Tips

Nilai Transaksi Bisnis Anda akan Meningkat dengan Metode Up Selling, Begini Caranya!

strategi-up-selling

Secara umum ada tiga cara untuk meningkatkan transaksi penjualan dalam bisnis. Pertama, Anda bisa menerapkan metode cross selling dimana Anda sebagai pebisnis akan menawarkan produk lain atau produk tambahan selain produk utama kepada pembeli. Biasanya produk lain atau tambahan yang ditawarkan dalam cross selling ini merupakan produk pelengkap dari produk utama. Cara kedua meningkatkan penjualan adalah dengan metode up selling. Metode up selling ini membuat pebisnis akan menaikkan harga barang pada kategori produk yang sama dengan manfaat yang lebih banyak. Sementara itu strategi ketiga adalah down selling yakni menawarkan harga yang lebih murah dari produk kita kepada pembeli. Untuk Anda yang menerapkan teknik up selling, tentu ada beberapa hal yang perlu diperjuangkan agar strategi ini berhasil. Berikut ulasannya.

  1. Berikan Nilai Tambah Pada Produk

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mensuksekan strategi up selling adalah dengan memberikan nilai tambah pada produk. Konsumen yang semakin cerdas tentu membuat Anda sebagai pebisnis tak boleh gegabah saat akan menerapkannya. Jika Anda menerapkan teknik up selling dengan menaikkan harga, pastinya konsumen akan berpikir beberapa kali untuk membeli produk Anda. Nah agar mereka tidak lagi berpikir beberapa kali untuk membeli, maka Anda harus memberikan nilai tambah pada produk. Nah dari nilai atau fitur tambahan pada produk inilah maka Anda bisa meyakinkan konsumen bahwa harga produk memang sudah sesuai dan tidak terlalu mahal. Nilai tambah memang sudah menjadi hal yang wajib ada bila Anda ingin menerapkan strategi up selling dengan sukses.

  1. Hadirkan Layanan Lebih

Jika bisnis Anda bergerak pada bidang jasa, maka agar metode up selling ini sukses, tentu Anda harus bisa meningkatkan layanan lebih. Bisnis dibidang jasa yang tidak memiliki produk untuk dijual memang harus lebih maksimal menghadirkan layanan lebih. Layanan lebih ini sendiri tergantung bisnis Anda. Misalnya, bila Anda memiliki bisnis bimbingan belajar, maka Anda bisa menghadirkan layanan jam belajar lebih. Atau Anda memiliki bisnis pangkas rambut, maka Anda bisa menghadirkan layanan pijat gratis selepas potong rambut. Layanan lebih dalam penerapan strategi up selling sendiri juga bisa berlaku pada bisnis yang memproduksi barang atau produk. Dengan adanya layanan lebih ini maka konsumen akan memandang harga tinggi yang Anda banderol dalam metode up selling dinilai sebagai hal yang wajar.

  1. Berikan Penawaran yang Wajar

Berikutnya, cara untuk membuat strategi up selling ini berhasil adalah dengan menghadirkan penawaran yang wajar. Jangan sampai ketika Anda menaikkan harga lantas konsumen  bahkan pelanggan Anda malah pergi meninggalkan Anda. Hal ini memang bisa saja terjadi dalam penerapan teknik up selling bila Anda memberikan harga barang yang terlalu tinggi. Bagi konsumen harga memang menjadi yang krusial untuk diperhatikan. Untuk itulah Anda yang ingin menerpakan strategi up selling ini perlu berhati-hati saat membanderol harga. Pastikan harga yang Anda banderol merupakan sesuatu yang masih wajar bagi konsumen untuk membelinya. Untuk bisa mendapatkan harga yang wajar ini, Anda bisa melakukan riset pasar atau juga riset pelanggan terlebih dahulu.

  1. Berikan Pemahaman Pada Konsumen

Terakhir, cara untuk mensukseskan strategi up selling guna meningkatkan nilai transaksi bisnis adalah dengan memberikan pemahaman pada konsumen. Hal ini seringkali yang dilupakan pebisnis sehingga membuat strategi up selling jadi gagal. Tidak adanya informasi yang jelas mengenai kenaikan harga memang dapat membuat pelanggan bisa jadi gagal paham dan lantas meninggalkan bisnis Anda. Maka dari itu pemahaman konsumen terhadap kenaikan harga barang atau jasa ini memang sangat penting untuk dihadirkan pebisnis. Selain dengan cara berbicara secara langsung, Anda bisa memberikan pemahaman pada konsumen atas kenaikan harga dengan cara memberitahukannya secara online via beberapa media, seperti medsos, email dan lainnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mensukseskan strategi up selling. Tentu agar benar-benar suskes, Anda harus melakukan beberapa cara tadi secara sungguh-sungguh, disiplin dan juga penuh konsistensi. Jika dirasa strategi up selling ini tidak cukup ampuh, maka Anda bisa menerapkan strategi lainnya seperti cross seling dan down selling yang dijelaskan pada paragraf pertama artikel ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top