Keuangan

Transferwise, Cara Cepat Transfer Uang Ke Luar Negeri Tanpa Angkat Kaki Dari Rumah

Transfer uang mungkin transaksi yang mudah jika dilakukan dalam satu negara yang sama. Biaya yang dikenakan untuk transfer antar bank local juga tak terlalu mahal. Anda bisa melakukannya via ATM maupun transfer manual melalui bank. Sayangnya untuk transfer uang antar negara tentu membutuhkan waktu yeng lebih lama. Apalagi jika mata uang yang dikenakan berbeda sehingga biaya yang dikenakan oleh pihak bank kepada nasabah juga berbeda. inilah salah satu alasan munculnya transferwise yaitu layanan transfer uang yang melayani berbagai bank di seluruh dunia tanpa kecuali Indonesia.

Sumber : https://www.wintersportscompany.com

Siapa Dalang Dibalik Tranferwise?

Transferwise sendiri mulai dirilis pada bulan Januari 2011 oleh Kristo Kaarmann dan Taavet Hinrikus. Taavet merupakan pegawai pertama Skype dan Kristo ialah seorang konsultan keuangan yang bekerja di UK. Keduanya berasal dari Estonia dan sering mengirimkan penghasilan yang mereka dapat ke bank di kampung halamannya. Munculnya transferwise sendiri karena pengalaman pribadi yang dialami keduanya saat mentransfer uang mereka ke negara asal yang mendapatkan potongan cukup banyak kala itu.

Taavet bahkan menyatakan bahwa uangnya terasa berkurang 5% setiap kali berpindah bank. Saat itu uang yang didapatkan oleh mereka berbentuk pounds dan harus dikonversikan kedalam mata uang euro sehingga merekapun terpaksa dikenakan fee dua kali.

Bagaimana Mekanisme Kerja Dari Transferwise?

Mekanisme kerja dari transferwise tentu tak sama dengan transfer uang dibank pada umumnya. Sistem transfer yang digunakannya lebih mirip dengan jual beli mata uang. Uang yang anda kirimkan tidak akan langsung terkirim ke rekening yang dituju. Ada pihak yang memiliki rekening dalam mata uang tersebut yang kemudian akan mengirimkan sejumlah uang dengan mata uang yang sama untuk menghindari konversi valuta asing dan biaya bank atas perbedaan kurs.

Keuntungan dari transferwise sendiri didapat dari komisi yang diiperoleh dari pengirim uang. Pengirim uang nantinya akan dikenakan sejumlah biaya untuk layanan ini. Para pendirinya bahkan menyatakan transferwise lebih menguntungkan 90% ketimbang memakai jasa bank. Tentu saja ada kelemahan dibalik layanan transferwise ini. Tidak semua negara bisa mengirimkan uang sebagai contoh hal yang mudah untuk mengirim uang euro ke rekening rupiah anda. sayangnya transfwise tidak melayani transfer uang rupiah ke euro.

Simak Transferwise Berkembang Sekarang Ini!

Selama lebih dari 7 tahun berdiri transferwise kini sudah menjadi salah satu layanan kirim uang yang cepat, mudah dan aman. Kantor pusatnya didirikan di London  dengan jumlah pegawai hingga 700 orang yang tersebar diberbagai negara. Transferwise kerap dimasukan kedalam list start up yang cukup berpengaruh di dunia. Salah satunya transferwise berhasil menduduki peringkat ke 12 dalam daftar top start up pada 2012 silam.

Pada bulan May 2017 silam transferwise juga merilis layanan baru yang diberi nama the borderless account. Selain itu terdapat kartu debit dari Mastercard yang melayani 28 mata uang dari berbagai negara. Inilah hebatnya transferwise dibandingkan layanan kirim uang lainnya bahkan dulu transferwise pernah mendapatkan dana hingga $6 juta dari investor.

Transferwise menjadi salah satu solusi bagi anda yang sering sekali melakukan transaksi pengiriman uang. Untuk menggunakan layanan transferwise anda wajib mengisi form yang disediakan website transferwise.com. anda bisa mengirimkan uang dengan akun pribadi maupun perusahaan. jika anda memakai akun perusahaan biasanya akan dimintai dokumen pendukung untuk menunjukkan keabsahan dari perusahaan yang anda daftarkan. Anda bisa menggunakan nomor tanda daftar perusahaan atau TDP yang dikeluarkan oleh kantor pelayanan terpadu atau KPT  setempat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top