StartUp dan UKM

Mengenal Kelemahan dan Kelebihan Fitur Pay Later Yang Sedang Hits

Belanja online memang memiliki peminat yang tinggi beberapa tahun belakangan ini. Bila dulu konsumen gemar belanja ke toko atau memakai uang tunai kini berbeda. Berkat kemajuan teknologi banyak aktivitas manusia berubah apalagi soal belanja. Kini masyarakat modern suka sekali belanja online apalagi menggunakan uang elektronik atau virtual. Uang elektronik layaknya uang tunai pada umumnya bisa digunakan untuk membeli apapun di dunia digital. Kini ada pula fitur pembayaran baru selain uang elektronik yakni pay later.

Mengenal Apa Itu Pay Later?

Pay later merupakan fitur pembiayaan cicilan tanpa kartu kredit. Fitur ini seperti penggunaan kartu kredit di dunia nyata. Jadi anda bisa membeli barang dengan pinjaman online dengan syarat mudah. Fitur ini dimiliki oleh beberapa marketplace maupun e-commerce. Beberapa diantaranya ialah Traveloka, OVO hingga Gojek turut menyediakan fitur ini. anda bisa beli barang kapan saja dan dimana saja dan membayarnya di akhir bulan.

Kelebihan Pay Later

Tak bisa dipungkiri bahwa fitur ini memiliki beberapa kelebihan yang sulit untuk ditolak. Walau berhutang namun banyak pula masyarakat Indonesia yang menggunakannya. Kelebihan pay later ini diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Tidak Ada Batas Usia dan Wilayah

Kelebihan pay later ialah menawarkan syarat yang mudah. Tidak ada batasan umur yang diberlakukan untuk menggunakan fitur ini. Anda yang berusia diatas 70 tahun yang notabenenya tidak produktif lagi bekerja bisa menggunakan fitur ini. Tak hanya itu saja pay later juga bisa digunakan untuk semua warga Indonesia di berbagai wilayah dari Sabang sampai Merauke.

  • Proses Cepat Tambah Praktis

Penggunaan pay later memang terbilang praktis. Pasalnya anda tak perlu mengisi saldo atau top up terlebih dahulu untuk membeli barang secara online. Prosesnya juga cepat tak perlu transfer maupun ke bank untuk sekedar transfer saja. anda bisa menggunakannya di saat yang mendesak. Proses persetujuan kredit juga mudah tanpa syarat yang berbelit-belit.

  • Tenor Bisa Sampai Setahun

Cicilan pay later juga lebih bervariasi dan memiliki tenor yang cukup lama. Ada cicilan dengan tenor hingga setahun.  Pembayaran pay later memiliki tenor terpendek selama satu bulan. Biasanya pay later juga memiliki promo menarik seperti adanya diskon maupun cashback. Tak heran bila fitur pay later ramai-ramai menarik para milenial yang hobi banget belanja.

Kekurangan Pay Later

Walaupun memiliki banyak kelebihan namun fitur ini juga mempunyai kekurangan. Kekurangan pay later ini bukan main-main bisa mengubah karakter anda. Berikut kekurangan pay later dibawah ini :

  • Jadi Gampang Boros

Tak bisa dipungkiri jika pay later mampu membuat anda mudah boros. Kemudahan transaksi keuangan ini mengubah karakter anda jadi lebih agresif berbelanja. Apalagi dalam belanja mengandalkan utang.

  • Informasi Data Mudah Diretas

Selain itu transaksi digital juga memiliki bahaya keamanan peretasan identitas. Bisa saja data anda bocor dan disalah gunakan oleh pihak tak bertanggung jawab. Ada saja celah untuk menghack akun anda dan mengambil data bahkan meretas rekening tabungan yang anda simpan dalam aplikasi belanja tersebut.

  • Skor kredit Turun

Banyak utang juga mampu mengurangi nilai kredit anda dimata pihak kreditur.  Banyak utang berarti banyak sekali tanggungan yang perlu anda bayar. Otomatis kreditur akan mempertanyakan kemampuan anda dalam membayar semua tagihan tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top