StartUp dan UKM

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Akan Merilis Bisnis Baru

rilis-bisnis-baru

Sudah eksis dengan sebuah bisnis dan mencoba bisnis baru? Jangan dulu tergesa-gesa merilisnya. Meski Anda mengklaim bahwa sudah banyak pengalaman yang Anda miliki, tapi bisnis baru yang akan dirilis dan dijalankan, tak menjamin akan sesukses bisnis pertama Anda. Ini karena bisnis yang berbeda bisa jadi memiliki tantangan dan permasalahan yang berbeda. Maka dari itu Anda yang ingin merilis bisnis baru haruslah melakukan beberapa hal untuk mengantisipasi kegagalan. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika akan merilis bisnis baru.

  1. Riset Kebutuhan Konsumen

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan merilis bisnis baru yaitu meriset kebutuhan konsumen. Peluang Anda meraih sukses dalam bisnis memang bisa diukur dari seberapa besar kebutuhan konsumen terhadap bisnis Anda. Semakin besar kebutuhan konsumen terhadap bisnis Anda maka akan semakin besar peluang Anda meraih sukses. Jadi dari sini sebelum merilis bisnis baru, Anda harus memastikan bahwa data riset mengenai kebutuhan konsumen telah Anda dapatkan. Nah dari data riset inilah nantinya Anda bisa memutuskan apakah akan merilis bisnis baru ataukah tidak. Jika memang riset menunjukkan bahwa kebutuhan konsumen tidak terlalu besar pada bisnis Anda maka lebih baik Anda meninggalkannya dan mencari bisnis baru.

  1. Buat Rencana Pemasaran

Setelah kebutuhan konsumen telah Anda riset dan memang Anda dapatkan hasil data yang baik, maka selanjutnya Anda harus membuat perencanaan pemasaran. Dalam bisnis pemasaran memang memiliki peranan penting. Dengan pemasaran yang baik dan optimal maka Anda akan bisa membuat bisnis berjalan lebih maju. Tapi karena saat ini jenis pemasaran yang bisa Anda jalankan beragam macamnya, maka Anda yang akan merilis bisnis baru harus bisa membuat plan terlebih dahulu. Perencanaan pemasaran untuk bisnis baru ini memang akan membuat Anda berpeluang untuk lebih menjangkau konsumen. Jadi pelajari kelebihan dan kekurangan tiap-tiap pemasaran dan pilih yang sesuai dengan kondisi bisnis baru yang akan rilis.

  1. Minta Bantuan Pakar dan Profesional

Walaupun Anda berpengalaman dalam bisnis sebelumnya, tapi dengan model bisnis baru yang akan Anda rilis, bukan tidak mungkin Anda menjadi buta perpetaannya. Maka dari itu bantuan profesional atau pakar dibidangnya memang akan sangat penting untuk Anda saat akan merilis bisnis baru. Sebab dengan bantuan profesional atau pakar dibidangnya maka Anda akan bisa memiliki pandangan dan perpetaan mengenai bisnis baru yang akan Anda rilis. Pastikan saja profesional atau pakar yang akan Anda mintai bantuan ini adalah mereka yang memang kompeten dan berpengalaman dibisnis yang akan Anda rilis. Meski Anda telah sukses di bisnis pertama, Anda tak perlu sungkan meminta ilmu dan nasihat pada para pakar dan profesional. Sebab sebagai pebisnis sejati, kesungguhan dan inisiatif Anda yang akan dilihat oleh orang lain, terutama sesama pebisnis.

  1. Jalankan Kerja Sama dengan Influencer

Sesudah mendapatkan petunjuk dan pedoman dari para profesional atau pakar untuk bisnis baru yang akan Anda rilis, maka Anda harus melanjutkan usaha dengan menjalin kerjasama bersama influencer. Di zaman digital sepesat ini memang seorang influencer memiliki posisi yang sangat strategis. Sebab dengan kapasitas dan popularitasnya, seorang influencer bisa membuat produk atau jasa dari sebuah bisnis dapat dikenal oleh banyak orang. Nah dari sinilah bisnis baru yang Anda rilis akan mampu dikenal banyak orang dan berpeluang sukses. Influencer sendiri saat ini tidak hanya bisa Anda dapati dari seorang selebriti, tapi kini ada beberapa orang yang bisa menjadi influencer bagi bisnis baru Anda. Sebut saja selebgram, atau beberapa tokoh penting dibidang tertentu juga bisa Anda ajak kerja sama sebagai influencer untuk mensukseskan bisnis baru Anda.

  1. Beradaptasilah dengan Keadaan

Terakhir, cara yang harus Anda lakukan ketika merilis bisnis baru adalah beradaptasi dengan keadaan. Mungkin Anda belum terbiasa dengan bisnis baru yang akan Anda rilis. Tapi sebagai pebisnis sejati Anda harus bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan keadaan baru tersebut. Tapi bila Anda tidak bisa beradaptasi dengan keadaan pada bisnis baru maka Anda akan kesulitan untuk menjalankan bisnis pada jalan kesuksesan.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top