Keuangan

5 Investasi yang Paling Aman dan Menguntungkan

waktunya berinvestasi

Dari waktu kewaktu, harga kebutuhan di pasaran selalu naik dan cenderung mengalami peningkatan harga. Jika dahulu sejumlah rupiah bisa digunakan untuk membeli sebuah barang, namun sekarang untuk bisa membeli sebuah barang tersebut harus membutuhkan jumlah rupiah yang banyak, hal ini yang dinamakan dengan Inflasi, yang merupakan momok bagi setiap orang bila tidak mengetahui cara yang tepat di dalam menabung.

Menghadapi situasi ini, Anda sangat tidak disarankan untuk hanya mengandalkan gaji serta pemasukan yang pas-pasan saja sampai seterusnya. Hal ini dikarenakan, jika terus mengandalkan pemasukan yang pas-pasan maka lama kelamaan taraf hidup Anda akan merosot secara tajam akibat faktor inflasi tersebut.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan berinvestasi dengan tepat, dan jangan terperosok ke money game atau investasi yang bodong. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda lakukan, tentunya investasi dalam bentuk yang paling aman dan menguntungkan.

Apa saja investasi tersebut? Yuk, simak pemaparannya berikut ini.

  1. Menabung di surat berharga atau saham-saham yang aman

Investasi pertama yang paling modern tetapi menguntungkan, agar menjamin keberlangsungan hidup Anda di masa kini hingga mendatang adalah menabung di surat berharga dan saham-saham dengan tepat. Menabung di surat berharga dan saham adalah salah satu investasi cerdas dan efisien serta sangat visioner, karena dapat mengalahkan faktor Inflasi. Menabung di saham sudah terbukti efektif hasilnya sejak beberapa dekade ini.

Cara untuk menabung saham sangat mudah, yaitu bisa melalui perusahaan sekuritas terdekat di kota anda ataupun melalui pihak perbankan, dan cukup dengan menyisihkan sebagian atau beberapa bagian dari hasil pendapatan Anda setiap minggu atau setiap bulan (biasanya 20% hingga 30% dari penghasilan). Dengan begitu, Anda sudah bisa berinvestasi yang memiliki manfaat dalam jangka menengah maupun jangka panjang yang hasilnya bisa cukup mengagumkan, terutama untuk pensiun dan masa depan yang lebih sejahtera.

Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri Anda untuk berinvestasi dalam bentuk menabung saham atau surat berharga ini sekaligus didiklah anak dan keturunan Anda agar terbiasa menabung sejak dini di cara yang benar. Selain itu, jelaskan kepada mereka bahwa menabung sangatlah memiliki manfaat yang sangat besar untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan, apalagi jika dilakukan dengan cara yang tepat dan tidak sembarangan. Tidak hanya bisa mengumpulkan jumlah uang yang banyak, namun mereka juga bisa belajar hidup hemat dan sederhana dalam mengelola keuangan.

Menabung saham sudah sangat gencar dilakukan di masyarakat negara-negara maju, seperti Amerika, Jepang, Singapura, China, dan lain-lain hingga banyak menghasilkan milyarder bahkan trilyuner dari hasil menabung saham ini secara benar, salah satu tokoh yang terkenal di dunia dari hasil berinvestasi di saham semenjak dia masih remaja adalah Mr. Warren Buffett yang juga merupakan salah satu 5 orang terkaya di dunia saat ini.

Menabung di surat berharga ada 2 jenis yang harus Anda ketahui, yaitu:

Menabung untuk jangka menengah di bawah 5 tahun, Contoh: menabung di obligasi negara (ORI) dan sukuk

Menabung jangka panjang diatas 7 tahun, Contoh: menabung di reksadana, dan saham-saham yang terpilih dengan analisa Yuk Nabung Saham melalui trading saham

  1. Investasi Emas

Selain menabung, investasi yang paling aman dan menguntungkan selanjutnya yaitu investasi emas. Emas merupakan logam mulia yang paling diminati banyak orang diseluruh dunia. Karena, nilai emas selalu stabil dan nilainya terus melesat naik setiap tahunnya. Melihat keuntungannya yang sangat besar, maka banyak orang rela mengeluarkan uangnya dalam jumlah yang besar untuk membeli beberapa gram emas. Investasi emas adalah cara yang paling cerdas dan tepat, karena berkebun emas sangat menguntungkan dan bisa membuat Anda kaya raya. Masalah resiko, investasi emas ini juga aman bahkan hampir tidak ada resiko yang cukup berat bagi penginvestasi. Selain itu, berinvestasi emas merupakan cara investasi dalam jangka panjang yang sangat profit. Nah, tunggu apa lagi? Segera investasikan uang Anda kedalam bentuk investasi emas yang sangat menguntungkan. Disarankan untuk membeli emas fisik ataupun membeli melalui perusahaan yang terpercaya.

  1. Deposito di Bank

Biasanya, nasabah menginginkan bunga yang lebih tinggi dari sekedar menabung. Jika memang benar, maka solusinya Anda bisa menaruh dana ke bank dalam bentuk deposito yang aman. Bunga deposito ini bervariasi dan memiliki perbedaan dari satu bank ke bank lainnya. Bahkan, deposito tidak seperti menabung yang sewaktu-waktu bisa Anda tambah atau bahkan dikurangi jika ada keperluan. Tetapi, deposito memiliki perhitungan tertentu yang harus Anda cermati yaitu tenor atau jangka waktu serta penalty. Dan biasanya deposito lebih cocok untuk tabungan jangka pendek kurang dari 1 tahun.

Tabungan di Bank dan Deposito saat ini kurang cocok bila dilakukan untuk jangka panjang, karena akan tergerus dengan faktor inflasi.

  1. Properti

Berinvestasi di bidang property juga merupakan cara cerdas dan menguntungkan untuk masa kini hingga masa mendatang. Apapun jenis propertynya, baik berupa bangunan kontrakan atau membeli rumah untuk dijual kembali. Jika harganya naik dan ada konsumen yang berani memberi harga lebih tinggi maupun membeli ruko untuk kemudian dikontrakan kembali. Selain itu, ada juga yang membeli apartemen sebagai cadangan hidup dihari tuanya nanti. Cara-cara investasi dalam bentuk property tersebut, merupakan cara dan ragam jenis investasi property yang sangat menguntungkan. Selain itu Property berupa rumah, ruko dan apartment juga bisa disewakan untuk sekaligus menghasilkan pasif income.

  1. Bisnis

Investasi yang paling aman dan menguntungkan berikutnya adalah investasi bisnis yang tertata dan bersistem. Salah satu cara terhebat untuk menata masa depan yang gemilang, yaitu dengan cara membangun bisnis sejak dini. Banyak orang yang beranggapan bahwa membangun bisnis, tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Padahal, bisnis juga bisa dimulai dengan modal minim dan waktu yang fleksibel. Ada banyak peluang-peluang usaha mikro yang bisa dijalankan dengan modal minim, namun menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Seperti bisnis waralaba, jualan pulsa atau counter hp, bisnis pakaian, membuka cafe, membuka usaha katering dan masih banyak lagi.

Demikian 5 investasi yang paling aman dan menguntungkan. Jika Anda mau keuangan Anda stabil dan terkelola dengan baik, maka tidak ada salahnya bukan untuk memulai investasi dari sekarang? Yuk berinvestasi untuk hidup yang lebih baik dan sejahtera!

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top