Keuangan

Terapkan 5 Tips Ini Agar Pasangan Bisa Menjadi Partner yang Baik dalam Pengaturan Keuangan Keluarga

mengatur-keuangan-keluarga-bersama-pasangan

mengatur keuangan keluarga/https://parenting.orami.co.id/

Dalam menjalankan kehidupan rumah tangga, sebagai pasangan, Anda dan suami atau Anda dan istri memang harus selalu saling mendukung. Tidak hanya soal urusan pekerjaan dan rumah tangga, tapi Anda dan pasangan juga harus menjadi partner yang saling mendukung untuk urusan pengaturan keuanga. Dalam menjalani kehidupan rumah tangga memang dibutuhkan finansial yang selalu sehat. Nah untuk mencapai finansial atau keuangan yang sehat tersebut maka pengaturan atau manajemen sangatlah diperlukan. Dari sinilah maka Anda dan pasangan yang bersama-sama menggunakan uang perlu saling menjadi partner dalam urusan pengaturan keuangan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk membuat pasangan bisa menjadikan partner pengaturan keuangan yang baik.

  1. Terbuka dan Saling Percaya

Tips pertama menjadikan pasangan sebagai partner mengatur keuangan adalah dengan saling terbuka dan saling percaya. Anda dan pasangan memang harus terbuka dengan segala kebutuhan dan juga penghasilan yang ada. Jangan sampai menutup-nutupi apapun dari pasangan mengenai keadaan keuangan yang berkaitan dengan keuangan. Seburuk apapun hal yang  terjadi, seperti misalnya Anda di PHK atau memiliki hutang, Anda harus mengkomunikasikanya dengan pasangan. Melibatkan pasangan dalam manajemen keuangan ini memang akan membuat Anda bisa lebih kuat untuk bersama-sama mengarungi kehidupan rumah tangga. Selain itu dengan melibatkan pasangan dalam urusan keuangan ini membuat Anda bisa bisa belajar bersama-sama untuk menetapkan sebuah hal dan impian.

  1. Ciptakan Komitmen dan Kerjasama yang Baik

Untuk mengatur keuangan dengan baik ini tidaklah mudah meski Anda sudah melibatkan pasangan. Ini karena dalam pengaturan keuangan pada sebuah rumah tangga, dibutuhkan komitmen dan usaha kerjasama yang baik. Sebab tanpa komitmen dan kerjasama yang baik maka Anda akan sulit untuk mewujudkan impian meraih keadaan finansial yang baik. Bayangkan saja bila salah satu pasangan sudah tidak konsisten menjaga pengeluaran, maka usaha yang Anda lakukan bisa menjadi sia-sia. Maka dari itu dalam mengatur keuangan bersama partner pasangan diperlukan kesadaran dan perjuangan bersama-sama.

  1. Terapkan Target Pemasukan dan Pengeluaran Bersama

Berikutnya, dalam usaha mengatur keuangan ini Anda perlu menetapkan target baik itu pemasukan dan pengeluaran. Kedua instrumen ini memang sangat penting dalam menentukan keadaan finansial. Bila salah satu instrumen ini ada yang tidak sehat, maka bisa membuat kondisi keuangan keluarga menjadi guncang. Seperti contoh target pemasukan tercapai, tapi target pengeluaran tidak, maka hal ini akan sia-sia karena membuat ketidakseimbangan neraca keuangan. Pun sebaliknya bila target pengeluaran tercapai tapi target pemasukan tidak tercapai, maka hal ini juga akan menimbukan kesulitan tersendiri. Dari sinilah maka Anda dan pasangan sebagai partner pengaturan keuangan perlu menetapkan target pemasukan dan pengeluaran yang diperjuangkan bersama-sama.

  1. Menetapkan Keuangan Bulanan

Dalam sebuah manajemen finansial rumah tangga, Anda dan pasangan memang perlu menetapkan keuangan bulanan. Meski Anda bukan pekerja kantoran yang mendapatkan gaji setiap bulannya, Anda tetap perlu menentukan keuangan bulanan. Mengapa demikian? Sebab dengan menetapkan keuangan bulanan keluarga maka Anda dan pasangan akan lebih mudah untuk menentukan target-target tertentu misalnya penambahan tabungan, investasi dan lainnya. Saat Anda dan pasangan sebagai partner pengaturan keuangan bisa menetapkan keuangan bulanan maka Anda akan bisa lebih berpeluang membuat finansial keluarga yang sehat.

  1. Apresiasi Atas Keberhasilan Bersama

Terakhir, tips menjadikan pasangan sebagai partner pengaturan keuangan adalah dengan mengapresiasi atas keberhasilan bersama. Saat Anda dan pasangan berhasil mencapai sesuatu atau target keuangan keluarga jangan ragu untuk saling mengapresiasi. Bentuk apresiasi sendiri ada banyak bentuknya. Anda bisa mengajak pasangan makan enak di restoran, nonton film atau juga memberikannya hadiah. Bentuk apresiasi ini sendiri sangat penting untuk pasangan agar nantinya pasangan terus mendukung dan lebih bersemangat dalam mengatur keuangan keluarga bersama-sama.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat pasangan menjadi partner yang baik dalam pengaturan keuangan keluarga. Jangan lupa juga untuk selalu memberikan motivasi pada pasangan akan pentingnya kerjasama dalam pengaturan keluarga. Sebab tanpa pengertian dan pemahaman serta kesadaran diri dari pasangan maka usaha Anda akan sia-sia saja untuk mengajak pasangan mengatur keuangan bersama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top