Lainnya

Penipuan Berkedok Wedding Organizer Sedang Merajalela, Waspadai dengan Terapkan 5 Tips Ini

wedding-organizer

wedding organizer/http://www.seputarpernikahan.com/

Beberapa pekan yang lalu kita dibuat heboh dengan banyaknya pemberitaan tentang penipuan berkedok Wedding Organizer (WO). Bisnis Wedding Organizer yang mengatur gelaran pernikahan memang sedang banyak diminati masyarakat. Dari sinilah kemudian ada beberapa oknum yang memanfaatkan tingginya permintaan masyarakat terhadap WO ini untuk melakukan penipuan. Salah satu kasus penipuan berkedok WO ini terjadi di Depok, Jawa Barat. Di sini oknum penipu melakukan aksinya dengan membawa nama WO Pandamanda. Di daerah Cianjur, Jawa Barat juga terjadi penipuan berkedok WO yang mengatasnamakan Wedding Organizer High Level. Tentu dari beberapa contoh kasus penipuan ini kita sebagai konsumen perlu berhati-hati ketika mencari dan memilih bisnis WO. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk bisa menghindari penipuan berkedok Wedding Organizer tersebut.

  1. Pilih WO yang Kredibel atau Dapat Dipercaya

Tips pertama untuk bisa terhindar dari penipuan Wedding Organizer ini adalah mencari dan memilih WO yang kredibel. Kredibilitas memang menjadi unsur utama sebuah bisnis, termasuk jasa Wedding Organizer untuk dapat dipercaya oleh konsumen. Kredibilitas bisnis sendiri dapat diketahui dari namanya yang sudah populer dan banyak dikenal masyarakat. Tentu saja popularitas nama Wedding Organizer ini dikarenakan hal positif yang dimilikinya. Jadi Anda yang ingin menghindari penipuan berkedok Wo, pastikan Anda memilih yang kredibel dari popularitas yang dimilikinya. Kredibilitas dari sebuah bisnis, termasuk jasa WO ini juga dapat Anda ketahui dari review dan rating yang dimilikinya. Karena saat ini banyak WO yang bergabung di marketplace wedding, maka Anda pun bisa mengetahuinya dari sana. Rating dan review WO di dunia online memang merupakan cerminan dari kepuasan konsumen yang telah menggunakan jasanya. Pastikan saja Anda memilih WO dengan review dan rating yang baik untuk menghindari penipuan.

  1. Jangan Terbujuk dengan Harga Murah

Kebanyakan kasus penipuan berkedok WO yang terjadi disebabkan karena kelengahan konsumen yang terjebak dengan harga murah. Biasanya oknum penipu apapun, termasuk WO, memang memancing korbannya dengan rayuan harga murah. Ketika konsumen sudah terbujuk dengan harga murah ini, sang okum akan melanjutkan aksi penipuannya hingga hari-H acara. Maka dari itu seharusnya Anda selalu waspada dan menaruh curiga ketika mendapatkan tawaran harga murah dari pihak manapun, termasuk Wedding Organizer. Apalagi bila harga yang ditawarkan terbilang tidak masuk akal karena sangat murah dari harga pasaran, maka Anda harus semakin curiga dan mewaspadainya.

  1. Tracking Nama WO di Search Engine dan Kepolisian

Berikutnya, cara untuk menghindari penipuan berkedok Wedding Organizer adalah dengan melakukan tracking nama WO di mesin pencari atau di kepolisian. Biasanya kasus penipuan yang telah terjadi ada yang mengulasnya di beberapa blog. Nah dari sini ketika Anda melakukan penelusuran di search engine maka bisa jadi Anda akan menemukan ulasannya. Tapi jangan hanya sekedar membaca sekilas, tapi coba baca keseluruhan artikel yang ada. Karena bisa jadi ada beberapa orang yang memberikan ulasan WO ini dengan hal-hal positif. Bila kecurigaan terhadap WO begitu besar, Anda juga bisa melakukan tracking atau penelusuran ke kepolisian. Di kepolisian memang ada catatan kriminalitas kasus-kasus penipuan yang dilakukan oknum.

  1. Pilih WO yang Mampu Memberikan Garansi

Dengan persaingan bisnis yang begitu ketat, bisa jadi ada beberapa WO yang menawarkan garansi pada para konsumennya. Nah bila menemukan WO yang seperti ini maka Anda bisa menjadikannya sebagai rujukan atau referensi. Namun sebelumnya pastikan garansi yang diberikan ini memiliki kekuatan hukum atau bisa dipertanggungjawabkan. Sebab bila garansi yang ada hanyalah sebuah janji, maka hal ini tidak bisa menguatkan posisi konsumen sehingga peluang penipuan pun masih mungkin bisa terjadi.

  1. Buat Kesepakatan Hitam Di Atas Putih yang Mengikat

Terakhir, tips dan cara hindari penipuan berkedok wedding organizer adalah membuat kesepakatan hitam di atas putih yang mengikat. Agar kesepakatan hitam di atas putih ini lebih mengikat dan kuat maka Anda menambahkan materai. Nah dari kesepakatan yang kuat tersebut maka Anda akan bisa lebih tenang ketika menjalin kerjasama dengan sebuah WO karena terlindung secara hukum.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: