Lainnya

Mau Tahu Calon Konsumen Potensial untuk Bisnis, Ini Dia Cirinya?

konsumen-potensial

Konsumen adalah orang yang paling penting bagi sebuah bisnis untuk dimiliki. Sebab, tumbuh kembangnya usaha memang ditentukan dari seberapa besar calon konsumen yang bisa Anda dapatkan. Apalagi bila Anda mampu mendapatkan konsumen potensial, maka peluang Anda mengembangkan usaha akan semakin besar. Konsumen potensial memang memiliki banyak hal yang bisa Anda andalkan. Selain mereka akan selalu membeli barang dari Anda, mereka juga bukan tidak mungkin akan memasarkan bisnis Anda karena kepuasan yang telah mereka peroleh. Jadi sebagai pebisnis, Anda memang harus bisa mengenal calon konsumen potensial bagi usaha Anda. Tapi seperti apakah tanda atau ciri konsumen yang potensial tersebut? Berikut ulasanya.

  1. Suka Bertanya

Ciri atau tanda pertama konsumen yang potensial adalah suka bertanya. Bila ada calon konsumen Anda yang suka bertanya, Anda tak boleh kesal atau jengkel. Sebab, apa yang mereka lakukan ini adalah bentuk respon dan respeknya pada bisnis Anda. Bisa jadi apa yang mereka lakukan dengan banyak bertanya ini adalah bentuk keinginan mengetahui bisnis atau produk Anda dengan lebih detail. Sebagai konsumen memang sangat wajar bila mereka mengharapkan pembelian yang tidak merugikan. Nah dari sini mereka kemudian banyak bertanya pada Anda mengenai produk yang akan dibeli. Jadi mereka konsumen yang banyak bertanya ini sesungguhnya mereka adalah sangat potensial untuk membeli produk Anda.

  1. Terus Menawar

Bila Anda mendapati konsumen yang terus menawar seharusnya Anda senang. Meski terdengar berisik tapi sebagai pebisnis Anda harus tetap bertahan melayani mereka. Sebab, bisa jadi mereka yang terus menawar biasanya mereka hanya berusaha mencoba mendapatkan harga murah yang diinginkannya. Tapi bila Anda bisa melayani dan menjelaskan dengan baik mengenai harga produk Anda maka bukan tidak mungkin mereka akan luluh dan akan membeli produk dengan harga yang telah Anda tentukan. Bentuk penawaran harga dari konsumen ini memang merupakan respek atas ketertarikan mereka terhadap produk Anda.

  1. Membandingkan-bandingkan Produk dan Harga

Tak perlu resah dan risau bila calon konsumen Anda ingin membandingkan produk atau harga. Ini adalah masalah waktu saja. Karena mereka sebenarnya sudah tertarik dengan produk Anda tapi karena ingin pembeliannya tidak merugikan maka mereka kemudian melakukan kegiatan pembadingan produk dan harga. Bila Anda yakin dengan kualitas dan harga yang telah ditetapkan maka seharusnya Anda tak perlu khawatir dengan apa yang mereka lakukan tersebut. Sebab bila sudah melakukannya, mereka akan kembali kepada Anda dan membeli produk Anda. Jadi bila ada konsumen yang membanding-bandingkan produk dan harga ini seharusnya Anda senang karena mereka potensial untuk bisnis Anda.

  1. Lama Mempertimbangkan Pembelian

Selanjutnya, ciri konsumen potensial adalah lama dalam mempertimbangkan pembelian. Bila Anda mendapati konsumen yang sangat teliti hingga lama dalam mempertimbangkan serta mengambil keputusan pembelian maka Anda harus bersabar. Pastikan saja mereka melakukan apa yang dia inginkan. Sebab, Anda harus paham mereka yang melakukan hal ini sebenarnya adalah mereka konsumen potensial untuk bisnis Anda. Untuk mendapatkan produk yang tepat tak jarang mereka para konsumen memang melakukan banyak pertimbangan. Dan tak jarang pul waktu untuk melakukan pertimbangan ini tidak;ah sebentar. Tapi dibalik pertimbangan yang mereka lakukan, mereka sebenarnya sudah memiliki ketertarikan pada produk atau jasa bisnis Anda. Namun karena mereka tidak ingin pembeliannya salah, maka mereka melakukan pertimbangan yang bisa jadi membutuhkan waktu lama.

  1. Sudah Mengerti Produknya

Terakhir, ciri dan tanda konsumen potensial adalah pengertian dan pemahamannya terhadap produk bisnis Anda. Mereka konsumen yang sudah memahami detail produk atau jasa Anda adalah mereka yang sudah merespon bisnis Anda. Sebab pastinya ketika konsumen sudah memahami detail produk Anda maka sebenarnya mereka sudah mempelajari bagaimana produk Anda secara umum dan menyeluruh. Dari sini maka bisa disimpulkan bahwa konsumen yang tanpa Anda melakukan penjelasan, mereka sudah paham dan mengerti produk bisnis Anda, maka mereka dikategorikan sebagai konsumen potensial. Sebab apa yang mereka lakukan untuk mempelajari produk bisnis Anda bisa menjadi bukti bahwa mereka begitu tertarik dengan produk atau jasa Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top