Tips

Tips Agar Bisnis Warung Kelontongan Lebih Maju dan Sukses

warung-kelontong-modern

warung kelontong modern/https://jogjapolitan.harianjogja.com/

Warung kelontongan merupakan bisnis skala UMKM yang banyak dikelola masyarakat. Buktinya bisnis ini banyak kita jumpai hampir di seluruh kawasan kota atau desa. Dengan menjual berbagai produk kebutuhan masyarakat sehari-hari, bisnis warung kelontongan ini dianggap sebagai andalan untuk meraup laba. Tapi saat ini ketika banyak bermunculan minimarket membuat warung kelontongan semakin terhimpit posisinya. Penyebabnya apalagi kalau bukan kalah persaingan. Konsumen yang sangat sensitif terhadap harga memang lebih memilih berbelanja di minimarket yang banyak menghadirkan promo. Karena kalah saing maka keberadaan warung kelontongan ini beberapa mulai bertumbangan. Tapi sebenarnya sebagai pebisnis warung kelontongan bisa berusaha membuat solusi untuk mengatasi persaingan tersebut. Caranya, Anda bisa melakukan beberapa tips ini agar warung kelontongan Anda lebih maju dan sukses.

  1. Hadirkan Konsep

Tips pertama untuk membuat bisnis warung kelontongan lebih maju dan sukses adalah dengan menghadirkan konsep. Kebanyakan warung kelontongan memang konsepnya sudah kuno. Dibalik itu konsumen sendiri sudah disuguhi konsep belanja baru oleh beberapa market modern. Dari sinilah karena merasa lebih nyaman dengan konsep belanja baru dari market modern, warung kelontongan pun banyak ditinggalkan. Maka Anda yang ingin coba memajukan warung kelontongan bisa membuat terobosan dengan menghadirkan konsep seperti semi terbuka atau terbuka. Dengan tempat belanja yang lebih terbuka maka konsumen pun akan bisa berbelanja dengan leluasa dan nyaman seperti yang dirasakannya ketika berada di market modern.

  1. Berikan Ekstra Service

Anda memang harus berusaha lebih untuk bisa memenangkan persaingan. Agar bisa membuat warung kelontonganmu lebih maju maka Anda bisa menghadirkan pelayanan ekstra atau ekstra service. Apa pengaruhnya ekstra service? Tentu saja untuk membuat konsumen lebih senang dan lebih setia berbelanja di tempat Anda. Bila konsumen sudah banyak yang menyukai berbelanja di warung kelontong Anda karena layanan ekstra yang dihadirkan, maka Anda pun akan bisa memenangkan persaingan dan memajukan bisnis. Ekstra service yang bisa Anda hadirkan untuk konsumen ini bisa berupa layanan antar, layanan pemesanan online dan lainnya. Yang penting Anda harus kreatif untuk menghadirkan layanan yang lebih dan prima kepada konsumen.

  1. Sesekali Hadirkan Promo

Berikutnya, tips agar warung kelontongan lebih maju dan sukses adalah dengan menghadirkan promo. Meski Anda tergolong bisnis UMKM, Anda tak perlu ragu untuk menghadirkan promo. Toh promo yang dihadirkan tidak setiap hari. Bentuk promo yang dihadirkan sendiri tidak harus berupa potongan harga, tapi Anda bisa memberikan promo berupa hadiah, cashback atau yang lainnya. Promo yang Anda hadirkan ini tentu akan menarik minat konsumen untuk berbelanja di warung kelontong Anda. Jika sudah banyak konsumen yang tertarik berbelanja di tempat Anda maka bisnis warung kelontongan Anda akan lebih maju dan mampu mengatasi segala persaingan yang ada.

  1. Hadirkan Kemudahan Pembayaran

Saat ini memang banyak cara untuk melakukan pembayaran. Tidak harus menggunakan pembayaran tunai atau cash, tapi saat ini konsumen juga bisa melakukan pembayaran secara non-tunai dengan menggunakan e-wallet atau dompet elektronik. Dengan menggunakan e-wallet, pembayaran memang bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Dari sinilah maka penggunaan e-wallet ini semakin hari semakin banyak yang meminatinya. Karena banyak konsumen yang meminatinya maka Anda pun bisa menghadirkan cara pembayaran ini di warung kelontong Anda untuk menarik banyak konsumen. Untuk bisa menghadirkan cara pembayaran seperti ini maka Anda harus bisa menjalin kerjasama dengan pihak yang terkait dengan e-wallet tersebut.

  1. Bekerjasama dengan Pihak Lain yang Menjanjikan

Terakhir, tips agar bisnis warung kelontongan Anda lebih maju dan sukses adalah dengan bekerjasama dengan pihak lain yang menjanjikan. Saat ini memang ada beberapa pihak yang menawarkan kerjasama dengan warung kelontongan untuk memajukan usaha. Tidak hanya dari pihak perusahaan yang menyuplai barang-barang untuk warung, tapi saat ini pihak marketplace pun sudah ada yang menawarkan kerjasamanya untuk membuat warung kelontongan lebih maju. Dari sini Anda yang tertarik untuk menjalin kerjasama harus bisa memilih pihak yang menghadirkan prospek nan menjanjikan. Dengan menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang menjanjikan ini maka peluang Anda untuk memajukan dan mensukseskan warung kelontongan akan semakin terbuka lebar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top