Tips

Tips Memilih Sepeda yang Tepat Sesuai Kebutuhan untuk Gowes

tips-memilih-sepeda

bersepeda/https://www.cnbc.com/

Kegiatan bersepeda di masa pandemi Covid-19 saat ini memang terlihat begitu semarak bermunculan di beberapa daerah. Tidak hanya di akhir pekan saja, populernya aktivitas gowes ini juga bisa kita dapati setiap hari bahkan pada malam hari. Dari fenomena gowes yang menjadi tren ini maka bukan tidak mungkin sepeda akan menjadi kebutuhan untuk dibeli. Namun karena harga sepeda yang saat ini terbilang tinggi, maka kamu perlu cermat saat membelinya. Nah bagi kamu yang masih binggung memilih sepeda yang tepat sesuai kebutuhan, simak saja beberapa tips berikut ini.

  1. Kenali Jenis Sepeda

Tips pertama memilih sepeda yang tepat sesuai kebutuhan adalah dengan mencermati jenis sepedanya. Saat ini sepeda memang ada banyak ragam dan variannya. Secara umum ada tiga jenis sepeda di pasaran yakni mountain bike, road bike dan hybird bike. Nah dari sinilah maka kamu harus tepat memilih jenis sepeda yang akan digunakan. Seperti bila Anda hanya ingin bersepeda di perkotaan dengan jalanan aspal, maka pilihan road bike sangat tepat dipilih. Tapi bila Anda adalah seorang petualang yang ingin bersepeda di medan-medan berat, maka pilihan sepeda hybird dan sepeda gunung akan menjadi opsi terbaik. Berbeda lagi bila kamu ingin menggunakan sepeda untuk kompetisi atau perlombaan, maka sepeda yang tepat dipilih adalah sepeda balap.

  1. Sesuaikan dengan Anggaran yang Ada

Dengan beragamanya jenis sepeda, maka kita akan mendapati varian harga yang juga bermacam-macam. Harga sepeda sendiri saat ini sudah ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Ditengah tren gowes yang semakin besar memang membuat harga sepeda mengalami kenaikan. Maka dari itu kamu perlu sekali mencermati faktor harga ini untuk memilih sepeda yang tepat digunakan. Jangan memaksakan diri membeli sepeda dengan harga selangit hanya karena ikut-ikutan orang lain. Ingat bahwa harga tinggi dari sepeda tidak menjadi jaminan bahwa sepeda tersebut cocok untuk kamu. Sebut saja sepeda lipat Brompton yang memiliki harga sangat tinggi. Maka jika kamu orang yang tidak terlalu tinggi, maka sepeda Brompton ini akan membuat pegal badan. Ini karena sepeda Brompton memiliki struktur menuntut pengendaranya untuk mengayuh dengan posisi sadel yang tinggi.

  1. Ukuran Sepeda yang Pas

Selain harga, kamu juga perlu mencermati faktor ukuran guna mendapatkan sepeda yang tepat. Ukuran sepeda memang bisa kita dapati dalam berbagai versi, ada yang besar, sedang hingga ukuran mini. Nah dari sini Anda dengan tubuh yang cukup besar sangat tidak mungkin untuk membeli sepeda mini. Karena biasanya memang ukuran sepeda ini akan berkaitan dengan beban yang bisa ditahan sepeda. Sebaliknya Anda dengan tubuh kecil akan sangat berat dan kelelahan ketika menggunakan sepeda berukuran besar. Dari sinilah maka ketika akan membeli sepeda juga perlu memperhatikan ukuran sepeda yang tepat dan sesuai.

  1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Sepeda

Terakhir, tips memilih sepeda yang tepat untuk gowes adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan. Sepeda yang telah Anda beli tentu butuh sebuah tempat untuk menyimpannya. Nah dari sinilah kamu juga perlu memikirkan bagaimana nantinya sepeda ini tetap membuat nyaman saat ditaruh di rumah. Bila rumah Anda susah penuh sesak dengan berbagai barang, mungkin pilihan sepeda lipat akan menjadi opsi yang tepat. Tapi bila rumah Anda masih banyak ruang untuk memuat barang, maka memilih sepeda biasa (bukan sepeda lipat) masih menjadi opsi yang tidak buruk.

Demikianlah beberapa tips memilih sepeda yang tepat untuk Anda gunakan gowes. Dengan adanya beberapa tips ini maka Anda tak perlu lagi ragu lagi ketika akan pergi ke toko sepeda untuk membelinya. Dari tips-tips di atas juga Anda tidak perlu lagi buang-buang uang untuk keperluan yang sebenarnya kurang sesuai.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: