Bisnis Online

Strategi Proses Penjualan Tahap Demi Tahap Itu Bernama Sales Funnel

sales-funnel

sales funnel/https://gamerseo.com/

Sales funnel merupakan strategi yang dijalankan oleh sebuah bisnis dalam proses penjualan tahap demi tahap. Dari sales funnel, Anda dapat mengarahkan pembeli mulai dari ketertarikan pada penawaran hingga terjadi closing atau pembelian. Saat ini penjualan memang menjadi lebih panjang karena pembeli yang semakin kritis dan semakin cermat dengan banyaknya pilihan. Dari sinilah kemudian strategi sales funnel ini muncul untuk menghadirkan penjualan yang efektif.

Tahapan Perjalanan Pelanggan

Sales funnel sendiri bisa dibuat atas pengalaman bisnis yang ditekuni masing-masing pengusaha. Namun secara umum, ada lima tahapan klasik sales funnel, yaitu:

  1. Kesadaran/ Awareness
  2. Tertarik/ Interest
  3. Keputusan/ Decision
  4. Tindakan/ Action
  5. Pembelian/ Purchase

Penerapan Sales Funnel dalam Bisnis

Dengan menerapkan sales funnel dengan baik sebagai sebuah strategi, sebuah bisnis memang bisa meraih penjualan yang diharapkan. Nah dalam penerapannya pada bisnis, sales funnel ini memiliki beberapa tahapan yaitu:

  1. Prospek

Tahapan pertama penerapan sales funnel dalam bisnis adalah prospek. Dalam tahap ini Anda sebagai pebisnis diharuskan mencari calon pembeli yang sesuai dengan target market. Untuk mendapatkan target market, Anda perlu melakukan pemetaan terhadap calon pembeli berdasarkan jenis kelamin, status sosial, usia, pekerjaan, dan lain sebagainya. Menurut Proweb Indonesia, Anda bisa melakukan proses identifikasi target pasar secara manual dengan cara membuat event secara gratis seperti webinar gratis, kulwa gratis, dan seminar gratis. Cara identifikasi lain adalah dengan melakukan riset langsung ke Google Adwords atau Facebook Ads.

  1. Kualifikasi

Setelah melakukan identifikasi target market, Anda perlu melakukan penyaringan calon pembeli. Penyaringan calon pembeli (filtering) ini memang perlu dilakukan karena tidak semua target market mampu membeli produk yang ditawarkan. Untuk melakukan filtering ini Anda dapat memberitahu harga pada produk yang ditawarkan. Nah dari sini beberapa calon pembeli akan mundur dan Anda akan mendapatkan calon pembeli yang lebih potensial. Untuk menyaring calon pembeli, Anda bisa melakukannya melalui Facebook Ads. Di sini Anda bisa memilah calon pembeli berdasarkan beberapa kriteria seperti penghasilan, gaya hidup, atau smartphone yang dimiliki.

  1. Penawaran

Berikutnya, tahapan sales funnel dalam bisnis adalah penawaran. Penawaran atau iklan ini perlu kamu buat dengan sebaik mungkin agar mampu menarik minat hingga membuat target market melakukan pembelian. Untuk membuat target membeli tanpa merasa “dipaksa” membeli, Anda perlu menjadikan mereka sebagai pihak yang benar-benar membutuhkan atau merasa tertarik dengan iklan. Dari sinilah penguasaan pada teknik teknik soft selling, copywriting atau hypnoselling sangat diperlukan.

  1. Negosiasi

Setelah semua usaha Anda lakukan, target market akan mulai melakukan pertimbangan untuk membeli atau tidak. Nah dari sini mereka sebagai calon pembeli bisa jadi akan melakukan penawaran harga. Untuk mendapatkan harga sesuai keinginan Anda, perlu usaha menyakinkan bahwa produk yang dibeli benar-benar sangat menguntungkan. Tahapan negosiasi memang tak melulu soal tawar menawar harga, tapi juga bisa berwujud usaha meyakinkan calon pembeli bahwa pembeliannya tidak akan sia-sia.

  1. Pembelian

Terakhir, tahapan sales funnel dalam bisnis adalah pembelian. Ketika target market sudah berada di tahap ini berarti sales funnel yang Anda jalankan berhasil atau sukses. Tapi bukan berarti kemudian Anda tidak berusaha lagi. Sebab setelah itu Anda perlu berjuang untuk menjadikan pembeli tadi terus berlangganan pada bisnis Anda. Untuk membuat pembeli menjadi pelanggan, ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti menghadirkan diskon khusus bagi para pelanggan setia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top