StartUp dan UKM

Tips untuk Pengusaha Kopi yang Terimbas Pandemi Covid-19

tips-bisnis-kopi-masa-pandemi

tips bisnis kopi masa pandemi/https://www.cga.co.uk/

Bisnis kopi di setiap lini bidangnya saat ini memang sedang merasakan situasi yang sulit. Keadaan pandemi Covid-19 membuat banyak pengusaha yang memanfaatkan kopi sebagai produknya mengalami penurunan omset yang cukup besar. Meski pasarnya sebenarnya sedang tumbuh, tapi karena wabah dan peraturan yang muncul, membuat bisnis kopi pun melemah. Dari komoditas bahan bakunya sendiri harnya terus merosot. Dalam laporan International Coffee Organization (ICO) bulan April sendiri menyatakan bahwa telah terjadi penurunan Produk Domestik Bruto (PDB) dunia sebesar 1 persen. Penurunan PDB ini sendiri dikarenakan menurunnya permintaan kopi sebesar 0,95 persen atau setara dengan 1,6 juta kantong berukuran 60 kilogram. Dari situasi seperti ini tentu para pengusaha kopi harus atau wajib berbenah supaya tidak semakin terperosok. Untuk itu Jhoni Kusno serta Robin Boe sebagai founder Otten Coffee memberikan beberapa tips untuk pengusaha kopi agar bisa bertahan di tengah pandemi.

  1. Manfaatkan Platform Digital

Tips pertama menurut Jhoni Kusno dan Robin Boe untuk pengusaha kopi menghadapi situasi pandemi adalah dengan memanfaatkan platform digital. Saat ini dunia online sedang mendapatkan banyak perhatian dari banyak kalangan, terutama konsumen. Di tengah situasi pandemi yang memaksa orang untuk lebih banyak tinggal di rumah, membuat platform online manjadi alternatif untuk berbelanja. Dari sinilah kemudian pangsa pasar dunia online pun saat ini jadi semakin besar. Dengan semakin tingginya tren berbelanja online maka kamu sebagai pengusaha kopi harus melihat ini sebagai peluang dan solusi.

Tapi bagaimana cara untuk bisa terjun ke platform digital dengan barang dagangan berupa kopi? Tentu kamu bisa memanfaatkan beberapa platform seperti website, media sosial, marketplace dan lainnya. Di beberapa platform ini kamu bisa mengupload produk Anda untuk kemudian menawarkannya kepada konsumen. Pilihan lain adalah bergabung dnegan platform transportasi online untuk layanan pemesanan makanan. Dengan situasi pandemi yang suit ini menurut Jhoni setiap pengusaha memang harus kreatif dan inovatif.

“Kita harus meluncurkan inovasi demi mendorong pertumbuhan industri kopi lokal sekaligus memenuhi kebutuhan penikmat kopi. Misalnya memberikan resep kopi terbaru yang dapat ditiru masyarakat khususnya pencinta kopi lewat social media, sehingga mereka lebih mudah menikmati kopi-nya di rumah,” kata Jhoni.

  1. Olah Produk Sebelum Dipasarkan.

Lebih lanjut Jhoni juga memberikan ide inovasi kepada para pengusaha kopi untuk menjual produknya dalam bentuk kemasan atau sachet. Ini artinya Anda tidak hanya menghadirkan produk kopi jadi yang disajikan di tempat. Tapi dengan mengolah kopi yang ada, kamu bisa menjual racikan kopi untuk kemudian dibungkus dalam sachet. Nantinya konsumen yang membelinya dapat menikmati kopi tersebut di rumahnya dengan cara diseduh sendiri. Menjual biji kopi atau makanan pendamping kopi juga bisa menjadi alternatif untuk inovasi produk yang dihadirkan di tengah pandemi.

  1. Tingkatkan Kebersihan

Terakhir, tips untuk para pengusaha kopi dalam menghadapi situasi pandemi dari founder Otten Coffee yaitu dengan meningkatkan kebersihan. Saat ini kebersihan memang menjadi perhatian serius bagi banyak orang untuk menghindari penularan virus corona. Dari sinilah maka kamu sebagai pengusaha kopi juga perlu concern dengan kebersihan. Tidak hanya kebersihan pada produk, tapi kamu juga harus memperhatikan kebersihan pada perlengkapan pengolahan dan juga tempat usaha. Jangan lupa setelah kamu benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan pada bisnis yang dijalankan, beritahukan atau promosikan pada konsumen atau pelanggan agar mereka menjadi yakin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top