Tips

Mudah Emosi? Coba Terapkan 6 Tips Ini untuk Tahan Amarah di Tempat Kerja

emosi-pebisnis

Sebagai pebisnis, Anda memang dituntut untuk memiliki karakter yang baik dan bijak. Dengan karakter yang demikian memang akan banyak orang yang tersanjung pada Anda dan membuat Anda menjadi pebisnis sejati. Sebaliknya, bila ada pebisnis yang memiliki karakter buruk seperti mudah emosi, tentu hal ini membuat karakter dirinya sebagai pebisnis sejati menjadi sirna. Meski pebisnis juga manusia yang punya emosi, tapi untuk membuat Anda menjadi pebisnis sejati maka Anda harus bisa menahan dan mengendalikan emosi tersebut. Tidak hanya di rumah, tapi di mana pun, termasuk saat berada di perusahaan atau kantor, Anda juga harus bisa menahan emosi. Tapi bagaimana cara untuk bisa mengendalikan emosi tersebut? Nah berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa menahan emosi dan amarah di tempat kerja.

  1. Selalu Tenangkan Diri Anda

Tips pertama menahan amaran atau emosi di tempat kerja adalah dengan menenangkan diri. Amarah memang sangat berpeluang muncul karena ketidaktenangan diri. Maka dari itu Anda yang mudah emosi memang harus selalu membuat ketenangan pada diri. Bagaimana caranya? Tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan. Anda dapat menghadirkan suasana di ruangan kerja yang tenang atau juga Anda dengan kesadaran diri untuk menenangkan diri saat mendapati emosi Anda terpancing. Untuk menenangkan diri dengan kesadaran, Anda bisa melakukannya dengan duduk tenang dan mengirup udara dalam-dalam kemudian dihembuskannya dengan pelan-pelan. Lakukan hal ini secara teratur hingga Anda merasakan ketenangan. Bila perlu Anda juga bisa minum air putih dan keluar kantor sebentar untuk melakukan penyegaran.

  1. Jangan Terpancing dengan Perkataan atau Emosi Orang Lain

Tak jarang emosi atau amarah muncul karena ada pancingan dari orang lain. Pancingan ini sendiri bisa berwujud perkataan perkataan atau perilaku dari orang lain. Karena Anda ingin menjadi pebisnis sejati tentu Anda harus bisa menahan diri meskipun ada yang memprovokasi. Bila Anda mendapati ada sesuatu yang bisa memancing emosi entah itu sikap, perkataan atau provokasi, lebih baik Anda langsung menghindar. Bila pun Anda tak bisa menghindar, maka Anda harus bisa menanggapi beberapa sikap, perkataan atau provokasi ini dengan senyum saja.

  1. Cobalah untuk Berpikir atau Mengambil Hal Positif

Berikutnya, tips dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk menahan emosi atau amarah di tempat kerja adalah dengan mencoba untuk selalu berpikir positif. Pemikiran positif memang memiliki kemampuan untuk menggiring seseorang tetap tenang dan meredakan emosi. Tidak hanya akan membuat Anda tenang, tapi berpikir postif ini akan membuat Anda menjadi lebih punya pandangan yang lebih baik ke depan. Anda yang mudah emosi mungkin tidak mudah untuk berpikir positif. Tapi dengan kesungguhan yang Anda miliki, selalu berpikir positif ini bukanlah sesuatu yang mustahil dilakukan.

  1. Lakukan Hal yang Diperlukan, Bukan yang Dirasakan

Saat terpacu emosi, seseorang yang menuruti perasaannya memang akan semakin membesar emosinya. Tapi inilah kesalahan yang sering dilakukan pebisnis ketika terpancing emosinya yang menuruti perasaannya. Seharusnya yang benar dilakukan pebisnis untuk menghindari emosi di tempat kerja adalah dengan menihilkan perasaan dan melakukan apa yang musti dilakukan. Dengan melakukan yang seharusnya dilakukan maka Anda akan bisa segera mendapatkan solusi atau jalan keluarnya. Tapi bila Anda selalu berkutat pada perasaan maka hal tersebut akan membuat Anda semakin emosi.

  1. Bersabar dan Ingat Selalu Pada Proses dan Tujuan Besar Anda

Terakhir, tips dan cara untuk menghindari amarah atau emosi di kantor atau tempat kerja adalah dengan bersabar dan mengingat selalu pada proses serta tujuan. Untuk mencapai sukses dalam bisnis memang dibutuhkan kesabaran dalam menjalani proses. Nah dari sinilah maka Anda harus tetap tenang dan sabar ketika menghadapi rintangan apapun termasuk hal-hal yang bisa memicu emosi Anda. Ingatlah juga bahwa Anda punya tujuan besar yaitu kesuksesan dan menjadi pebisnis sejati. Nah untuk meraih tujuan tersebut maka Anda perlu selalu bersabar dan menghindari hal-hal yang bisa memacu amarah atau emosi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top