Keuangan

Susah Menabung Jadi Anak Kos, Intip Trik Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

Mengatur keuangan bagi anak kos dapat dikatakan susah-susah gampang. Pasalnya saat menjadi anak rantau, mereka harus benar-benar siap mental dan fisik. Dalam kondisi ini anak kos harus benar-benar bersikap mandiri. mereka harus rela melepas diri dari kehidupan orang tuanya. Mau tidak mau mereka juga harus benar-benar mampu mengatur keuangannya sendiri tanpa melibatkan orang tuanya.

Menjadi anak kos terkadang godaan banyaknya kebutuhan dan keinginan juga menjadikan anak kos kesulitan untuk mengatur keuangan mereka. Sehingga mereka banyak yang tidak bisa sedikit menyisihkan uangnya untuk ditabung. Hal ini akan membuat mereka selalu terus-menerus untuk meminta uang dari orang tua. Nah, jika anda anak kos dan tidak ingin merepotkan orang tua anda, anda dapat menerapkan kegiatan menabung mulai dari sekarang. Jika anda kesulitan untuk menabung dan mengatur keuangan, anda dapat menyimak ulasan dibawah ini:

  1. Gunakan botol minuman bekas

Poin pertama ini terbilang konyol bukan? Apa hubungan botol bekas dengan menabung? Nah namun dibalik itu, cara ini adalah cara yang paling efektif yang dapat anda coba. Sebab dengan cara ini anda tidak perlu membeli celengan baru untuk menyimpan uang anda.

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu botol bekas air minum berukuran 1,5 liter. Buatlah lubang seperti celengan. Setelah itu, cukup masukkan uang 20 ribu setiap minggunya. Dengan begitu semakin bertambahnya bulan, uang tabungan anda akan terkumpul. Tabunglah uang anda secara rutin satu minggu sekali. Untuk menambah tampilan celengan terlihat menarik, anda dapat menghiasnya sesuai selera. Jangan lupa menyimpan botol di tempat yang paling aman.

  1. Selalu siapkan dompet kecil

Di samping anda menabung uang di botol bekas, anda juga wajib mempunyai dompet berukuran mini. Dompet ini berguna untuk menyimpan uang koin atau uang pecahan kecil. Simpanlah uang pecahan kecil di dompet tersebut. Setiap bulannya, simpanlah sekitar 30 ribu dalam pecahan kecil. Simpanan uang pecahan ini dapat anda gunakan untuk kebutuhan mendadak seperti kebutuhan uang parkir, iuran-iuran, kebutuhan print out tugas, dan lainnya. Saat anda menggunakan uang simpanan di dompet  kecil tersebut, anda tak perlu lagi mengeluarkan uang pecahan 100 ribuan milik anda. Jadi, lebih simpel bukan?

  1. Catat pengeluaran dan pemasukan

Cara ketiga ini adalah cara yang juga wajib dilakukan setiap harinya. Setiap anda menggunakan uang anda untuk kebutuhan sehari-hari, anda wajib mencatatnya di buku catatan anda. Siapkan buku catatan khusus untuk mengatur keuangan. Tidak perlu yang mahal, yang terpenting dapat merekap semua pengeluaran dan pemasukan keuangan anda. Jika saat membeli barang terdapat kwitansi pembelian, anda dapat menempelkannya di buku catatan keuangan.

  1. Buatlah dua rekening tabungan yang berbeda

Cara keempat ini juga dapat anda lakukan untuk membantu mengatur keuangan anda. Buatlah 2 rekening yang berbeda. Satu rekening untuk menyimpan uang transfer bulanan dari orang tua. Satu rekeningnya lagi untuk menyimpan uang tabungan pribadi anda. Rekening khusus tabungan anda, dapat anda isi dengan uang yang anda simpan di botol bekas pada poin satu di atas. Setiap 6 bulan sekali ambillah uang tabungan anda di botol dan masukkan ke rekening. Jadi, uang anda tidak tercampur dengan uang kebutuhan lain. Jika 6 bulan sekali uang di botol bekas tidak diambil, ditakutkan hal yang tidak diinginkan terjadi. Jadi sebaiknya simpan di rekening. Rekening tabungan ini juga dapat membantu anda menyimpan uang dengan aman.

  1. Buat tulisan penyemangat

Poin terakhir ini adalah poin pelengkap untuk semua poin lainnya. So, untuk melancarkan kegiatan menabung dan mengatur keuangan anda selama jadi anak kos, anda dapat membuat tulisan penyemangat. Tulisan penyemangat ini dapat anda tempelkan di meja belajar anda atau di tempat-tempat yang biasa anda lihat. Tuliskanlah kata-kata penyemangat sebanyak mungkin agar anda lebih giat dalam menabung!

So, itulah beberapa poin penting yang wajib anda coba untuk membantu mengatur keuangan anda. Jangan pernah takut mencoba! Selama anda menjadi anak kos, anda wajib bersikap mandiri. Dan mengatur keuangan adalah salah satu hal yang membuat anda dapat bersikap mandiri. Selalu bahagiakan orang tuamu dengan sikap mandirimu!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top