Peluang Usaha

Mau Usaha Distro? Terapkan 6 Tips Sukses Ini

 

bisnis_distro

Menjamurnya usaha distro di beberapa tempat memang bukan tanpa sebab. Sebab semakin tingginya pemahaman kawula muda dengan penampilan, membuat bisnis ini tumbuh subur. Munculnya bisnis distro yang menghadirkan konsep belanja pakaian dan aksesorisnya yang nyaman ini tentu menjadi peluang bagi Anda yang ingin mendapatkan keuntungan. Namun karena usaha distro sekarang sudah banyak yang menjalankannya, maka Anda yang akan merencanakan membuka distro, perlu mempertimbangkan banyak hal. Sebab dengan tingkat persaingan yang ketat, maka Anda membutuhkan beberapa tips untuk bisnis distro yang akan dijalankan. Berikut beberapa tips suskes menjalankan bisnis distro tersebut.

  1. Pilih Konsep Bisnis

Tips pertama yang perlu Anda terapkan untuk menjalankan usaha distro adalah memilih konsep bisnis. Distro sebagai tempat menjual aneka produk fashio khusus anak muda ini memang memiliki pilihan konsep. Konsep pertama yaitu menjual produk dengan brand sendiri. Untuk menjalankan konsep pertama ini tentu Anda harus membuat atau memproduksi produk sendiri. Dari sini maka biaya atau modal besar tentu menjadi sesuatu yang tak bisa dikesampingkan bila Anda akan menjalankan distro dengan konsep pertama. Untuk konsep bisnis distro yang kedua adalah reseller. Untuk menjalankan konsep yang kedua ini berarti Anda akan membeli produk fashion dari orang lain dan menjualnya di tempat distro Anda. Untuk konsep distro kedua ini Anda tak perlu menyediakan modal lebih besar untuk memproduksi produk.

  1. Hadirkan Produk Berkualitas

Distro memang sudah identik dengan tempat penjualan aneka produk fashion anak muda yang lebih bermutu. Maka dari itu karena identitas distro yang seperti ini maka Anda tidak boleh sembarangan menjual produk fashion yang tidak berkualitas. Sebab bila Anda menjual produk fashion yang tidak berkualitas maka konsumen akan kecewa dan tidak akan lagi membeli pada Anda. Jika sudah demikian yang terjadi maka bisnis distro Anda akan terancam bangkrut dan gulung tikar. Anda tak perlu takut untuk menetapkan harga lebih mahal, karena produk fashion distro memang sudah dikenal sesuai dengan kualitasnya yang bagus. Jadi harga memang akan berbanding lurus dengan kualitas produk.

  1. Buat Tema Unik

Berikutnya, tips sukses menjalankan bisnis distro adalah dengan membuat tema unik untuk tempat distro Anda. Karena distro ini akan mentarget kalangan kawula muda sebagai pangsa pasarnya, maka tempat penjualan perlu Anda cermati. Pastikan Anda mampu menghadirkan tema unik untuk tempat distro agar konsumen yang datang menjadi betah. Beberapa tema unik dari distro yang bisa Anda hadirkan antara lain tema casual, narture, ethnic hingga hobi tertentu. Untuk menerapkan tema unik ini tentu Anda perlu melakukan dekorasi yang sesuai.

  1. Kuatkan Branding

Usaha distro yang Anda jalankan pastinya akan menghadirkan nama tertentu. Nah dari nama inilah maka Anda sebagai pebisnis harus berjuang membuat nama atau brand bisnis distro tersebut menjadi populer. Apalagi bila Anda memutuskan untuk memproduksi produk fashion sendiri, maka usaha memperkuat branding ini harus lebih dimaksimalkan. Usaha memperkuat branding ini sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti menghadirkan brand ambassador atau juga beriklan di media tertentu. Pastinya Anda tak bisa bermain-main lagi dengan usaha ini karena persaingan di lapangan yang semakin sengit.

  1. Lakukan Manajemen Keuangan dengan Baik

Sebaik apapun semua usaha yang Anda jalankan tapi tanpa manajemen keuangan yang baik maka yang akan didapatkan hanya capek saja. Sebab keuangan yang tidak dikelola dengan baika akan terjadi kekacauan dalam setiap transaksi. Melakukan pengaturan keuangan ini memang wajib dilakukan oleh setiap bisnis, termasuk usaha distro. Anda tak perlu terlalu memandangan terlalu rumit manajemen keuangan ini karena harus bergelut dengan akutansi. Tapi buat saja pembukuan sederhana, atau Anda juga bisa memaksimalkan aplikasi manajemen keuangan yang ada di Play Store atau Apps Store.

  1. Maksimalkan Pemasaran

Terakhir, tips sukses menjalankan usaha distro adalah dengan memaksimalkan pemasaran. Tentu saja Anda tak bisa berdiam diri saja setelah tempat distro didirikan. Anda harus berusaha dengan keras untuk mempromosikan usaha Anda sebagaimana bisnis-bisnis lainnya. Dalam usaha pemasaran ini jangan hanya terpaku dengan marketing online. Meski sedang pamor dan marak, namun agar pemasaran bisnis distro lebih efektif, Anda juga perlu menajalankan marketing offline. Marketing offline yang bisa Anda jalankan antara lain beriklan di media massa, memasang baliho atau juga menyebarkan brosur.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top