Keuangan

Mau Tahu Harga Barang Murah atau Tidak? Lakukan 5 Cara Ini

mahal-atau-murah

mahal atau murah/https://medium.com/

Harga memang menjadi salah satu komponen dari pembelian yang selalu dicermati konsumen. Bahkan pada beberapa orang, harga ini menjadi hal yang sangat sensitif untuk dibahas. Ketika akan membeli, mereka yang sensitif pada harga ini akan melakukan segala macam cara agar bisa memperoleh harga terbaik. Tapi sayangnya ada juga beberapa orang yang tidak menyadari harga barang yang dibelinya mahal atau tidak. Tentu keadaan seperti ini jelas merugikan. Pasalnya dengan tidak mengetahui klasifikasi harga, Anda bisa terjerumus pada pemborosan karena tidak bisa membeli yang lebih murah. Nah untuk itulah pengetahuan akan harga ini menjadi sangat penting bagi semua orang. Untuk Anda yang ingin tahu barang murah atau tidak, bisa melakukan 5 cara berikut ini.

  1. Bertanya Pada Orang yang Sudah Membeli

Cara pertama untuk mengetahui barang murah atau tidak, bisa dilakukan dengan cara bertanya pada orang yang sudah membeli dan menggunakannya. Bila Anda mengenal orang yang pernah membeli dan menggunakan barang, hal ini akan lebih baik. Sebab Anda bisa bertanya banyak hal pada orang tersebut mengenai harga dan juga kepuasan penggunaannya. Tapi bila Anda secara langsung tidak tahu orang yang membeli, maka Anda bisa melihat pembeli dari beberapa situs online, seperti marketplace. Jadi di marketplace ini memang Anda bisa mendapati orang-orang yang telah membeli lengkap dengan penilaian yang diberikan. Nah dari sinilah Anda pun bisa memanfaatkan beberapa aplikasi marketplace untuk melihat review pembeli terutama pada aspek harganya.

  1. Survei Harga di Toko

Bila barang Anda mudah didapati di beberapa toko, maka lakukan saja survei harga di toko-toko tersebut. Kalau memang ada banyak toko yang menjualnya, Anda tidak perlu mengunjungi semua toko. Tapi datangi beberapa toko saja untuk Anda survei hanya sebagai sampel. Dari survei harga di toko-toko ini tentu Anda akan bisa mendapati gambaran harga dari barang yang Anda incar.

  1. Cek Harga di Marketplace dan Toko Online

Berikutnya, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui harga barang murah atau tidak adalah dengan mengecek  harga di marketplace dan toko online. Saat ini dengan teknologi yang semakin berkembang membuat banyak bermunculan toko online atau marketplace berbasis daring. Nah dengan memanfaatkan smartphone yang ada, Anda bisa melakukan pencarian terhadap barang dan harganya. Caranya ketik saja nama barang yang akan kamu beli di menu pencarian toko online atau marketplace. Dari sini akan muncul daftar barang dari berbagai macam toko online yang menjual barang lengkap dengan tampilan harganya. Setelah mendapati daftar barang dan harganya ini maka Anda bisa membandingkannya dan membeli yang murah dan berkualitas.

  1. Memperkirakan Harga

Bila barang yang Anda ingin beli ini jarang ada di pasaran sehingga sulit untuk melakukan survei harga baik itu secara offline maupun online, maka langkah ini yang harus dijalankan. Caranya adalah Anda harus memperkirakan sendiri harga yang pas dari barang tersebut. Untuk memperkirakan harga barang atau produk ini Anda bisa mendapatinya dari komponen-komponen pembuatannya. Seperti misalnya bakso, Anda bisa memperkirakan harga sebenarnya dari harga daging, mie dan lainnya untuk satu mangkok. Begitu pula dengan barang-barang lain yang bisa kamu perkirakan sendiri barangnya dari bahan-bahan pembuatannya.

  1. Buat Sendiri

Terakhir, cara untuk mengetahui murah-tidaknya harga sebuah barang atau produk yaitu dengan membuatnya sendiri. Bila barang atau produk yang Anda ingin ketahui harganya ini bisa dibuat, maka cobalah untuk membuatnya. Dari proses membuat barang atau produk tersebut, Anda akan mengetahui secara pasti harga sebenarnya. Sebab ketika Anda membuatnya, maka Anda akan membeli bahan-bahan yang ada hingga secara pasti akan mendapatkan gambaran harga yang lebih rinci dan detail.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengetahui harga barang atau produk murah atau tidak. Dari beberapa cara yang telah dijelaskan maka Anda tak perlu binggung lagi ketika akan membeli sebuah barang yang belum Anda ketahui mahal atau tidaknya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: