Tips

Tips Mencari dan Memilih Ruko untuk Bisnis, Jangan Sampai Lupa!

ruko

ruko/https://kaltim.prokal.co/

Salah satu tempat untuk berjualan adalah di ruko. Saat ini ruko memang menjadi pilihan banyak orang yang ingin membuka usaha atau bisnis. Melalui sistem sewa atau beli, mereka bisa mendapatkan tempat berjualan yang sedang marak ini dengan harga yang lumayan terjangkau. Dibanding menyewa atau membeli space di mall yang mahal, ruko memang dapat membuat sebuah bisnis memiliki peluang lebih besar untuk berkembang. Tapi karena saat ini pilihan ruko begitu banyak, maka Anda perlu mencermatinya saat akan menetapkannya sebagai tempat berbisnis. Tentu saja kecermatan ini dilakukan untuk tujuan agar Anda terhindar dari kerugian yang dapat muncul dari pemilihan ruko yang tidak tepat. Nah berikut ini adalah beberapa tips bisnis dengan tempat ruko yang bisa Anda terapkan.

  1. Pastikan Harga Masuk Akal

Pertama, tips memilih ruko untuk Anda jadikan tempat berbisnis adalah harga yang masuk akal. Harga memang akan menjadi sesuatu yang sensitif bagi pembelian apapun, termasuk ruko. Maka dari itu Anda sebagai penyewa atau pembeli, haruslah memiliki pandangan umum mengenai tarif sewa atau beli ruko. Cermati harga-harga ruko di pasaran untuk mendapatkan harga standar yang akan Anda jadikan acuan. Jangan lupa juga pastikan harga pasaran yang akan Anda jadikan acuan pembelian atau penyewaan ini perlu disesuaikan dengan keadaan ruko seperti lokasi, kondisi bangunan dan atau fasilitasnya. Nah dari harga acuan ini Anda bisa memberikan penawaran harga untuk ruko yang akan dibeli atau disewakan. Pastikan harga ruko yang akan Anda beli atau sewa ini adalah harga yang wajar dan masuk akal. Sebab bila Anda membeli atau menyewa ruko dengan harga yang tidak wajar maka Anda akan mengalami kerugian. Harga ruko sendiri berhubungan dengan risiko, kelayakan bisnis, potensi kenaikan dari harga ruko yang dibeli (capital gain) dan juga nilai sewa ruko bila ingin disewakan ke orang lain (yield).

  1. Perhatikan Reputasi Pengembangnya

Ruko tentu saja ada yang membangunnya. Biasanya yang membangun ruko ini adalah sebuah pengembang atau developer. Nah bila Anda imgin membeli ruko yang dibangun sebuah developer, maka Anda harus mencermati riwayat atau rekam jejak pengembang tersebut. Nama dan riwayat dari developer memang akan menentukan bagaimana keberadaaan sebuah ruko. Semakin baik nama dan riwayat sebuah pengembang maka biasanya akan semakin baik pula keberadaan ruko yang akan Anda beli, baik dari statusnya yang tanpa masalah hingga fasilitas yang diberikan. Sebab developer memang biasanya memiliki karakteristik tersendiri dalam pembangunan sebuah properti, termasuk ruko.

  1. Cermati Lokasinya

Lokasi memang menjadi hal yang penting dalam menetapkan tempat berjualan atau berbisnis. Sebab, dengan lokasi yang strategis maka peluang untuk bisa mendapatkan konsumen atau pembeli menjadi lebih terbuka lebar. Begitu pula dengan ruko. Semakin strategis lokasi sebuah ruko maka akan semakin menguntungkan untuk Anda karena bisnis bisa berkembang dengan baik. Sebaliknya bila lokasi ruko tidak strategis, hal ini bisa membuat Anda mengalami kerugian karena bisnis akan sulit bertumbuh. Strategis tidaknya sebuah lokasi ruko sendiri tidak hanya bisa dilihat dari posisi di pinggir jalan besar atau persimpangan jalan besar saja. Tapi posisi strategis ruko juga bis dilihat dari ramai tidaknya daerah sekitar. Sebab percuma saja lokasi ruko berada di pinggir atau di persimpangan jalan besar bila di daerah sekitarnya tidak ramai atau sepi konsumen. Maka saat mencari ruko untuk bisnis, cobalah untuk mencari yang lokasi strategis yaitu yang berada di pinggir atau persimpangan jalan dan juga daerahnya ramai.

  1. Lihat Fasilitasnya

Terakhir, tips mencari ruko untuk bisnis adalah dengan melihat fasilitasnya. Pengembang atau developer pastinya membangun sebuah properti, termasuk ruko dengan spesifikasi tertentu. Dalam spesifikasi ini sendiri akan muncul beberapa fasilitas yang bisa dilihat. Fasilitas dalam ruko sendiri memang sangat penting untuk dicermati. Sebab dari fasilitas yang ada tersebut, akan muncul kemudahan atau mungkin kesulitan bagi Anda dalam menjalankan bisnis. Tentu pilihan ruko yang tepat untuk bisnis adalah yang bayak fasilitasnya. Karena bila fasilitasnya banyak maka Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan pertumbuhan usaha akan bisa diraih. Maka dari itu saat mencari ruko untuk bisnis, pastikan ada beragam fasilitas yang mampu mendukung kegiatan usaha Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top