai di tempatnya. Dari sinilah maka Anda sebagai pebisnis yang ingin memuaskan konsumen harus bisa memilih ekspedisi yang bisa mengirim barang dengan cepat. Meski ada pilihan paket pengiriman untuk kecepatan barang yang dihadirkan pihak ekspedisi, Anda juga perlu memperhitungkan tawaran opsi tersebut. Sebab bila ada garansi kecepatan pengiriman dari pihak ekspedisi yang sesuai dengan harapan konsumen maka Anda tak perlu ragu untuk mengambilnya. Nah ketika barang kemudian diterima konsumen sesuai harapannya maka mereka akan puas dan tak akan ragu lagi membeli produk pada bisnis online Anda.

  1. Hadirkan Jaminan dan Asuransi

Bila Anda merasa barang atau produk bisnis online Anda memiliki risiko rusak lebih besar saat pengiriman jarak jauh maka Anda harus lebih cermat memilih pihak ekspedisi. Dalam kasus ini Anda tidak hanya harus memilih jasa ekspedisi yang kredibel. Tapi lebih dari itu Anda harus bisa memilih pihak ekspedisi yang menghadirkan atau menawarkan jaminan atau asuransi. Dengan adanya jaminan atau asuransi ini maka barang yang berisiko dari bisnis Anda akan bisa diamankan dengan baik hingga ke tangan konsumen.

  1. Punya Layanan Customer Service yang Pima

Terakhir, tips memilih jasa ekspedisi pengiriman barang untuk bisnis online adalah dengan memilih yang punya layanan customer service prima. Dengan adanya beberapa hal atau masalah yang bisa muncul dalam proses pengiriman barang memang membuat layanan customer service pihak ekspedisi sangat dibutuhkan. Dengan adanya layanan customer service pihak ekspedisi yang prima inilah maka Anda akan bisa bertanya hingga mengajukan komplain bila kemudian ditemui kendala.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top