Bisnis Online

Mengenal Social Media Presence dan Tips Memaksimalkannya dalam Bisnis Online

social-media-presence

social media presence/https://digitalmarketinggroup.com/

Tahukah kamu apa itu social media presence? Dalam bisnis online yang salah satunya menggunakan media online sebagai perantaranya, Anda sebagai pebisnis memang perlu hadir menyapa followers. Apalagi bila kemudian bisnismu yang sudah banyak memiliki followers, maka social media presence sangat perlu dilakukan. Lalu apa itu social media presence dan apa saja manfaatnya dalam bisnis dan pemasaran online? Berikut penjelasannya!

Apa Itu Social Media Presence?

Pemasaran melalui media sosial memang sudah lazim diterapkan oleh beberapa bisnis. Bahkan bisnis dengan brand besar pun sudah menggunakan strategi pemasaran melalui social media. Nah keberadaan brand bisnis di media sosial inilah yang dinamakan upaya membangun social media presence. Social media presence memang menjadi bukti di mana pebisnis aktif hadir serta tetap relevan dan konsisten untuk membuat konten, post, tweet, berinteraksi dengan konsumen, menyuarakan marketing campaign, dan masih banyak lagi.

Di zaman perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat saat ini, kehadiran bisnis di media sosial sebagai wujud social media presence, memang sangat penting untuk sukses dalam pemasaran digital. Dengan social media presence tersebut, pebisnis akan bisa mendapatkan banyak masukan tentang produk dan jasa yang dijual. Nah dari sinilah maka strategi pemasaran online yang dijalankan akan memiliki peluang yang terbuka untuk sukses.

Apa Manfaatnya?

Berikut beberapa manfaat ketika Anda mampu menciptakan social media presence yang baik:

  1. Membuatmu bisa berkomunikasi dengan konsumen
  2. Mengetahui kebutuhan mereka
  3. Membangun rasa percaya antar bisnis dan konsumen
  4. Menciptakan hubungan yang terasa personal.

Tips Meningkatkan Social Media Presence

Untuk bisa meningkatkan social media presence ini memang dibutuhkan usaha yang panjang dan konsisten. Nah berikut cara untuk meningkatkan social media presence yang bisa kamu jalankan.

  1. Gunakan Tool yang Tepat

Pertama, cara meningkatkan social media presence adalah dengan menggunakan tools yang tepat. Untuk bisa selalu hadir di media sosial, maka postingan akan jadi patokan. Menurut Business, setidaknya seseorang haus meng-upload sebuah post di media sosial 15 kali dalam satu hari untuk dikatakan hadir. Tentu hal ini bukan pekerjaan mudah terlebih bila kamu punya kegiatan yang padat. Untuk itulah kamu membutuhkan tool yang bisa membantumu melakukan upload secara berkala dan mudah. Untuk melakukan hal ini beberapa media sosial sudah menghadirkan fiturnya seperti fitur penjadwalan post. Jangan lupa juga untuk memperhatikan waktu postingannya ya.

  1. Fokus Pada Customer Service

Media sosial memang perlu kamu jadikan sarana untuk tempat menyelesaikan segala permasalahan dengan konsumen. Maka jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai peran customer service yang terbaik. Nah untuk menjadi customer service yang baik di media sosial, kamu bisa memanfaatkan fitur bot untuk membantumu merespon masukan dan keluhan konsumen.

  1. Ketahui Tren

Seorang pebisnis memang diharuskan selalu update dengan apa yang populer di dunia. Nah dari topik yang sedang tren atau viral tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan untuk postingan di media sosial. Jika kamu berhasil melakukannya, maka engagement dari konsumen dapat kamu dapatkan dan secara otomatis meningkat.

  1. Desain Visual yang Menarik

Postingan di media sosial yang memperhatikan visual dan tidak memang akan menghasilkan sesuatu yang berbeda. Ketika kamu dapat menghadikan konten dengan desain visual yang menarik, maka kamu akan lebih mendapat perhatian serta engagement dari konsumen.

  1. Optimasi Akun

Terakhir, cara meningkatkan social media presence adalah dengan mengoptimasi akun. Untuk mengoptimasi akun ini kamu perlu memasukkan link promosi di bio pada media sosial yang digunakan. Jangan lupa juga gunkan hashtag saat memposting dan gunakan keyword yang tepat. Kamu juga perlu saling follow dengan akun-akun populer yang sesuai dengan bidang bisnismu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top