Lainnya

Mau Mengkritik Karyawan? Lakukan dengan Cara Elegan dan Efektif Ini

mengkritik-karyawan

Karyawan merupakan bagian dari bisnis Anda yang bisa mempengaruhi perkembangan usaha. Sebab bila karyawan bekerja buruk maka bisnis pun bisa mengalami penurunan. Maka dari itu sebagai pemilik bisnis Anda harus bertindak bila menjumpai karyawan yang bekerja buruk. Untuk menindak karyawan yang bekerja buruk ini maka Anda harus memberi peringatan dulu. Dan saat memberi peringatan inilah Anda bisa menyampaikan kritik pada mereka. Kritik yang baik memang akan bisa membuat karyawan sadar untuk kembali bekerja dengan baik. Nah untuk bisa menyampaikan kritik dengan baik ini maka Anda sebagai pebisnis tidak boleh melakukannya dengan seenaknya. Alih-alih melakukan dengan seenaknya, Anda sebagai pebisnis harus bisa menyampaikan kritik ini dengan cara-cara yang lebih elegan dan efektif. Bagaimana caranya? Ikuti saja informasinya di bawah ini.

  1. Katakan Secara Terang-terangan

Cara elegan dan efektif dalam menyampaikan kritik pada karyawan yang pertama adalah dengan mengatakannya secara terang-terangan. Sebagai pemimpin bisnis Anda memang harus tegas dengan menyatakan kritik ini tanpa basa-basi. Katakan maksud Anda secara langsung saat Anda mengkritik pada karyawan. Selain untuk mengoptimalkan waktu yang ada, mengatakan kritik secara terus-terang juga akan membuat karyawan langsung paham apa yang Anda inginkan. Dengan mengatakan langsung to the point inilah maka solusi pun akan bisa segera Anda dapatkan dari kekurangan karyawan yang didapati. Sebaliknya bila Anda tidak menyampaikan kritik ini secara terus-terang maka bukan tidak mungkin karyawan menjadi binggung. Bila karyawan binggung apa yang Anda sampaikan maka jalan buntu untuk persoalan yang Anda pikirkan akan terjadi.

  1. Gunakan Bahasa yang Baik

Meski Anda harus mengatakan secara langsung dan terus terang, Anda juga perlu menjaga bahasa untuk penyampaian kritik tersebut. Mengapa demikian? Sebab karyawan yang juga seorang manusia memiliki perasaan yang bisa saja tersinggung bila Anda menyampaikan kritik dengan bahasa tidak baik. Jadi agar bisa menjaga perasaan karyawan Anda, cobalah gunakan bahasa yang baik saat menyampaikan kritik. Selain bisa membuat karyawan tidak tersinggung dan emosi, penggunaan bahasa yang baik ini juga akan membuat nama Anda sebagai pemimpin bisnis yang bijak tetap baik. Dan yang terakhir dengan penggunaan bahasa yang baik dan tegas maka peluang karyawan untuk memperbaiki diri akan semakin terbuka lebar.

  1. Sampaikan Kritik pada Saat yang Tepat

Berikutnya, cara efektif dan elegan untuk menyampaikan kritik pada karyawan adalah dengan menyampaikannya diwaktu yang tepat. Anda sebagai pemimpin sejati memang harus memilih waktu yang tepat agar penyampaian kritik ini bisa berjalan efektif. Waktu atau momentum yang tepat untuk menyampaikan kritik pada karyawan ini adalah saat mereka sendirian atau tidak berada disekeliling orang lain. Sebab bila Anda menyampaikan kritik saat ada banyak orang lain seperti ketika rapat tentu momen tersebut tidak tepat karena bisa menyakiti perasaan karyawan tersebut. Dengan menyampaikan kritik di waktu yang tepat maka karyawan bisa menerimanya dan bahkan bisa memperbaikinya dengan segera.

  1. Perhatikan Tempat Anda Menyampaikan Kritik

Selain waktu, Anda juga perlu memperhatikan tempat Anda menyampaikan kritik atau teguran pada karyawan. Alangkah baiknya agar tidak menyinggung karyawan yang dikirtik, Anda melakukan kritik ini di tempat yang jauh dari karyawan lain. Untuk itu pilihan yang tepat adalah Anda memanggil karyawan ke ruangan Anda untuk bicara empat mata dan menyampaikan kritik. Dengan menyampaikan kritik di ruangan kerja Anda yang jauh dari karyawan lain maka Anda akan bisa membuat karyawan jadi lebih fokus mendengarkan Anda dan mau menerimanya.

  1. Dengarkan Respon dan Penjelasan Karyawan

Terakhir, cara efektif mengkritik karyawan adalah dengan mendengarkan penjelasan dari karyawan. Setelah Anda selesai dengan kritik yang disampaikan, maka sebagai pebisnis sejati Anda harus mau bergiliran mendengarkan pendapatkan karyawan. Berikan saja kesempatan pada mereka untuk merespon dan mengutarakan pendapat dari kritik yang Anda sampaikan. Sebab mungkin saja apa yang Anda kritik dari kesalahan karyawan tadi merupakan sebuah kesalahpahaman. Tapi bila memang karyawan tidak berpendapat dan mereka mengakui kesalahannya, maka Anda bisa meneruskannya dengan menasehati mereka agar tidak melakukan kesalahan itu lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top