Keuangan

Mau Kurangi Biaya Bisnis Supaya Lebih Untung? Terapkan 7 Cara Ini!

cara-pangkas-biaya-bisnis

cara pangkas biaya bisnis/https://www.thisismoney.co.uk/

Setiap bisnis pastinya ingin memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Tapi karena ada beberapa biaya yang harus dikeluarkan saat menjalankan bisnis, maka keuntungan yang didapat pun tak jarang menjadi minim. Maka dari itu untuk memiliki bisnis dengan untung besar, kamu perlu meminimalisir segala biaya yang menyertainya. Tapi seperti apa cara untuk meminimalisir atau mengurangi biaya bisnis supaya lebih untung? Berikut ulasannya!

  1. Identifikasi Pengeluaran Berlebih

Pertama, cara untuk mengurangi biaya bisnis supaya untung adalah dengan mengidentifikasi pengeluaran berlebih. Jadi cobalah untuk mengidentifikasi beberapa pengeluaran berlebih pada hal yang tidak terlalu penting. Sebut saja misalnya biaya layanan subscription dari aplikasi yang tidak atau jarang terpakai dalam proses bisnismu. Nah jika kamu merasa punya layanan subscription yang tidak terlalu penting seperti ini, sebaiknya dihilangkan saja.

  1. Mengontrol dan Menyatukan Pengeluaran

Kamu juga bisa melakukan pengontrolan dan penyatuan pengeluaran agar biaya bisnis bisa diminimalisir. Usaha mengontrol biaya bisnis sendiri artinya Anda perlu untuk mencari bahan baku produksi alternatif dengan harga lebih murah. Setelah itu kamu juga perlu menyatukan pengeluaran sendiri yang berarti mengidentifikasi hal-hal atau biaya yang bisa digabungkan, sehingga membuat perusahaan menjadi lebih hemat. Contoh dari aksi menyatukan pengeluaran sendiri yaitu saat di mana perusahaan ingin melakukan sebuah event marketing. Dari pada melakukannya di beberapa tempat di hari yang sama, perusahaan bisa lebih menghemat dengan melaksanakannya di satu tempat saja.

  1. Potong Biaya Produksi

Biaya produksi juga menjadi salah satu hal yang membuat perusahaan harus mengeluarkan ongkos terbesarnya. Nah dari sinilah kamu perlu pintar-pintar mencari celah untuk memotong biaya produksi. Cara yang bisa kamu lakukan terkait hal ini antara lain:

  • Memanfaatkan limbah produksi untuk membuat produk yang lain
  • Melakukan leasing terhadap tempat yang tidak terpakai
  • Menjual kardus, kertas, atau bahan metal bekas ketimbang mengirimnya ke bagian daur ulang
  • Menyesuaikan dan mengoptimalkan sumber daya dengan melacak serta mengukur efisiensi operasional perusahaan melalui KPI
  1. Manfaatkan Penggunaan Teknologi

Teknologi saat ini yang terus berkembang pesat memang dapat kamu jadikan solusi untuk bisa memangkas biaya bisnis. Nah berikut beberapa contoh penggunaan teknologi yang mampu menghemat biaya bisnis:

  • Terapkan Work From Home (WFH) dengan penggunaan tools seperti Slack supaya meminimalisir pengeluaran biaya sewa tempat.
  • Melakukan meeting secara virtual untuk menghemat pengeluaran perjalanan bisnis
  • Memakai work tools seperti Google Docs atau Trello untuk mengorganisir dan mensentralisasi dokumen perusahaan serta melakukan project management.
  1. Kurangi Penggunaan Alat Tulis dan Kertas

Jika perusahaanmu sering menggunakan alat tulis kertas dalam kegiatan bisnis, cobalah mulai sekarang untuk menguranginya. Caranya, cari saja ganti saja dengan sistem komputerisasi atau dengan penggunaan aplikasi. Dari sini maka pencatatan bisa dilakukan secara digital yang tentunya akan memangkas pemakaian alat tulis dan kertas.

  1. Lakukan Perubahan dalam Pemberian Layanan

Layanan bisnis yang terlalu berlebihan memang membuat pengeluaran menjadi lebih besar. Maka dari itu untuk bisa menghematnya, kamu bisa melakukan evaluasi dan perubahan pada layanan bisnis yang tak berdampak serius. Sebut saja misalnya layanan Customer Service (CS) 24 jam. Jika kamu merasa bahwa jarang ada customer yang menelepon malam hari, lebih baik kamu hilangkan layanan CS malam hati sehingga biaya CS shift malam bisa dinihilkan.

  1. Menghemat Penggunaan Fasilitas

Terakhir, cara untuk mengurangi biaya bisnis supaya untung adalah dengan menghemat penggunaan fasilitas. Beberapa contoh penghematan biaya fasilitas adalah menggunakan Air Conditioner (AC) di beberapa ruangan penting saja, mematikan lampu ruangan yang tidak terpakai dan lain sebagainya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top