StartUp dan UKM

Ternyata Teknologi 5G Punya Banyak Kelebihan

Bila anda menganggap teknologi 4G sudah cukup cepat untuk jaringan internet maka jangan mudah berpuas diri dahulu. Pasalnya kini mulai dikembangkan teknologi 5G yang lebih cepat ketimbang 4G.  kecepatan dari jaringan internet generasi kelima ini bahkan bisa mencapai gigabite. Main games di smartphone pasti anti buffering deh dengan 5G. sayangnya dalam implementasi teknologi ini bukanlah perkara mudah. Untuk pengimplementasiannya butuh modal yang besar dan ahli yang mumpuni. Korea Selatan sendiri telah mengembangkan dan berusaha menerapkannya sejak tahun ini. AS baru akan menerapkannya tahun 2020 mendatang.

Manfaat Teknologi 5G Pada Ponsel

Ponsel dengan teknologi 5G ternyata memiliki banyak manfaat. Kelebihan dari ponsel dengan jaringan 5G ini diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Mudah Terkoneksi Dengan beragam Device

Ponsel dengan teknologi 5G mampu terkoneksi dengan mudah dan cepat melalui beragam device. Device yang dimaksud bisa dengan peralatan rumah tangga, mobil hingga telepon. Cukup mengontrol melalui smartphone saja anda bisa mengoperasikan beragam device.

  • Transfer Data Super Cepat

Kelebihan lainnya ialah mampu mentransfer data dari telepon ke telepon lainnya dengan kecepatan per detik. Tak hanya mengirimkan gambar saja namun mengirim video yang memiliki kapasitas memori tinggi bisa dengan mudah terkirim. Anda yang berprofesi sebagai Youtuber bisa lebih cepat mengupload konten ke laman Youtube.

  • Download Film Bisa Dalam Hitungan Detik

Tak hanya urusan transfer data saja yang mudah bahkan download film gampang. Pasalnya ponsel 5G memiliki kecepatan 800 Gpbs per detik. Bisa diibaratkan download 50 film berkualitas HD bisa dalam hitungan detik.

Manfaat Teknologi 5G Pada Keseharian

Teknologi 5G ternyata tak hanya bisa digunakan pada ponsel namun juga pada aplikasi atau software industri. Manfaat teknologi 5G juga bermanfaat pada berbagai bidang apalagi dalam menunjang keseharian anda.

  • Meningkatkan Teknologi Mengemudi Tanpa Supir

Teknologi 5G bisa digunakan pada transportasi seperti mobil. 5G mendorong terciptanya mobil canggih yang bisa dioperasikan tanpa pengemudi. Adanya mobil canggih ini bisa membantu para lansia maupun mereka yang memiliki keterbatasan dalam beraktivitas karena disabilitas.

  • Bisa Bantu Petani Di Sawah

Teknologi 5G ternyata juga bisa digunakan untuk bidang pertanian. Pasalnya 5G mampu membantu menyemprotkan peptisida dan pupuk dengan menggunakan drone. Para petani tidak perlu lagi susah payah menyemai tanamannya dengan pupuk satu per satu. Irit ongkos dan tetap membuahkan hasil panen yang berkualitas.

  • Mendukung Adanya Smart Home

Manfaat teknologi 5G juga mempengaruhi tempat tinggal masyarakat nantinya. Pasalnya 5G mampu menghemat biaya penggunaan energi listrik lebih banyak. 5G juga mampu meningkatkan keamanan audio yang lebih baik.

Kekurangan Ponsel 5G Yang Patut Anda Ketahui

Walaupun menawarkan banyak kelebihan baik untuk gadget maupun berbagai bidang namun 5G juga memiliki kekurangan. Apalagi bila diterapkan pada ponsel seperti dibawah ini :

  • Mempengaruhi Kesehatan

Ponsel 5G kabarnya mampu membahayakan kesehatan. Hal ini dikarenakan radiasi gelombang millimeter energi yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi. Anda bisa beresiko terkena luka bakar atau kerusakan termal. Hal ini akan dialami oleh mereka yang bekerja atau tinggal di dekat pemancar frekuensi radio berdaya tinggi.

  • Butuh Banyak BTS

Selain itu jaringan 5G juga membutuhkan banyak base transceiver station. Tentunya dalam membangun BTS ini butuh dana dan piranti komunikasi dan jaringan operator yang mumpuni.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top