Bisnis Online

4 Tips Pilih Media Sosial yang Tepat Untuk Bisnis Anda

media-sosial

Media sosial saat ini memang telah menjadi sebuah fenomena tersendiri di masyarakat. Dengan semakin besarnya pengguna media sosial memang akan membuat pebisnis kehilangan pangsa pasar bila meninggalkannya. Tapi karena saat ini kita jumpai ada banyak media sosial, maka mau tak mau Anda sebagai pebisnis harus bisa memilih satu yang tepat. Sebab dengan keterbatasan waktu yang Anda miliki tentu Anda akan kerepotan untuk mengelolanya, bila harus memilih semua media sosial. Tapi bagaimana cara untuk bisa memilih media sosial yang tepat untuk bisnis. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih media sosial yang tepat untuk bisnis.

  1. Tentukan Target Pasar

Tips pertama untuk memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah dengan menentukan target pasar. Setiap bisnis memang seharusnya memiliki target pasar. Target pasar ini memang penting untuk ditentukan agar Anda bisa fokus untuk meningkatkan penjualan. Nah dari target pasar inilah maka Anda bisa menentukan media sosial yang tepat untuk bisnis. Seperti misalnya target pasar adalah kalangan kaum muda, maka media sosial yang tepat dipilih adalah Instagram, Tumblr dan YouTube. Sementara itu Anda yang menyasar target pasar kalangan intelektual maka media sosial yang tepat dipilih adalah Twitter. Sedangkan bila target pasar bisnis Anda adalah kalangan masyarakat umum atau masyarakat di luar perkotaan, maka media sosial yang tepat dipilih adalah Facebook. Sementara bisnis yang memiliki target pasar dari kalangan profesional maka media sosial yang tepat dipilih yakni LinkedIn.

  1. Lihat Berdasarkan Jenis atau Kategori Bisnis

Berikutnya, tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah dengan melihatnya berdasarkan jenis atau kategori bisnis. Seperti misalnya, bisnis Anda terkategori visual dengan lebih banyak menyajikan hal yang nampak atau terlihat, maka media sosial yang tepat dipilih adalah Instagram atau Pinterest. Sementara Anda yang menjalankan bisnis yang terkategori editorial dengan menghadirkan kata-kata atau tulisan, maka media sosial yang tepat dipilih yaitu Twitter dan Facebook bisa jadi pilihan tepat. Sedangkan bisnis yang dijalankan dengan mengandalkan konten video, maka media sosial seperti YouTube, Vine dan Snapchat akan menjadi opsi yang tepat untuk dipilih.

  1. Sesuaikan dengan Konsep Pemasaran Bisnis

Mungkin Anda menjalankan teknik marketing lain selain media sosial yang dijadikan andalan. Nah dari sinilah Anda yang akan memilih media sosial, bisa menjadikan konsep pemasaran tadi sebagai acuan. Seperti misalnya Anda sedang menjalankan pemasaran dengan media brosur, maka media sosial yang tepat dipilih adalah Instagramatau Facebook. Ini karena dengan Instagram, maka brosur yang telah ada tinggal Anda scan dan ditampilkan pada Instagram. Brosur yang informasinya perlu disebarkan pada banyak orang, membuat media sosial Facebook dengan pengguna terbanyak di dunia juga tepat untuk dipilih. Sedangkan Anda yang menjalankan konsep pemasaran word of mouth, maka Twitter akan menjadi media sosial yang tepat untuk dipilih. Ini karena dalam konsep pemasaran word of mouth lebih ditonjolkan kata-kata dibanding visual.

  1. Cocokkan dengan Rencana atau Tujuan Bisnis Anda

Terakhir, tips memilih media sosial yang tepat untuk bisnis adalah dengan menyesuaikan dengan rencana atau tujuan bisnis. Pastinya dalam menjalankan bisnis, Anda memiliki beberapa rencana dan juga tujuan bisnis. Dari beberapa rencana dan tujuan bisnis inilah, Anda bisa menjadikan pedoman untuk memilih media sosial. Seperti misalnya Anda memiliki rencana untuk membuat konten yang viral atau trending topic, maka media sosial Twitter akan jadi pilihan terbaik. Sedangkan Anda yang memiliki tujuan atau rencana bisnis menaikkan popularitas bisnis, maka Instagram akan jadi media sosial yang tepat untuk dipilih. Sementara itu media sosial yang tepat dipilih dengan rencana atau tujuan bisnis Anda yang ingin menaikkan omset adalah Facebook.

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa Anda terapkan untuk memilih media sosial yang tepat untuk bisnis. Tapi ingat untuk Anda yang ingin mencapai sukses, maka memilih media sosial yang tepat saja tidak cukup. Maka dari itu setelah Anda memilih media sosial, pastikan Anda mengelolanya dengan sungguh-sungguh dan konsisten.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top