Tips

Mau Lunasi Hutang? Begini Trik efektifnya!

tips-lunasi-hutang

tips lunasi hutang/https://zonapriangan.pikiran-rakyat.com/

Hutang merupakan salah satu hal yang perlu dilunasi oleh setiap orang yang menanggungnya. Sayangnya dengan beberapa kebiasaan negatif, tak jarang orang yang berhutang mengalami kesulitan untuk melunasinya. Nah agar beban hutang ini bisa dituntaskan maka kamu perlu memiliki trik dan strategi. Berikut ini trik dan strategi efektif untuk melunasi hutang.

  1. Buatlah Rekapitulasi Utang

Trik efektif pertama untuk bisa melunasi hutang adalah dengan membuat rekapitulasi atau daftar hutang. Dari rekapitulasi ini nantinya kamu akan bisa mendapatkan skema terbaik dalam melunasi hutang dengan tetap menjaga kestabilan finansial. Jadi cobalah untuk membuat list atau daftar hutang, entah itu cicilan rumah, kendaraan, dan cicilan lainnya. Rinci juga jumlah total dan cicilan per-bulannya. Berikutnya, kalkulasikan dengan penghasilan yang kamu dapatkan. Dari sinilah maka kamu bisa mengutamakan atau memprioritaskan mana hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu dengan tetap membuat keuangan tetap stabil.

  1. Perkuat Niat dan Tekad

Setelah membuat rekapitulasi atau daftar hutang, berdiamlah dulu sejenak sambil menarik nafas panjang. Lalu dari dalam diri munculkan tekad dan keyakinan untuk bisa melunasi hutang-hutang yang ada. Hutang memang bisa saja membuat seseorang cemas dan khawatir. Namun kekhawatiran ini bisa diatasi dengan cara memperkuat niat dan tekad untuk bisa melunasi hutang.

  1. Mulai Bayar dengan Skala Prioritas

Berikutnya, trik melunasi hutang adalah dengan mulai membayar dengan skala prioritas. Meski dengan jumlah yang sedikit, tapi dengan konsistensi, maka kamu akan mampu membayar hutang-hutang yang ada. Namun pembayaran hutang ini memang perlu dilakukan dengan teknik skala prioritas agar tujuanmu melunasi hutang bisa tercapai.

  1. Menjual Barang yang Tidak Terpakai

Bila ada hutang yang tidak bisa dibayarkan dan sudah lewat waktu pembayaran, sebaiknya kamu mencari cara lain seperti menjual barang. Kenapa harus menjual barang? Sebab cicilan atau hutang yang tidak segera dibayar setelah jatuh tempo, hal tersebut akan membuatmu harus menanggung bunga yang lebih besar. Kenapa tidak meminjam ke tempat lain? Bila kamu melakukannya maka akan membuat hutangmu terus bergulir dan akan semakin lama untuk melunasinya.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Selanjutnya, trik efektif melunasi hutang adalah mencari penghasilan tambahan. Dengan mendapatkan penghasilan tambahan maka kamu akan mampu membuat finansialmu lebih aman. Sebenarnya ini adalah cara yang paling efektif bila kamu tidak ingin membuat penghematan berlebih pada keuangan ketika memiliki hutang. Namun untuk menjalankan trik ini maka mau tak mau kamu harus bekerja dengan lebih keras dan lebih giat.

  1. Take Over kredit

Terakhir, trik efektif melunasi hutang adalah dengan melakukan take over kredit. Bila kamu memang merasa kesulitan melunasi sebuah cicilan yang besar dan tidak memiliki barang untuk dijual, maka trik ini bisa jadi solusi. Ya kamu bisa melakukan take over kredit. Take over kredit ini maksudnya adalah menjual barang yang dicicil untuk mendapatkan dana untuk melunasi hutang. Namun ketika menjual barang yang masih dalam proses angsuran ini kamu harus meniatkan diri untuk mengutamakan dana yang didapat guna keperluan pelunasan hutang.

Itulah beberapa cara dan trik efektif yang bisa kamu lakukan untuk bisa melunasi hutang. Tentu agar beberapa trik di atas benar-benar mampu membuatmu melunasi hutang, maka kamu perlu bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Hutang memang sesuatu yang perlu segera dilunasi. Sebab bila tidak ada kesungguhan melunasi hal tersebut akan membuat beban finansial semakin berat bila terus-menerus dibiarkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top