Tips

Yuk Kenali Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu

Kasus penipuan kini mulai merajai beragam hal diantaranya bahkan sampai lowongan pekerjaan palsu. Tak sedikit orang yang tertipu akan loker bodong ini. Modus operandinya sebenarnya sederhana yakni mereka membuka lowongan pekerjaan dengan menggunakan informasi perusahaan ternama. Setelahnya anda yang melamar pekerjaan tersebutlah yang dijadikan korban penipuan loker palsu ini. anda dimintai uang tertentu untuk biaya pemesanan tiket pesawat yang katanya akan diganti setelah anda sampai di lokasi wawancara tersebut.

Niat mau cari kerja untuk dapat uang malah rugi waktu, tenaga dan uang jika tidak berhati-hati akan modus penipuan loker ini. Untuk menghindari hal ini terjadi pada diri anda yuk kenali ciri-ciri lowongan kerja palsu berikut ini!

Menawarkan Gaji Yang Transparan dan Fantastis

Salah satu lowongan kerja palsu ialah menawarkan gaji yang fantastis. Apabila lowongan kerja tersebut memaparkan gaji terlalu transparan perlu diwaspadai. Biasanya gaji tidak ditawarkan secara terang-terangan atau terlalu transparan saat ditawarkan. Penawaran gaji biasa dibahas saat wawancara kerja. Apalagi jika lowongan kerja tersebut memberikan tawaran gaji tinggi dengan pengalaman yang minim maka patut anda pertanyakan.

Domain Email Gratisan

Selanjutnya bagi perusahaan multinasional atau berskala besar biasa menggunakan domain email yang berbayar. Bagi perusahaan kecil memang umumnya ada yang menggunakan domain email gratisan. Untuk mengetahui akun email tersebut fiktif atau tidak anda bisa memeriksa dalam website resmi perusahaan. Apabila domain email perusahaan tersebut menggunakan nama @co.id atau @.com maka bisa saja email ini berasal dari perusahaan asli.

Meminta Biaya Rekruitmen Kerja

Selanjutnya perusahaan resmi tidak akan pernah memungut biaya rekruimen apapun dari pelamarnya. Apalagi bagi pelamar yang masih tahap seleksi tentu tidak ada biaya yang dikenakan kepada pelamar. Biasanya perusahaan resmi akan mendanai biaya training calon karyawan yang sudah terseleksi bukan malah meminta uang kepada pelamar kerja. Ingat disini anda melamar pekerjaan untuk mendapatkan uang bukan malah dimintai uang.

Jangan Mudah Percaya Dengan Loker Edaran SMS

Lebih baik anda mencari lowongan kerja langsung di website resmi perusahaan tersebut. Jangan mudah percaya dengan lowongan kerja yang diedarkan melalui SMS atau whatsapp karena belum terbukti kebenarannya. Anda juga bisa mempercayai situs penyedia lowongan kerja yang memiliki reputasi ternama seperti jobstreet.

Langsung Wawancara Tanpa Tes

Umumnya lowongan kerja palsu ini melakukan wawancara tanpa tes terlebih dahulu. Sebenarnya memang ada perusahaan yang melakukan hal ini namun apabila anda sudah memiliki pengalaman sebelumnya atau anda memiliki kenalan yang cukup berpengaruh di perusahaan tersebut. Apabila ada perusahaan yang menawarkan pekerjaan tanpa tes maka anda patut mencurigainya. Selain itu biasanya tempat wawancara juga dipilih yang jauh dari domisili korbannya. Hal ini untuk membuat anda mudah dimintai uang pribadi untuk membayar tiket pesawan dan akomodasi yang kata perusahaan abal-abal tersebut dapat direimburse saat sampai di lokasi wawancara.

Perusahaan Memakai Nomor Seluler Biasa

Saat menghubungi anda ketahui apakah perusahaan memakai nomor telepon kantor atau nomor seluler biasa. Perusahaan resmi biasanya memakai nomor kantor untuk menghubungi kandidat yang akan diinterviewnya. Hati-hatilah saat perusahaan tersebut menghubungi anda dengan nomor seluler bisa saja anda dihipnotis atau menjadi korban penipuan.

Sebelum melamar pekerjaan ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu perusahaan yang hendak anda lamar. Anda bisa mencari informasinya melalui internet dan ketahui apakah benar perusahaan tersebut sedang mencari karyawan atau tidak. Jangan mudah terbujuk rayu gaji yang besar.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top