Tips

Tips Sukses Jalankan Usaha Sebagai Distributor, Terapkan!

sukses-menjadi-distributor

sukses menjadi distributor/https://ednovate.co.id/

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, membuat banyak peluang yang bermunculan. Tidak hanya menjual produk atau jasa, tapi di dunia bisnis yang pesat ini kita bisa menjual produk orang lain dengan menjadi distributor. Meski hanya menjual kembali produk orang lain, tapi peluang meraih untung besar dari menjadi distributor ini tidak bisa diremehkan. Sebab bila Anda mampu mendatangkan banyak pembeli atau pelanggan, maka usaha Anda sebagai distributor akan mampu sukses. Tapi agar sukses menjadi distributor, Anda perlu berusaha dengan semaksimal mungkin. Jangan lupa juga terapkan beberapa tips suksesnya berikut ini.

  1. Pahami Arti Distributor yang Sesungguhnya

Pertama, tips sukses jalankan usaha sebagai distributor adalah dengan memahami arti distributor dengan baik. Memang tidak sedikit pebisnis yang kurang memahami arti distributor itu sendiri sehingga membuatnya tidak bisa menjalankan strategi yang baik. Distributor secara umum memiliki arti yaitu pihak yang melakukan pembelian produk kepada produsen untuk kemudian dijual kembali kepada retailer atau langsung kepada konsumen akhir. Arti lain dari distributor adalah pihak perorangan maupun badan usaha yang bekerja dan bertanggungjawab untuk menyalurkan barang yang telah dibuat, baik itu berupa barang ataupun jasa kepada retailer atau konsumen. Jadi di sini seorang distributor hanya bekerja mengambil dan menyalurkan produk tanpa ada modifikasi serta inovasi produk.

  1. Skema Keuntungan Distributor

Untuk bisa eksis dan sukses sebagai distributor, Anda memang harus mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dari kegiatan ini. Keuntungan yang didapatkan distributor sendiri berasal dari potongan atau diskon harga yang diberikan produsen. Potongan harga atau diskon yang diberikan produsen sendiri tergantung seberapa banyak barang yang akan dibeli. Biasanya semakin banyak dan besar barang yang dibeli distributor maka akan semakin besar diskonnya. Nah dari potongan harga inilah distributor akan menjual harga umum di pasaran kepada retailer atau konsumen sehingga didapatkanlah laba atau keuntungan.

  1. Pahami Fungsi serta Tugas Utama Distributor

Berikutnya, tips sukses jalankan usaha sebagai distributor adalah dengan memahami fungsi serta tugas utama distributor. Fungsi dan tugas distributor memang tidak hanya sebagai perantara dari produsen saja. Tapi secara keseluruhan, fungsi dan tugas distributor ini terbilang kompleks karena harus juga melakukan pembelian, penyimpanan, pengakutan, pengiriman, dan juga penjualan produk. Seorang distributor juga harus melakukan fungsi dan tugas untuk menjalankan promosi.

  1. Rantai Distribusi Produk itu Penting

Dalam sebuah proses distribusi, rantai perjalanan produk memang sangat penting untuk diperhatikan. Dari sinilah kemudian dibutuhkan keterampilan atau keahlian marketing yang baik. Marketing atau pemasaran ini memang yang akan menentukan lancar-tidaknya rantai distribusi. Jika bila marketing yang dijalankan buruk, tentu perjalanan rantai distribusi ini akan terputus dan gagal. Maka Anda sebagai distributor harus bisa dengan baik menjalankan proses marketing ini sehingga poduk yang Anda jual bisa dengan cepat terserap oleh pasar.

  1. Pahami Strategi Marketing Efektif

Terakhir, tips sukses menjalankan usaha sebagai distributor adalah dengan memahami strategi marketing yang efektif. Agar produk yang dijual cepat diserap pasar maka ketika menjalankan marketing, Anda perlu menerapkan strategi yang efektif. Nah berikut beberapa strategi efektif dalam marketing sebagai seorang distributor.

Membangun rantai distributor

Agar bisa menjual produk secara cepat maka Anda perlu memiliki rantai distributor yang banyak. Semakin banyak rantai distributor yang Anda bangun, maka akan semakin besar peluang Anda meraih sukses.

Menciptakan repeat order melalui strategi harga yang bersaing

Harga memang selalu menjadi perhatian konsumen. Dari sinilah Anda yang memposisikan diri sebagai distributor tidak boleh bermain harga secara sembarangan. Meski Anda memiliki kebebasan menentukan harga, tapi Anda harus mengerti perilaku konsumen tersebut. Jangan hanya demi tujuan mendapatkan laba sebanyak-banyaknya, lantas Anda menaikkan harga dengan berlebihan. Sebab harga yang berlebihan nantinya akan membuat Anda kesulitan mendapatkan pasar.

Mengupayakan produk berputar dengan cepat

Sebagai distributor, Anda memang harus mengupayakan sebisa mungkin agar produk berputar dengan cepat. Semakin cepat produk yang Anda distribusikan maka akan semakin besar peluang Anda untuk meraih sukses. Untuk bisa mempercepat perputaran produk ini Anda bisa menerapkan sistem dropship, afiliasi atau yang lainnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: