Keuangan

Mau Mudik Lebaran? Siapkan Dananya dengan 6 Tips Ini

mudik-2022

tips mudik 2022/https://www.radardepok.com/

Sebentar lagi lebaran tahun 2022 tiba. Dari sini banyak orang yang sudah mulai bersiap-siap untuk menyambutnya. Salah satu persiapan yang dilakukan masyarakat untuk momen lebaran ini adalah mudik. Mudik memang sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia. Setalah lama tak berjumpa dengan orangtua dan sanak saudara, maka jelang lebaran, banyak dari umat muslim yang memanfaatkannya untuk mudik ke kampung halaman. Nah Anda yang juga berencana mudik, sebaiknya sudah mempersiapkan beberapa hal, termasuk dana atau anggarannya. Berikut tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Siapkan Sejak Jauh Hari

Tips pertama agar mudik lancar adalah dengan menyiapkan segala sesuatunya, terutama dana sejak jauh-jauh hari. Jika kamu memang merencanakan mudik ini jauh-jauh hari, maka jangan lupa untuk mempersiapkannya sejak awal. Dana untuk mudik ini memang tidak sedikit. Apalagi bila kamu mudik bersama keluarga dengan tujuan yang jauh, maka anggarannya bisa sangat besar sekali. Nah bila kamu bisa mencicil atau menabung dana mudik ini sejak jauh-jauh hari, maka mudik pun tidak akan terlalu memberatkan ketika waktunya tiba.

  1. Buat Rencana yang Jelas

Ketika mudik, kamu memang membutuhkan perencanaan. Dengan perencanaan yang baik dan jelas, maka mudik yang kamu jalani akan jadi lebih mudah dan nyaman. Jika kamu memang merencanakan mudik tahun ini, kamu bisa mengagendakan waktunya sedari awal. Dengan mengagendakan mudik sejak awal, kamu akan bisa melakukan mudik dengan lancar karena minim kemacetan. Dengan mudik lebih awal, kamu yang naik transportasi umum juga akan mendapat harga normal sebelum kenaikan.

  1. Siapkan Tabungan Khusus

Kamu memang perlu membuat tabungan khusus untuk dana mudik yang besar. Dengan tabungan khusus tersebut, kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan. Tidak harus membuka rekening baru di bank, tapi Anda bisa menyiapkan tempat menabung sendiri di rumah untuk keperluan mudik tersebut. Dengan adanya tabungan khusus mudik tersebut, maka kamu tidak akan terganggu dengan anggaran lain karena sudah terpisah.

  1. Manfaatkan THR

Jika kamu seorang pekerja atau karyawan yang berhak mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya) tahun ini, maka kamu bisa memanfaatkannya sebagai bagian dari anggaran mudik. Dengan adanya THR, kamu memang akan terbantu untuk melakukan mudik. Namun terlebih dulu kamu harus memastikan besaran THR yang akan didapat, agar anggaran untuk mudik benar-benar bisa terpenuhi.

  1. Atur Keuangan Selama Ramadan

Tips berikutnya untuk menyiapkan dana untuk mudik lebaran adalah dengan mengatur keuangan selama ramadhan. Meski sedang menjalankan ibadah puasa ramadhan, bukan berarti lantas seseorang bisa banyak berhemat. Justru saat ramadhan, banyak dari mereka yang merasa banyak pengeluaran. Nah dari sinilah kamu yang memang berencana akan mudik, harus bisa mengatur keuangan yang ketat selama ramadhan agar bisa menyisihkan untuk dana mudik.

  1. Pertimbangkan untuk Mencari Pemasukan Tambahan

Terakhir, tips menyiapkan dana untuk mudik lebaran adalah dengan mencari pemasukan tambahan. Jika memang kamu merasa bahwa dana yang ada tidak cukup untuk mudik, maka mau tak mau Anda harus mencari pemasukan tambahan. Caranya, kamu bisa berbisnis dengan menjual beberapa barang untuk keperluan lebaran atau takjil di masa ramadhan. Selain itu kamu juga bisa mencari pekerjaan tambahan di luar pekerjaan utama. Semua ini dilakukan karena memang harus ada dana tambahan yang diperlukan untuk mudik dan juga sepulangnya.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan mudik lebaran. Tentu tips-tips di atas tadi perlu dijalankan dengan sungguh-sungguh agar mudik yang direncanakan bisa terealisasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top