Tips

Supaya Meeting dengan Klien Tak Berakhir Percuma, Anda Bisa Jalankan Tips Ini

meeting-dengan-klien

Meeting atau pertemuan dengan klien memang akan menjadi sebuah kegiatan umum yang dilakukan para pebisnis. Untuk terus membuat usahanya berkembang memang entrepreneur perlu dukungan dari klien. Klien sendiri ada sifatnya sebagai mitra atau relasi serta juga bisa bisa sebagai konsumen atau pelanggan. Tapi apapun bentuk klien bagi bisnis kita, pastinya perannya akan sangat kita perlukan. Maka dari itu agar klien terus mau mendukung bisnis kita maka ketika meeting Anda harus mengusahakan tidak berakhir sia-sia. Tapi bagaimana caranya agar meeting dengan klien tidak berakhir percuma? Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

  1. Kenakan Pakaian yang Rapi dan Membuat Percaya Diri

Tips pertama agar meeting dengan klien tidak berakhir percuma adalah dengan mengenakan pakaian yang rapi dan membuat percaya diri. Pakaian yang kita kenakan memang bisa menentukan persepsi dan nilai dari orang lain. Nah dalam dunia bisnis dimana seorang pengusaha dituntut untuk profesional, maka penampilan akan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab penampilan Anda saat bertemu dengan klien untuk urusan bisnis akan bisa mencerminkan profesionalisme Anda. Jika Anda memakai pakaian sembarangan maka bisa jadi Anda akan dinilai tidak profesional oleh klien. Namun bila Anda menggunakan pakaian yang rapi dan membuat Anda percaya diri maka pertemuan Anda dengan klien jadi lebih efektif.

  1. Datang Tepat Waktu

Jangan remehkan janji untuk waktu bertemu dengan klien. Sebab bila Anda meremehkannya dengan datang tidak tepat waktu maka klien bisa menganggap Anda sebagai orang yang tidak serius dan tidak profesional. Hasilnya ketika Anda dianggap tidak serius dan tidak profesional maka pertemuan Anda dengan klien sudah bisa dipastikan akan sia-sia. Mengapa? Sebab apapun yang Anda bicarakan dan sekuat apapun Anda berargumentasi tentang bisnis Anda, klien tidak akan respect. Ini karena keterlambatan Anda saat datang sudah menjadi cerminan Anda yang akan merugikan bila diajak kerjasama.

  1. Persiapkan Materi Presentasi yang Interaktif

Saat bertemu dengan klien maka Anda harus bisa menjelaskan dengan baik bisnis Anda. Supaya klien tertarik dengan apa yang Anda sampaikan maka Anda harus mempersiapkan materi presentasinya. Tidak hanya sekedaar mengusai dan mengafalnya tapi materi yang bisa menarik orang lain dalam hal ini klien adalah yang interaktif. Mengapa demikian? Sebab dengan materi presentasi yang interaktif, Anda akan membuat suasana yang lebih cair dan hangat. Dalam penyampaian materi presentasi interaktif sendiri Anda juga harus melibatkan audiens dalam hal ini klien. Dari presentasi yang seperti ini Anda akan mendapatkan respon yang baik

  1. Beri Kesempatan Pada Klien untuk Memberi Feedback

Berikutnya, tips untuk membuat meeting dengan klien tidak berakhir percuma adalah dengan memberikan kesempatan pada klien untuk memberikan feedback. Jadi setelah menutup sesi presentasi, Anda harus membuka sesi terbuka untuk klien bisa merespon apa yang telah Anda sampaikan tersebut. Dalam sesi ini tidak hanya tentang tanya-jawab berkaitan materi saja yang bisa Anda buka, tapi kritik dari klien pun tak bisa Anda larang. Dan bila kemudian ada klien yang mengkritik Anda entah itu dalam sikap atau bisnis yang telah Anda jelaskan, maka Anda harus terima dulu. Bila memang kritik itu ternyata tidak tepat maka Anda harus menjelaskannya dengan perlahan dan sabar.

  1. Tindaklanjuti Hasil Meeting dengan Klien

Terakhir, tips menjalankan meeting dengan klien supaya tidak berakhir sia-sia dan percuma adalah dengan menindaklanjuti hasil meeting. Jadi saat meeting berlangsung, Anda memang harus mencatat beberapa hal penting, terutama yang berkaitan dengan kesepakatan dan peraturan atau ketentuan dalam kerjasama. Nah setelah disepakati dan tercapai deal dengan klien, Anda harus segera menindaklanjuti hasil meeting tersebut. Jika memang dalam kesepatakan Anda diharuskan lengsung mengerjakan project, maka Anda tidak boleh menundanya. Intinya, setelah meeting, Anda harus menunjukkan progress kepada klien agar mereka bisa melihat kinerja Anda yang baik.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk membuat meeting dengan klien tidak berkhir percuma. Mengingat begitu pentingnya pertemuan atau meeting dengan klien ini maka Anda sebagai pebisnis yang ingin usahanya maju tidak boleh meremehkannya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top