Keuangan

Meski Sudah Hidup Hemat, 6 Penyebab Ini Bisa Membuat Anda Jadi Sulit Menabung Lho!

Untuk merancang masa depan, memang membutuhkan langkah-langkah yang cukup matang. Hal ini tentu harus direalisasikan melalui berbagai cara yang ditempuh, salah satunya adalah dengan menabung. Cara ini rasanya memang sulit sekali dilakukan, karena setiap kali menyisihkan dana pasti saja ada godaan yang muncul. Mulai dari kebutuhan mendadak yang saat itu juga harus dikeluarkan, hingga godaan karena sifat boros Anda yang sulit dikendalikan. Agar Anda dapat mengatur keuangan di kemudian hari, sehingga hidup berjalan dengan baik. Maka, mulai sekarang Anda perlu tahu hal-hal apa saja yang dapat menggagalkan rencana untuk menabung. Lalu, apa saja sih penyebab yang bisa membuat Anda jadi sulit menabung padahal sudah hidup hemat? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

  1. Karena Gaji Pas-Pasan, Anda Malah Menyerah dari Awal

Gaji pas-pasan, seringkali dijadikan alasan untuk tidak menabung oleh sebagian orang. Ditambah lagi dengan kebutuhan yang banyak, hal ini tentu membuatnya semakin sulit mengatur keuangan. Padahal, sekecil apapun pendapatan Anda pasti selalu ada saja yang bisa disimpan bukan? Jika direalisasikan dengan niat, pasti bisa melakukannya. Sebaliknya, jika Anda sama-sekali tidak memiliki niat yang tulus untuk menabung maka pasti akan gagal meskipun gaji cukup besar.

  1. Tidak Pernah Membuat Anggaran Keuangan Bulanan

Hal yang satu ini, juga merupakan penyebab yang bisa membuat Anda jadi sulit menabung lho. Padahal, ini sangat penting untuk mengatur pengeluaran bulanan Anda. Oleh karena itu, buatlah anggaran perbulan supaya keuangan Anda jadi lebih tertata. Mulai dari biaya makan, membeli barang keperluan sehari-hari, jalan-jalan, hingga kebutuhan yang bersifat mendadak. Jika Anda sudah membuat anggaran keuangan dengan baik, maka dari sini Anda akan tahu berapa jumlah pendapatan yang bisa disisihkan untuk menabung. Jadi, Anda bisa menabung tanpa mengganggu keuangan yang akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Tidak Pernah Update Jumlah Saldo di ATM

Bagi Anda yang sering menarik uang melalui ATM, apakah selalu mengupdate jumlah saldonya kembali? Jika tidak, maka akibatnya ATM Anda akan terancam limit. Hal ini dikarenakan, Anda sering menarik uang sedikit demi sedikit lalu jumlah uangnya dilupakan begitu saja. Sebaiknya, mulai sekarang Anda rajin mengecek saldo rekening. Ini semua tentu demi mengasah sugesti Anda mengenai jumlah uang. Apabila uang di ATM mulai sedikit, maka Anda akan segera berusaha untuk mengisinya lagi. Sementara jika saldonya masih cukup, Anda akan berusaha menjaganya agar tidak cepat berkurang. Nah, tabungan Anda di ATM pun akan aman sejahtera bukan?

  1. Mudah Tergoda Oleh Diskon

Jika tabungan Anda ingin aman-aman saja tanpa ada gangguan, maka hindarilah sifat konsumtif Anda yang salah satunya adalah mudah tergoda oleh diskon.  Ada cara-cara terbaik untuk mengatasi godaan diskon, yaitu:

  • Apabila Anda belum bekerja, maka jangan pernah membuat kartu kredit.
  • Saat hendak ke mall atau supermarket, bawalah uang pas saja.
  • Jangan coba download aplikasi belanja online yang menawarkan diskon ini itu, kecuali saat benar-benar butuh.
  • Hindari belanja bulanan di mall besar.
  1. Sifat Konsumtif yang Membabi Buta

Sebaiknya hindari juga sifat konsumtif yang berlebihan, mudah tergoda, bahkan panas jika melihat tren-tren produk terbaru. Misalnya kemarin merek B baru mengeluarkan tas model terbaru, tanpa berpikir panjang Anda pun langsung membelinya karena takut ketinggalan zaman. Di samping sifat boros Anda yang sudah mendarah daging tersebut, Anda pun akan tidak bisa sedikit saja mendengar ajakan untuk membeli sesuatu walaupun harganya mahal. Justru, hal ini hanyalah akan membuat Anda jauh dari kata menabung lho. Jangankan menabung, menyisihkan 200.000 per bulan saja susahnya minta ampun. Jika Anda ingin keuangan Anda aman, maka buanglah jauh-jauh sifat konsumtif yang membabi buta tersebut.

  1. Tujuan Hidupnya Hanya untuk Gaya-Gayaan Saja

Tidak adanya tujuan yang jelas dari menabung, hanya akan membuat Anda jadi malas melakukannya. Padahal, Anda mesti tahu bahwa menyisihkan uang itu banyak faedahnya untuk masa depan lho. Di samping Anda belajar hidup hemat, dengan menabung Anda juga memiliki cadangan uang yang bisa digunakan untuk hal-hal tidak terduga.

Melihat begitu positifnya fungsi menabung, maka cobalah menyiasatinya dari sekarang. Yuk, menabung untuk kebaikan masa depan Anda!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top