Lainnya

Niat Study Gratis Di Luar Negeri Yuk Cek Daftar Beasiswa Tahunan Ini

Untuk belajar ke luar negeri tanpa dipungut biaya kini bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya setiap tahun selalu ada beasiswa yang ditawarkan kepada masyarkat Indonesia yang ingin belajar di luar negeri. Bukan hanya itu saja beasiswa ini bahkan mengcover biaya perjalanan anda, biaya asuransi, biaya bulanan hingga biaya kuliah anda di luar negeri. Kebanyakan tidak memiliki batasan umur untuk pendaftarannya serta tidak dikenakan biaya pendaftaran apapun. Anda tak hanya mampu menempuh pendidikan master namun juga doctoral hingga strata 1 di luar negeri. Penasaran dengan beasisiwa luar negeri apa saja yang sering ditawarkan kepada masyarakat Indonesia tiap tahunnya? Yuk simak selengkapnya berikut ini!

Turkiye Burslari Scholarship

Beasiswa pertama yaitu Turkiye Burslari Scholarship atau sering pula disingkat dengan beasiswa YTB. Beasiswa ini berasal dari pemerintah Turki yang memberikan kesempatan bagi anda masyarakat Indonesia untuk melakukan studi S1,S2 dan S3 di seluruh bagian Turki. Beasiswa ini memiliki keunggulan memberikan anda tiket pulang pergi ke Turki, biaya hidup tiap bulan, fasilitas tempat tinggal berupa asrama yang mana juga disediakan makan pagi dan makan malam. Beasiswa ini menyediakan uang saku bulanan untuk S1 sebesar 700 TL, untuk S2 sebesar 950 TL dn S3 1400 TL. Untuk mendaftar beasiswa ini anda tak perlu mahir bahasa turki kok cukup lancar saja bahasa inggrisnya.

Australia Awards Scholarship

Beasiswa kedua yaitu Australia Awards Scholarship. Beasiswa ini meupakan beasiswa dari pemerintah Australia. Tersedia beasiswa long term bagi mereka yang ingin mendaftarkan diri untuk program master dan doctoral serta short term untuk mereka yang ingin mendapatkan short training. Proses seleksi beasiswa ini terbagi atas dua bagian yakni seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Keunggulan beassiwa ini ialah anda tak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk biaya hidup dan pendidikan selama di Australia.

Stuned Scholarship

Tak hanya Australia saja yang memiliki program beasiswa untuk negara berkmbang. Kini Belanda juga mmiliki program Stuned Scholarship yang bisa diambil short training maupun long term. Perbedaan beasiswa Stuned ini ialah anda harus mendapatkan dahulu letter of acceptance atau LoA dari kampus yang hendak anda tuju. Tanpa LoA ini walau anda memiliki kualifikasi terbaik maka tak bisa diluluskan mendapatkan Stuned Scholarship.  Anda juga akan mendapatkan kursus bahasa yang umumnya berjalan sau tahun untuk menunjang perkuliahan selama di negeri blanda.

LPDP

Selanjutnya ada beasiswa dari pemerintah Indonesia bernama LPDP. LPDP sendiri meupakan singkatan dari lembaga pengelola dana pendidikan untuk program master maupun doctoral di dalam negeri maupun di luar negeri. Setiap tahun beasiswa ini terbuka untuk umum dan dilakukan empat tahap proses seleksi. Selain biaya kuliah beasisw LPDP juga menanggung biaya asuransi, tiket pesawat hingga biya aplikasi visa. Untuk mendaftar ke beasiswa ini anda cukup sering membuka situs lpdp.kemenkeu.go.id.

Tips Lulus Beassiwa

Untuk lulus beasiswa yang anda inginkan bisa dimulai dengan menyimak persyaratan setiap beasiswa yang anda lamar. Perhatikan apakah anda termasuk kandidat yang mereka cari atau bukan dengan melihat persyaratan umum. Selanjutnya siapkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Tidak lupa untuk menyajikan informasi yang mampu menjual diri anda entah kegiatan tersebut kegiatan volunteer maupun kegiatan yang mengasah skill anda. Tidak lupa untuk menyiapkan alasan yang mendukung kenapa harus anda yang menerima beasiswa tersebut dan kontribusi apa ang hendak diberikan ke tanah air setelah study anda selesai.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top