Tips

Tidak Cukup Modal dan Punya Lapak Saja, Tapi Lakukan Juga 6 Cara Ini untuk Mengembangkan Usaha

Menjalankan usaha baik secara online maupun offline pasti ada plus minusnya. Salah satu faktor yang membuat usaha menjadi terasa sulit dijalankan adalah persaingan ketat dan banyaknya pelaku usaha yang semakin beragam. Meskipun modal dan lapak tersedia, tapi hal ini belum tentu bisa memuluskan niatan usaha Anda jika belum fokus dan jeli dalam memperhitungkan income serta outcomenya. Jadi, sukses dalam berbisnis itu ditentukan oleh seberapa keras usaha Anda. Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis, sebaiknya simak beberapa tips untuk mengembangkan usaha berikut ini yuk.

  1. Sering-Seringlah Mengikuti Bazar untuk Menampilkan Usaha Anda di Muka Umum

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan usaha adalah sering mengikuti bazar. Anda bisa mengikuti bazar ini, karena bazar tersebut biasanya tidak mematokan jenis usaha baik secara online maupun offline. Tujuan dari bazar ini pun beragam, yaitu untuk mengenalkan usaha Anda ke muka umum serta untuk memanfaatkan sistem branding dalam usaha. Nah, dengan mengikuti bazar seperti ini tentu akan membawa pengaruh yang sangat baik terhadap eksistensi usaha Anda. Dari sini, produk atau usaha yang Anda jalankan akan semakin banyak dikenal oleh banyak orang.

  1. Perhitungkan Pemasukan dan Pengeluaran dengan Teliti

Meskipun sudah lama bergelut di dunia bisnis, namun ada juga pelaku usaha yang menyepelekan perhitungan income dan outcomenya. Padahal, hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan dengan seksama. Bukankan dalam menjalankan bisnis, Anda tidak ingin mengalami yang namanya besar pasak dari pada tiang? Oleh karena itu, perhatikan pengeluaran dan pemasukan sekecil apapun dengan mencatatnya di buku khusus yang nantinya diakumulasikan setiap bulan. Dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran seperti ini, presentase untung dan rugi Anda akan terlihat di tahap perhitungan tersebut. Sementara jika Anda tidak melakukan perhitungan antara pemasukan dan pengeluaran, maka jangan menyesal apabila suatu saat pengelolaan keuangan usaha Anda kacau dan tidak menentu.

  1. Mempromosikan Produk atau Endorse ke Selebriti atau Selebgram yang Sedang Populer

Mempromosikan produk usaha Anda melalui tahap endorse merupakan hal yang sah-sah saja. Namun, sebaiknya jangan menghamburkan uang modal usaha Anda hanya untuk endorse ke sana-sini dan tidak membuahkan hasil sama sekali. Akan lebih baik jika Anda menabungkan uang tersebut  untuk mengendorsekan kepada orang yang tepat sekaligus, seperti selebriti yang sedang populer dan hangat diperbincangkan. Tarif yang dibutuhkan memang akan terbilang mahal, namun jika hal ini dilakukan demi kemajuan usaha Anda tentu saja tidak akan menjadi sebuah beban dan masalah bukan?

  1. Kreatif dan Inovatif

Apapun jenis usaha Anda, jangan pernah malas untuk mengembangkannya. Dalam perkembangan usaha, Anda pun harus tetap kreatif dan inovatif menjalankan usaha setiap harinya agar konsumen tidak cepat bosan. Karena, berinovasi dan menumbuhkan kreatifitas menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk kemajuan usaha Anda. Bahkan, kedua faktor inilah yang akan ikut menunjang keberhasilan usaha Anda nanti.

  1. Pisahkan Uang Modal dengan Uang Pribadi

Dalam menjalankan usaha, jangan sampai Anda lalai memisahkan uang modal dan uang pribadi. Anda tentu harus selalu menghidupi usaha dan karyawan bukan? Jika diperlukan, gunakanlah brangkas atau wadah khusus untuk menyimpan uang-uang tersebut. Simpanlah dengan baik, hingga uang tersebut siap dikeluarkan di saat waktu yang tepat. Hati-hati, jangan pernah mencampurkan uang modal dengan uang pribadi Anda. Jika hal ini terjadi, jangan salahkan perhitungan omset menjadi berantakan. Tidak hanya itu, kesalahan ini juga dapat berpengaruh terhadap nasib usaha dan karyawan Anda lho. Oleh karena itu, berhati-hatilah!

  1. Fokus dan Pantang Menyerah

Menjalankan usaha sendiri dari nol seringkali tidak menggembirakan, karena adanya keraguan dan perasaan lelah saat usaha Anda sedang berada di ujung tanduk yang membuatnya terlihat gelap dan akhirnya membuat Anda untuk memilih menyerah saja. Jika hal ini terjadi, maka ingatlah dengan komitmen dan tujuan usaha Anda. Bukankah dari awal Anda sudah berkomitmen bahwa usaha yang Anda mulai dari nol bisa mengantar kesuksesan hidup Anda? Lalu, alasan apalagi yang cukup kuat untuk membuat Anda menyerah begitu saja? Ingatlah, tidak ada perjuangan yang menghianati hasil. Jadi, terus fokus dan semangat menjalankan usaha Anda sampai titik penghabisan.

Demikian beberapa cara untuk mengembangkan usaha. Dari ulasan di atas, kira-kira langkah mana yang akan diambil untuk memajukan usaha Anda? Semangat dan selamat berjuang yah para pengusaha muda!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top