Keuangan

Mau Tagih Utang ke Teman? Ini Dia 5 Jurus Efektif yang Bisa Kamu Lakukan

jurus-tagih-hutang-ke-teman

tagih hutang ke teman/https://mojok.co/

Dalam persahabatan, seringkali muncul rasa tidak enak ketika ada teman yang ingin meminjam uang. Sebab dibalik rasa tidak enak itu biasanya terselip sebuah kekhawatiran kita karena sulit untuk menagihnya. Memang telah menjadi fenomena umum di masyarakat dan dalam pergaulan hidup di negeri ini dimana saat berhutang begitu baik, tapi ketika ditagih sulitnya minta ampun. Nah, Anda yang sering mengalami hal ini tak perlu khawatir, ada beberapa kiat dan jurus efektif yang bisa diterapkan ketika menghadapi teman yang sulit membayar hutang. Berikut beberapa cara efektif menagih hutang ke teman tersebut.

  1. Jangan Represif, Tapi Lebih Persuasif

Jurus efektif pertama menagih hutang ke teman adalah menghadapinya dengan lebih persuasif. Tindakan persuasif sendiri adalah bersikap dengan cara-cara halus. Biasanya orang yang berhutang menurut Ahli keuangan NerdWallet, Kimberly Palmer, memang seringkali lupa dengan hutangnya. Maka dari itu ketika akan menagih disarankan untuk mengingatkan dengan cara halus atau persuasif. Jadi awali pembicaraan diluar topik hutang. Selanjutnya, pelan-pelan masuklah pada inti pembicaraan yakni membahas hutang. Seperti contoh “Oh iya, ngomong-ngomong apa kamu nggak pingin bayar uang yang kemarin kamu pinjam? Transfer atau cash bisa kok.” Dari cara ini biasanya penghutang akan merasa tidak enak untuk kemudian akan mengusahakan untuk membayarnya.

  1. Jangan Mengulur-ulur Waktu

Meskipun pihak penghutang ini adalah sahabat karib Anda, para ahli keuangan menyatakan jangan mengulur-ulur waktu saat menagihnya. Sebab menurut Pakar menabung sekaligus penulis, Andrea Woroch, bahwa hutang yang tidak segera ditagih akan membuat si penghutang bisa lupa akan hutangnya. Maka dari itu ketika waktu yang dijanjikan penghutang membayar, segeralah untuk menagih atau memintanya. Walau mungkin Anda canggung karena temen sendiri, tapi apa yang dilakukan justru untuk kebaikan bersama. Sebab, bila Anda membiarkan teman Anda dengan hutang yang ada dan tidak ditagih, mereka akan kelabakan ketika ternyata dirinya lupa dan berhutang lagi pada orang lain.

  1. Lebih Cepat, Lebih Baik

Berikutnya, jurus efektif menagih hutang ke teman yang bisa dilakukan adalah dengan menyepakati bersama konsep lebih cepat, lebih baik. Jadi ketika menagih pastikan temanmu untuk bisa membayar lebih cepat. Hal ini dikarenakan urusan hutang ini bisa saja membuat hubungan pertemanan jadi retak bila tidak segera diselesaikan. Sampaikan saja apa adanya bahwa semua orang juga  butuh uang dan sesuai janji untuk membayar maka usahakan teman Anda untuk membayar secepatnya agar tidak muncul masalah. Untuk hal ini maka Anda harus memberikan tenggat waktu dan mempermudah cara pembayaran. Tidak harus cash, tapi Anda bisa menawarkan pembayaran secara transfer bank atau yang terkini yakni transfer e-wallet.

  1. Gantian Bayar Dong!

Jika memang teman Anda susah untuk ditagih hutang secara tunai, maka Anda bisa menerapkan trik berikut ini yaitu meminta teman Anda membayar tagihan. Jadi ini seperti upaya untuk saling berbagi sesama teman. Bila sebelumnya Anda sering membayar tagihan teman, maka diwaktu lain Anda yang gantian meminta teman untuk membayar tagihan pesanan Anda. Dari sini maka teman Anda tak perlu membayar hutang kepada Anda secara cash, tapi mereka akan membayar hutang Anda dengan cara lain yakni membayar tagihan.

  1. Tagih Langsung

Terakhir, jurus dan cara efektif untuk Anda menagih hutang kepada teman adalah dengan mendatanginya secara langsung. Cara lama atau konvensional ini memang sekarang banyak yang melupakannya karena hadirnya produk-produk teknologi. Padahal menagih hutang dengan mendatanginya secara langsung jauh lebih efektif dibanding menelepon atau juga menghubunginya lewat chat. Meski sebagaian besar orang yang gugup saat menagih hutang secara langsung, tapi Anda harus berpikir bahwa persoalan ini harus cepat selesai. Ungkapkan saja perihal bahwa Anda juga membutuhkan uang tersebut. Anda tak perlu sungkan meski itu teman Anda, karena mereka sendiri sebenarnya juga tidak enak dengan Anda karena masih berhutang.

Itulah beberapa cara dan jurus efektif yang bisa kamu terapkan untuk menagih hutang kepada teman. Tapi ingat dalam hubungan pertemanan ini Anda tak boleh egois dan marah ketika menagih. Sebab hal ini bisa membuat persahabatanmu hancur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top