Lainnya

Mengenal Infografis dan Jenis-jenisnya untuk Bisnis

infografis

Penggunaan infografis sebagai media promosi saat ini memang sangat menarik banyak perhatian pebisnis. Dengan tampilan yang begitu visual, penggunaan infografis memang dipercaya mampu menarik perhatian banyak orang hingga pada akhirnya akan berujung pada meningkatnya transaksi penjualan. Dari sini saja infografis menjadi sesuatu yang seharusnya tidak boleh dilewatkan oleh para pebisnis. Tapi sebelum benar-benar menerapkan infografis, alangkah baiknya Anda mengenal lebih jauh apa itu infografis dan jenis-jenisnya. Berikut penjelasannya.

Pengertian Infografis

Kita mulai dulu pengenalan infografis ini dari definisinya. Jadi infografis ini adalah sebuah bentuk penyajian data yang dihadirkan dalam konsep visual dengan komponen teks dan beberapa gambar ilustrasi yang menarik sebagai sajiannya. Untuk membuat infografis ini maka seseorang harus melakukan beberapa teknik yang kemudian disebut information architecture, data visualization atau information design. Setelah proses pembuatan tersebut berlangsung maka akan didapatkan sajian gambar yang memiliki prosentase visual yang lebih besar dari pada informasi teks.

Jenis Jenis Infografis

Selanjutnya mari kita bahas mengenai jenis-jenis infografis itu sendiri. Infografis ini memang memiliki beberapa variasi atau varian. Nah berikut ini adalah beberapa jenis atau varian infografis tersebut.

  1. Infografis Statis

Jenis pertama dari infografis adalah infografis statis. Dinamakan infografis statis karena infografis ini memang nampak statis atau diam saat disajikan. Jadi sajian dari infografis statis ini adalah animasi dalam bentuk visual statis tanpa adanya audio dan animasi. Infografis statis sendiri bisa disebut sebagai jenis infografis yang paling sederhana. Meski terbilang sederhana, tapi manfaatnya bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Efektivitas yang dihadirkan oleh infografis statis ini juga tak perlu diragukan. Sebab infografis ini tetap memiliki daya pikat yang baik. Begitu menariknya infografis statis ini bahkan membuat penyelenggara pameran mengenai energi dan migas di Korea Selatan yang bertaraf internasional menggunaan jenis infografis ini sebagai cara memikat publik.

  1. Infografis Animasi

Berikutnya, jenis infografis yang perlu kita ketahui adalah infografis animasi. Sesuai dengan namanya maka infografis animasi ini akan menggunakan animasi baik itu dalam 2 dimensi atau 3 dimensi sehingga lebih kompleks. Biasanya infografis animasi ini dipakai untuk media-media yang mendukung audio-visual seperti YouTube dan televisi. Dengan menampilkan infografis animasi memang daya pikatnya akan semakin besar. Sebab saat publik melihat infografis jenis ini, mereka akan seperti menonton film yang mereka sukai. Didukung pula dengan unsur suara atau audio, maka pesan yang ingin disampaikan akan lebih berpeluang dipahami oleh banyak orang. Tapi meski begitu menarik dan besar manfaatnya, namun untuk membuat jenis infografis ini bukanlah perkara mudah. Anda setidaknya membutuhhkan beberapa profesi untuk mengerjakannya seperti ilustrator, animtor, penggarapan (director), seniman musik dan yang lainnya.

  1. Infografis interaktif

Terakhir, jenis infografis untuk bisnis yang perlu Anda ketahui yaitu infografis interaktif. Infografis yang satu ini merupakan yang paling kompleks diantara dua yang sebelumnya. Ini karena pada infografis interaktif ada banyak unsur yang dimasukkan. Untuk membuatnya sendiri diperlukan banyak ahli seperti developer atau programmer. Tapi dengan kompleksnya infografis animasi memang hasilnya akan sepadan karena mampu membuat publik yang melihatnya lebih terpesona. Jika pada dua infografis sebelumnya, publik hanya bisa melihat atau menyaksikan, tapi pada infografis ini mereka bisa ikut aktif berinteraksi. Contoh dari infografis interaktif adalah infografis mengenai jenis-jenis sayuran. Jadi di infografis ini publik bisa melakukan klik setiap kategori sayuran yang ada dan infografis akan menampilkan detail informasi sayuran yang di klik tersebut. Informasi yang disajikan infografis interaktif ini biasanya adalah konten gambar dan animasi bergerak. Dari apa yang dihadirkan oleh infografis interaktif ini maka umumnya publik akan dimanjakan. Ini karena infografis interaktif membuat publik bisa memilih kategori sendiri yang diinginkan dan juga terlibat dalam setiap sajian infografisnya.

Demikianlah penjelasan mengenai infografis dan jenis-jenisnya. Mengingat begitu besarnya peranan infografis ini maka sebagai pebisnis seharusnya Anda mulai meliriknya. Sebab dengan penggunaan infografis yang mampu menarik perhatian konsumen, maka bisnis Anda akan bisa bertumbuh seiring respon positif dari konsumen tadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top