Lainnya

Punya Rekan Kerja yang Malas? Begini Cara Menghadapinya!

rekan kerja pemalas

rekan kerja pemalas/https://www.entrepreneur.com/

Dalam dunia kerja di mana pun berada, kita memang akan menjumpai banyak karakter orang atau rekan kerja kita. Salah satu karakter rekan kerja yang bisa jadi harus Anda hadapi di kantor yakni pemalas. Rekan kerja pemalas ini memang akan bisa saja akan menimbulkan masalah bila sudah mempengaruhi Anda. Nah bila Anda memang mendapati adanya rekan kerja di kantor yang pemalas, lebih baik untuk Anda mewaspadainya. Tapi bagaimana cara menghadapinya? Jangan khawatir, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk bisa menghadapi rekan kerja pemalas.

  1. Jangan Terdistraksi

Cara pertama menghadapi rekan kerja pemalas adalah dengan tidak terdistraksi. Bila mereka kacau dalam pekerjaannya, jangan sampai Anda terganggu dengan hal tersebut. Biarkan saja mereka dengan karakter dan masalahnya. Sementara itu Anda harus tetap giat dan produktif. Melihat kegiatan rekan kerja pemalas ini memang bisa mengganggu Anda. Sebab bisa saja Anda kemudian kehilangan fokus dalam bekerja saat melihat mereka bermalas-malasan. Apalagi bila mereka yang sengaja mengganggu Anda, maka usaha Anda untuk menghindari distraksi harus lebih keras lagi.

  1. Bergaul Secukupnya Saja

Sebuah pergaulan memang bisa saja mempengaruhi Anda baik itu dalam kehidupan hingga karakter Anda. Dari sinilah maka Anda memang harus menjaga pergaulan Anda dimana pun, termasuk di kantor. Anda yang ingin menjadi pekerja yang berprestasi memang harus menghindari pergaulan yang intens orang-orang yang berkarakter negatif termasuk mereka yang pemalas. Sebab bila Anda sengaja bergaul dengan mereka dengan intesitas yang sering, bisa jadi kebiasaan mereka akan mempengaruhi Anda. Jika sudah demikian maka Anda pun bisa terbawa dengan karakter pemalas seperti mereka. Maka dari itu supaya tetap bisa menjadi pekerja yang produktif pastikan Anda bergaul secukupnya saja dengan mereka. Anda bisa menjalin pertemanan sekedarnya saja, tapi untuk bersahabat dengan akrab sepertinya Anda harus menghindari.

  1. Jangan Pernah Mengeluh atau Melaporkan

Berikutnya, cara menghadapi rekan kerja pemalas adalah dengan tidak pernah mengeluh ataupun melaporkannya. Biasanya melihat rekan kerja yang bekerja tidak baik kita menjadi lebih mudah perasa dengan perasaan iri atau ingin melaporkan ke atasan. Untuk kasus ini sebaiknya Anda menunda untuk melaporkannya ke atasan. Jangan sampai bak menjadi pahlawan Anda kemudian melaporkan teman pemalas tadi ke atasan. Sebab hal ini bisa jadi bumerang buat Anda. Jadi biarkan saja, karena cepat atau lambat kinerja rekan kerja yang pemalas tersebut akan diketahui atasan. Mengenai perasaan iri, Anda harus bisa meredam diri. Jangan sampai Anda membesarkan perasaan iri tadi hingga kemudian mengganggu produktivitas kerja Anda. Sebab hal ini akan merugikan diri sendiri bila Anda terus membawa perasaaan iri pada rekan kerja pemalas tersebut karena dapat menurunkan daya kinerja kerja Anda.

  1. Jangan Biarkan Mereka Membebani Anda

Bila Anda memiliki tugas masing-masing, maka pastikan Anda fokus saja pada pekerjaan Anda tersebut. Jangan biarkan mereka membebani Anda hanya karena sifat kemalasannya. Pastikan Anda menjelaskan bahwa pekerjaan yang ada adalah sesuai dengan job desc masing-masing. Sementara itu dalam kerja tim yang membutuhkan kerja bersama, Anda juga tidak perlu terlalu pusing dengan mereka hingga menjadi beban berat yang dirasakan. Pastikan saja Anda sudah mengingat mereka bila memang sifat malasnya muncul. Jangan terlalu mengambil banyak enegeri hanya untuk mengurusi pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawab mereka. Bila ada pekerjaan yang tidak tuntas, biarkan saja atasan yang mengetahui keadaan yang sebenarnya.

  1. Gunakan Kemalasan Mereka sebagai Peluang

Terakhir, cara menghadapi rekan kerja pemalas adalah dengan menggunakan karakter mereka sebagai peluang. Anda memang sebenarnya punya peluang yang baik saat mendapati beberapa rekan kerja pemalas. Sebab, ketika Anda tetap bisa fokus untuk produktif, maka nilai Anda dihadapan atasan akan menjadi lebih baik dibanding mereka. Ketika Anda dilihat pimpinan atau atasan sebagai karyawan yang produktif dan bagus, maka peluang karir yang lebih baik pun akan bisa segera Anda dapatkan. Jadi tetap bersabar dan berusahalah mempersembahkan yang terbaik untuk perusahaan hingga nantinya waktu yang akan mengantarkan Anda jadi pemenangnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top