Keuangan

Tak Ingin Banyak Uang Keluar dari Dompet? Lakukan5 Trik Ini

tips-hemat-uang

tips hemat uang/https://money.com/

Beban pengeluaran memang selalu menjadi tantangan bagi setiap orang. Dengan pendapatan yang berbatas, seseorang seringkali ingin membuat hemat pengeluarannya setiap bulan. Sayang niat untuk bisa mengencangkan ikat pinggang ini tak jarang berujung kegagalan karena sulitnya mengendalikan diri dan nafsu berbelanja. Untuk itulah konsultan finansial, Amanda Clayman memberikan 5 trik yang bisa diterapkan seseorang untuk bisa membuat uang tidak banyak keluar dari dompet.

  1. Gunakan Uang Tunai

Trik pertama untuk membuat uang tidak banyak keluar dari dompet adalah menggunakan uang tunai. Seperti kita tahu bahwa sekarang ada banyak cara pembayaran yang dilakukan secara digital. Selain kartu kredit, kini masyarakat sudah mulai beradaptasi dengan kemunculan e-wallet atau dompet digital. Ternyata penggunaan metode pembayaran digital ini dinilai oleh Clayman dapat membuat seseorang boros. Hal ini dikarenakan saat membayar secara digital psikologi seseorang dinilai tidak langsung menyentuh beban mengeluarkan uang yang sebenarnya. Berbeda ketika seseorang hanya membawa uang tunai. Mereka akan berpikir beberapa kali ketika akan mengeluarkan uangnya dalam jumlah besar karena memang di sana mereka benar-benar akan mengambil uang dari dompet secara langsung.

  1. Ketahui Pola Pengeluaran Masing-Masing

Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan untuk bisa berhemat adalah dengan mengetahui pola pengeluaran. Setiap orang memang bisa saja memiliki pola pengeluaran yang berbeda-beda. Menariknya pola pengeluaran yang ada pada seseorang ada yang disebabkan atau dipengaruhi oleh sisi emosional. Seperti contoh misalnya seseorang yang pergi ke mall untuk berbelanja karena didorong oleh perasaan ingin menghilangkan rasa kesal. Bila kamu termasuk orang yang punya kebiasaan berbelanja demikian maka kamu harus segera bisa mengubah diri. Akan lebih baik lagi bila kamu berkonsultasi dengan psikolog sebelum ke financial planner.

  1. Berhenti Sejenak

Kamu yang punya kebiasaan berbelanja secara spontan atau tiba-tiba dan terus-menerus, maka kamu harus bisa menjalankan trik berhenti sejenak. Kebiasaan berbelanja secara spontan ini memang tidak baik karena bisa menghabiskan seluruh isi dompetmu. Trik berhenti sejenak ini menurut Clayman dapat dilakukan dengan membuat peraturan bagi diri sendiri untuk tidak berbelanja selama 24 jam. Ketika aturan ini dibuat, kamu harus konsisten mematuhinya hingga mampu melawan dan mengalahkan nafsu dalam dirimu.

  1. Bersemangat dalam Mencapai Tujuan Akhir

Berikutnya, trik agar uang tidak banyak keluar dari dompet adalah menetapkan tujuan akhir finansialmu. Cara ini seperti menuliskan cita-cita saat kecil. Kamu memang perlu memiliki tujuan akhir dalam raihan finansialmu. Dengan menetapkan tujuan finansial maka kamu akan terdorong untuk mencapainya. Tentu untuk bisa meraih tujuan finansial ini kamu perlu berjuang dan berkorban seperti berhemat dalam pengeluaran. Dengan niat dan semangat inilah kamu akan bisa memperkecil kebiasaanmu mengeluarkan uang dari dompet untuk hal-hal yang tidak penting.

  1. Sibukkan Dirimu dengan Aktivitas Penting

Terakhir, trik untuk membuat uangmu tidak banyak keluar dari dompet adalah menyibukkan diri dengan aktivitas penting. Tak jarang memang pengeluaran yang impulsif ini terjadi pada mereka yang terlalu punya banyak waktu luang. Dengan banyaknya waktu luang yang dimiliki memang membuat mereka tidak bisa berdiam diri dan harus membeli apapun yang dapat mengisi waktunya. Tidak hanya membeli makanan, tapi orang yang terlalu banyak waktu luang tak jarang juga sering kali melakukan perjalanan yang tak penting dan buang-buang uang. Tentu saja hal ini tidak akan terjadi pada mereka yang punya banyak kegiatan atau aktivitas penting.

Demikianlah beberapa trik atau cara yang bisa kamu jalankan untuk membuat uang tidak banyak keluar dari dompet. Supaya kamu benar-benar bisa sukses membuat penghematan maka kamu perlu menjalankan trik-trik di atas dengan sungguh-sungguh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top