Keuangan

Tips Khusus Bagi Anda Yang Ingin Beli Mobil Hanya Bergaji 5 Juta

Saat ini mobil menjadi salah satu alat transportasi yang keberadaannya semakin bertambah setiap tahunnya. Jika dulu, mobil dianggap sebagai transportasi mewah yang hanya bisa dimiliki orang berada, sekarang tidak lagi. Bahkan, anda yang memiliki gaji dibawah 5 juta pun juga bisa mewujudkan keinginan memiliki mobil. Bagaimana bisa ? Tentu bisa, berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti.

  1. Menabung Untuk DP

Tips pertama yang harus anda lakukan untuk bisa memiliki mobil adalah dengan menabung. Gaji 5 juta sebenarnya cukup besar bagi anda yang belum memiliki keluarga atupun bagi anda yang telah berkeluarga. Hanya saja, kebutuhan seseorang yang telah berkeluarga jauh lebih besar dibanding mereka yang masih single. Sehingga, besarnya uang yang bisa mereka sisihkan pasti berbeda. Saat ini untuk bisa membeli mobil, paling tidak anda harus menyiapkan uang muka minimal Rp 20 juta. Jika anda mampu menyisihkan gaji sebesar Rp 1,5 juta -1,8 juta maka dalam setahun anda sudah bisa mewujudkan keinginan memiliki mobil.

  1. Manfaatkan Promo

Setelah biaya untuk DP telah anda miliki, sekarang giliran anda mencari promo. Biasanya promo jual beli mobil seperti ini bisa anda temui pada pameran otomotiv yang sering diadakan di beberapa mall di kota-kota besar. Jika anda berhasil mendapatkan promo, biaya DP yang harus anda keluarkan bisa jadi lebih murah dari harga normal. Tak  hanya biaya DP, terkadang Promo juga akan memberikan Potongan Pada biaya cicilan.

  1. Pilih Cicilan Rendah

Sama seperti pada kredit rumah atau lainnya, anda pasti akan diberikan pilihan cicilan dalam jangka waktu tertentu. Untuk pembelian mobil, biasanya cicilan berkisar antara 4-6 tahun, tergantung besar dp serta banyak atau sediktinya cicilan yang anda bayarkan setia bulannya. Bagi anda yang bergaji 5 juta kebawah, usahakan untuk mengambil biaya cicilan dibawah Rp 1 juta. Hal ini dimaksudkan supaya anda tidak merasa terbebani jika mengambil biaya yang terlalu mahal. Terlebih, kebutuhan anda tidak hanya menyoal tentang mobil, namun juga kebutuhan pokok lainnya. Jangan sampai kebutuhan pokok sehari-hari anda terbengkalai hanya karena membayar cicilan mobil.

  1. Beli Mobil Sesuai Kebutuhan

Jenis mobil yang ada di pasaran dari dulu hingga sekarang sangat banyak sehingga tak terhitung lagi jumlahnya. Dari mobil dengan harga dibawah Rp 100 juta hingga Rp 1 triliun semua tersedia. Namun jika anda ingin membeli mobil hanya untuk memudahkan mobilisasi keluarga, pilihlah mobil dengan kualitas sedang. Jangan membeli mobil yang memiliki harga fantastis, karena biaya pajak yang harus anda keluarkan juga sangat tinggi.

  1. Perhitungkan Biaya Lain

Meskipun anda telah membayar biaya DP secara lunas, dan menyisihkan biaya angsuran setiap bulannya, namun biaya-biaya lain yang mungkin dikeluarkan berkaitan dengan mobil juga harus anda perhatikan. Misalnya saja seperti biaya service, oli, sparepart yang rusak atau lainnya. Ingat, biaya perbaikan mobil sangat jauh berbeda dengan biaya perbaikan motor. Oleh karena itu pastikan segala sesuatunya sebelum anda memutuskan membeli mobil. Belum lagi kebutuhan sehari-hari atau pengeluaran tak terduga lainnya.

Bagaimana masih belum percaya jika anda bisa membeli mobil hanya dengan gaji Rp 5 juta ? Jika tidak, anda bisa membuktikan sendiri dengan pergi ke dealer mobil terdekat. Namun tentunya, sebelum pergi ke dealer, siapkan terlebih dahulu biaya untuk uang muka.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top