Lainnya

Pindah Tempat Kerja? Lakukan 5 Cara Cerdas Ini untuk Beradaptasi

tips adaptasi kerja

tips adaptasi kerja/https://redbooth.com/

Pindah kerja atau perusahaan memang sudah menjadi hal yang lazim di dunia kerja. Keluar masuknya karyawan dalam perusahaan sudah menjadi sesuatu yang lumrah, terutama di kota-kota besar yang memang memiliki banyak penawaran kerja. Saat berpindah kerja menuju perusahaan atau tempat kerja yang baru tentu Anda akan mendapati banyak hal baru. Nah dari sinilah agar Anda sukses di tempat kerja baru, Anda harus bisa beradaptasi dengan baik. Proses adaptasi di tempat kerja baru memang tidak bisa diremehkan begitu saja. Pasalnya bila Anda gagal melakukan adaptasi ini dengan baik, bukan tidak mungkin Anda akan sulit atau bahkan gagal meraih karir yang bagus. Nah berikut ini ada beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan di tempat kerja baru.

  1. Selalu Hadirkan Senyum

Cara cerdas pertama untuk beradaptasi di tempat kerja baru yang bisa Anda lakukan adalah dengan selalu menghadirkan senyum. Jangan pelit untuk senyum kepada siapa pun, termasuk pada office boy. Dengan senyuman yang Anda berikan akan muncul sebuah keajaiban yaitu banyaknya teman atau sahabat yang Anda dapatkan. Dengan banyaknya teman dan sahabat ini tentu Anda akan menjadi lebih betah berada di tempat kerja baru. Dari sini Anda pun akan lebih mudah saat ingin meraih karir yang bagus di tempat kerja baru tersebut.

  1. Pahami Budaya Kerja Perusahaan

Setiap perusahaan umumnya memiliki budaya kerja yang telah disusun sedemikian rupa untuk semua orang. Budaya kerja ini disusun dengan tujuan agar perusahaan terus mempu mencapai target-target dan visi-misi yang ada. Dari sinilah maka menghormati dan mematuhi budaya kerja di perusahaan akan menjadi hal wajib dan mutlak bagi setiap pekerja, termasuk Anda yang baru masuk. Untuk bisa menjalankan budaya kerja di perusahaan maka Anda sebagai karyawan baru perlu memahaminya dulu dengan baik. Jangan malu untuk bertanya mengenai budaya kerja yang ada di perusahaan pada siapa pun. Setelah mengetahui dan memahami budaya kerja yang ada, maka Anda harus bisa segera menerapkannya.

  1. Jalin Keakraban dan Nuansa Persahabatan

Berikutnya, cara cerdas yang perlu Anda lakukan untuk beradaptasi di tempat kerja baru adalah dengan menjalin keakraban dan nuansa persahabatan. Anda sebagai orang baru di perusahaan memang perlu menjalin keakraban dengan seluruh orang. Jangan menunggu orang menjalin keakraban atau persahabatan, tapi Anda lah yang harus aktif untuk melakukannya. Dengan keakraban dan persahabatan yang Anda jalin dan hadirkan, maka rasa betah akan bisa segera didapatkan. Tidak hanya itu, dengan keakraban dan persahabatan yang dihadirkan, Anda pun akan bisa mendapatkan dukungan positif dari sesama rekan kerja dalam banyak hal, termasuk hal-hal di luar pekerjaan.

  1. Terbukalah

Untuk bisa menjalin persahabatan dengan karyawan lain, Anda tentu tidak bisa menutup diri. Alih-alih menutup diri, Anda harus mengedepankan sikap terbuka. Bersikap terbuka ini bukan berarti Anda harus menceritakan semua hal yang ada pada kehidupan Anda. Tapi sikap terbuka ini adalah sikap menerima orang-orang di lingkungan kerja. Jadi jangan mengacuhkan rekan kerja yang mengajak bicara. Selalu responlah mereka yang datang pada Anda agar keakraban dan persahabatan cepat terjalin. Dengan sikap terbuka ini pula Anda akan bisa cepat beradaptasi di tempat kerja baru.

  1. Tunjukkan Kinerja yang Baik

Terakhir, cara cerdas untuk beradaptasi di tempat kerja baru yang bisa Anda terapkan yaitu menunjukkan kinerja yang baik. Anda memang juga harus membuat atasan suka pada keberadaan Anda di perusahaan. Sebab akan sia-sia saja bila Anda akrab dengan sesama rekan kerja tapi dengan atasan Anda seperti bermusuhan. Sebab bila mau, atasan bisa langsung memecat Anda karena sikap dan kinerja Anda di perusahaan. Maka dari itu dalam proses adaptasi kerja ini Anda juga perlu membuat atasan senang dengan keberadaan Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa menunjukkan kinerja yang baik pada atasan. Bekerjalah dengan giat dan rajin. Dari sini saja maka atasan pun akan suka dengan kinerja Anda dan membuat Anda akan tetap dipertahankan dan bukan tidak mungkin akan segera dipromosikan ke jabatan yang lebih tinggi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top