Bisnis Online

Mengenal Digital Transformation, Strategi Bisnis Masa Kini dengan Penerapan Teknologi

digital-transformation

digital transformation/https://bernardmarr.com/

Menjalankan bisnis di era saat ini akan sangat naif bila kemudian tidak melibatkan peran teknologi digital. Begitu besar peran teknologi digital, bahkan membuat perusahaan-perusahaan yang bergerak di dalamnya, diperkirakan pengeluarannya akan melampaui 2,1 triliun di tahun 2022. Dari sini terlihat begitu pentingnya digital transformation atau transformasi digital di masa sekarang.

Apa Itu Digital Transformation?

Transformasi digital atau digital transformation sendiri adalah penggunaan teknologi untuk mengubah proses bisnis yang sudah ada atau juga menciptakan bisnis baru. Dengan digital transformation maka akan muncul perubahan mendasar bagi operasi bisnis dan bagaimana sebuah perusahaan bisa memberikan value atau nilai bagi para konsumennya. Beberapa teknologi saat ini yang digunakan untuk menghadirkan digital transformation hingga menciptakan efisiensi dan efektivitas antara lain Internet of Things (IoT), cloud computing, big data, dan artificial intelligence.

Tipe-tipe Transformasi Digital

Digital transformation sendiri memiliki tiga area utama bagi perusahaan, yaitu:

  1. Customer Experience

Tipe pertama dari transformasi digital adalah customer experience. Customer experience sendiri yaitu aspek untuk memahami pelanggan lebih mendalam dengan teknologi yang berfokus untuk meningkatkan jumlah pelanggan serta membuat customer touchpoint jadi lebih banyak.

  1. Operational Process

Dalam tipe transformasi digital kedua ini diharapkan prosesnya bisa meningkatkan operasi internal dengan digitisasi dan automasi. Dari sini maka pelakunya akan didorong untuk bisa menggunakan tool-tool digital dan menggunakan data untuk membuat keputusan bisnis.

  1. Business model

Sementara pada jenis business model, akan kita jumpai aspek transformasi yang merubah bisnis dengan menawarkan produk digital dan menggunakan teknologi untuk menawarkan produk secara lebih luas.

Manfaat Digital Transformation

Nah berikut beberapa manfaat dari adanya digital transformation, yaitu:

  1. Meningkatkan daya saing di industri

Ketika sebuah bisnis atau perusahaan menerapkan transformasi digital, tentu akan muncul nilai lebih atau nilai plus yang mampu meningkatkan daya saing yang lebih kuat dalam bidang industrinya. Dari sini bisnis pun akan lebih eksis untuk jangka waktu yang lebih lama.

  1. Mendorong produktivitas

Dengan mengadaptasi tools-tools yang ada, transformasi digital memang akan mampu menghadirkan dan mendorong produktivitas. Selain itu, biaya tenaga kerja pun bisa menjadi lebih rendah.

  1. Meningkatkan Mobilitas

Seperti kita tahu bahwa penggunaan perangkat digital seperti smartphone dan laptop saat ini semakin meningkat. Nah keadaan tersebut membuat banyak perusahaan kemudian memanfaatkannya untuk meningkatkan produktivitas dan kapasitas perangkat-perangkat dengan mengadaptasi transformasi digital. Dengan hal ini maka kepuasan pelanggan akan tercapai.

  1. Memberikan UX yang lebih baik

Secara tidak langsung transformasi digital memang akan menghadirkan pengalaman pengguna atau User Experience (UX) yang lebih baik. Dibanding cara konvensional, seperti tatap muka, User Experience yang dihadirkan digital transformation memang akan membuat pengalaman tersendiri serta membuat pekerja menjadi lebih produktif.

  1. Membuat Data Lebih Aman

Terakhir, manfaat dari digital transformation adalah membuat data lebih aman. Saat transformasi digital diterapkan maka perusahaan memang harus berkomitmen menjaga keamanan user. Para stakeholder perusahaan harus sebisa mungkin melindungi informasi pengguna, khususnya dalam jumlah yang banyak dan jika mengandung informasi sensitif.

Itulah penjelasan mengenai digital transformation dan seluk beluknya. Dari informasi di atas terlihat bahwa digital transformation ini sangat-sangat penting untuk siapa pun, terlebih bisnis yang ingin eksis dan berkembang. Sebab bisnis yang tidak segera menerapkan digital transformation di era teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini, cepat atau lambat akan lenyap dan musnah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top