Lainnya

Punya Karyawan dengan 6 Tipe Ini? Segera Pecat Saja Agar Perusahaan Lebih Baik

tipe-karyawan-buruk-untuk-dipecat

Menjalankan bisnis dan perusahaan dengan karyawan di dalamnya memang memiliki ragam cerita. Karyawan yang merupakan manusia dengan berbagai karakter pastinya mempunyai kinerja dan kontribusi yang berbeda-beda. Meskipun Anda melakukan rekrutmen dengan begitu ketat, tapi hal ini tidak membuat Anda akan mendapatkan 100 persen karyawan terbaik. Nah dari sinilah Anda harus bersiap mengahadapi karyawan dengan tipe-tipe yang tidak Anda harapkan. Anda tinggal mengamati saja apakah karyawan tersebut terus dengan tipe buruk atau memang kemudian. Bila memang karakter buruk mereka tidak berubah, maka sebagai pebsinis yang ingin terus menumbuhkan perusahaan maka tindakan pemecatan adalah sesuatu yang memang diperlukan. Tapi agar Anda tak salah memecat karyawan maka Anda harus memperhatikan tipe-tipe karyawan yang memang perlu dipecat. Berikut ulasannya.

  1. Karyawan yang Sering Berpikiran Negatif pada Siapapun

Pertama, tipe karyawan yang perlu dipecat agar perusahaan menjadi lebih baik adalah karyawan yang sering berpikiran negatif pada siapa pun. Karyawan dengan tipe seperti ini memang berbahaya karena bisa menularkan virus yang tidak baik pada karyawan lain. Ini karena pikiran negatif memang bisa membuat suasana di perusahaan jadi tidak kondusif. Selain kecenderungan saling mengumpat dan menjelekkan orang lain, pikiran negatif ini akhirnya dapat membuat produktivitas jadi menurun. Jadi dari pada merusak performa karyawan orang lain dan perusahaan maka karyawan dengan tipe ini sebaiknya memang diberhentikan saja.

  1. Karyawan yang Suka Menyalahkan Orang Lain

Suka menyalahkan orang lain memang sifat buruk dalam sebuah perusahaan. Apalagi bila perusahaan tersebut sangat mengandalkan kerja tim, maka karyawan dengan tipe suka menyalahkan orang lain ini akan sangat berbahaya. Sebab, selain tidak ada koreksi dan perbaikan diri, karyawan yang suka menyalahkan orang lain bisa memicu konflik internal. Jika hal ini terjadi tentu perusahaan kan jadi lebih runyam. Karyawan dengan tipe seperti ini sebenarnya tidak hanya mencari-cari kesalahan karyawan lain, tapi pihak manajemen perusahaan pun biasanya tak luput disalahkan. Jadi daripada mereka membuat hal tidak kondusif, maka karyawan seperti ini diberhentikan saja.

  1. Karyawan yang Sering Melanggar Peraturan yang Berlaku

Sekali-dua kali melakukan pelanggaran mungkin bisa dimaklumi, tapi bila karyawan sudah melanggar peraturan berkali-kali maka artinya mereka sudah tak mau bekerjasama denga n perusahaan. Sebab, karyawan yang memutuskan bekerja di sebuah perusahaan memang sudah selayaknya mematuhi peraturan yang ada. Jadi bila ada karyawan yang sering melanggar peraturan yang berlaku maka daripada hal ini bisa mempengaruhi karyawan lain alangkah lebih baik memang diberhentikan atau dipecat saja.

  1. Karyawan yang Kinerjanya Terus Menurun

Berikutnya, tipe karyawan yang perlu segera dibehentikan atau dipecat adalah mereka yang kinerjanya terus menurun. Patokan bagus-tidaknya performa karyawan memang diukur dari tingkat kinerja atau produktivitas kerjanya. Jika kinerjanya buruk dan terus menurun, tentu perusahaan jadi bergerak lambat dan bahkan bisa mengalami penurunan. Nah dari pada karyawan ini bisa membuat Anda merugi, memberhentikan mereka akan jadi jalan keluar yang tepat. Karyawan dengan tipe seperti ini juga berbahaya karena bisa memperngaruhi karyawan lain bila tidak segera dipecat.

  1. Karyawan yang Suka Menggosipkan Orang Lain

Bergosip bisa menjadi kegiatan karyawan pada jam istirahat. Mungkin kegiatan ini bisa dimaklumi bila yang dibicarakan adalah hal-hal seputar pekerjaan atau juga hal lain dengan kadar yang tak berlebihan. Tapi bila yang dibicarakan atau digosipkan adalah orang lain maka hal ini menjadi hal yang buruk. Sebab, membicarakan orang lain berarti membuat sebuah bom waktu yang bisa memicu konflik di kantor. Maka dari itu bila Anda mendapati karyawan yang seperti ini daripada nanti membuat perusahaan kacau lebih baik diberhentikan saja.

  1. Karyawan yang Bohong Berulang Kali

Terakhir, tipe karyawan yang sebaiknya diberhentikan atau dipecat untuk membuat perusahaan lebih baik adalah karyawan yang sering berbohong. Siapa sih yang suka dibohongi? Setiap orang, termasuk Anda sebagai pemimpin bisnis pastinya tidak suka dibohongi. Kebohongan sendiri biasanya memang dilakukan untuk menutupi keburukan. Nah dari sini bila ada karyawan yang berbohong pastinya mereka sedang menyembunyikan keburukan entah pada kinerjanya atau pada tindak-tanduknya yang melanggar aturan. Dari kurang bermoral dan tidak terpujinya perilaku berbohong ini maka Anda yang ingin membuat perusahaan terus bertumbuh, sebaiknya memecat karyawan-karyawan dengan tipe sering berbohong.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top