Lainnya

Pulang ke Rumah Bawa Kerjaan kantor? Bersiap Saja dengan 5 Konsekuensinya

bawa-pekerjaan-kantor-ke-rumah

Dengan banyaknya pekerjaan yang ada di kantor tak jarang kemudian karyawan kemudian membawa pekerjaan ke rumahnya untuk menyelesaikannya. Pilihan membawa pekerjaan ke rumah memang dirasa lebih menguntungkan dari pada lembur di kantor. Sebab, di rumah mereka para karyawan bisa lebih leluasa mengerjakan pekerjaan kantor yang belum selesai. Meski tidak ada salahnya Anda melakukan hal ini tapi tentu akan ada konseskuensi yang harus ditanggung oleh karyawan yang membawa pekerjaan kantor ke rumahnya. Konseskuensi ini sendiri pastinya merupakan hal yang kurang menyenangkan. Sebab, Anda akan seharian harus berurusan dengan kerjaan ke kantor. Nah, berikut ini adalah beberapa konsekuensi yang ditanggung oleh karyawan yang membawa pekerjaan kantor ke rumah.

  1. Mengganggu Waktu Istirahat

Konsekuensi pertama karyawan yang membawa pekerjaan kantor ke rumah adalah menganggu waktu istirahat. Ini adalah konsekuensi yang paling logis dan masuk akal untuk siapa pun yang membawa pekerjaan kantor ke rumah. Sepulang bekerja dari kantor seharusnya Anda memang bisa menikmati waktu istirahat. Tapi bila ada pekerjaan yang Anda bawa dari kantor maka sudah pasti Anda harus menggunakan waktu istirahat Anda dengan mengerjakan pekerjaan di kantor. Saat waktu istirahat Anda sudah terpakai untuk mengerjakan pekerjaan maka kesehatan Anda pun bisa terancam. Apalagi bila hal ini Anda lakukan secara terus-menerus maka maka bukan tidak mungkin Anda bisa sakit karena manfaat kesehatan dari waktu istirahat yang tidak bisa Anda dapatkan.

  1. Tidak Punya “Me Time”

Anda yang selalu mengagendakan kegiatan “me time” di setiap harinya maka dengan membawa pekerjaan kantor ke rumah, Anda harus siap meninggalkan agenda “me time” tersebut. Pekerjaan kantor yang tidak selesai dan Anda bawa ke rumah memang pastinya membuat beberapa kegiatan Anda dan termasuk agenda “me time” jadi tereliminasi. Padahal kegiatan “me time” ini merupakan aktivitas refreshing yang bisa membuat Anda bisa kembali bersemangat lagi. Nah ketika agenda “me time” ini tidak bisa Anda jalankan karena waktu yang tersita untuk mengerjakan pekerjaan kantor maka Anda tidak bisa melakukan refreshing sehingga kejenuhan dan kepenatan harus terus Anda alami.

  1. Mengganggu Waktu Bersama Keluarga

Saat pulang dari kantor bisa jadi Anda sedang ditunggu-tunggu oleh keluarga di rumah. Tidak hanya oleh istri Anda, anak-anak Anda pastinya menunggu kedatangan Anda untuk bisa bermain bersama. Tapi apa jadinya bila kemudian Anda harus membawa dan mengerjakan pekerjaan kantor di rumah. Tentu saja dari sini Anda akan kehilangan waktu bersama keluarga. Ini karena mau tak mau Anda yang harus mengerjakan pekerjaan kantor di rumah. Padahal istri dan anak-anak Anda membutuhkan Anda untuk bisa berkumpul dan bermain bersama. Padahal, aktivita berkumpul dan bermain bersama keluarga sendiri punya manfaat dan kegunaan untuk Anda melepas jenuh dan penat.

  1. Begadang dan Bangun Kesiangan

Selanjutnya, konsekuensi ketika Anda membawa pekerjaan kantor ke rumah adalah begadang dan bangun kesiangan. Membawa dan mengerjakan pekerjaan kantor di rumah ini memang sejatinya adalah lembur yang berpindah tempat. Nah, bila Anda melakukannya, maka sebenarnya Anda sedang melakukan lembur. Nah lembur yang Anda lakukan di rumah ini bukan tidak mungkin membuat Anda harus begadang sampai larut malam. Begadang sendiri bukanlah sesuatu yang baik dilakukan. Sebab ketika Anda begadang maka akan ada hal yang harus Anda korbankan yaitu kesehatan dan juga dampak lainnya seperti bangun kesiangan. Ketika Anda bangun kesiangan akibat begadang maka Anda pun akan bisa mendapatkan penilaian buruk dari perusahaan.

  1. Konsentrasi Kerja Terganggu

Terakhir, konsekuensi dari membawa pekerjaan kantor ke rumah adalah konsentrasi kerja yang terganggu. Saat mengerjakan pekerjaan di rumah tentu bisa jadi Anda tidak bisa konsentrasi dengan baik. Sebab selain tubuh merasa lelah, banyaknya hal yang perlu Anda lakukan di rumah bisa menjadi gangguan Anda bekerja. Nah dari banyaknya gangguan yang membuat fokus dan konsentrasi menurun maka bukan tidak mungkin hasil pekerjaan yang dikerjakan di rumah jadi buruk. Sebab untuk menghasilkan pekerjaan baik memang dibutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top