Keuangan

5 Kebiasaan yang Dapat Membuat Anda Sulit Kaya, Hindari!

sulit-kaya

Siapa pun pastinya ingin menjadi kaya. Tapi untuk menjadi kaya pastinya dibutuhkan perjuangan dan usaha yang gigih. Tapi sayangnya tidak sedikit-orang-orang yang memiliki perilaku atau kebiasaan yang ternyata tidak dapat mendukung dirinya untuk menjadi kaya. Kebiasaan tertentu memang dapat mempengaruhi seseorang untuk meraih kekayaan. Sebab kekayaan ini hanya akan menghampiri orang-orang dengan kebiasaan baik. Sedangkan orang-orang dengan kebiasaan buruk, bukan tidak mungkin kekayaan akan bisa menghindar dan tidak mendekatinya. Nah berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat Anda sulit kaya.

  1. Tidak Menyadari dan Menggali Potensi Diri

Kebiasaan pertama yang dapat membuat Anda sulit kaya adalah tidak menyadari dan menggali potensi diri. Setiap orang yang lahir memang dianugerahi potensi diri oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Tapi sayangnya tidak semua orang menyadari bahwa dirinya punya potensi diri yang besar. Walaupun memang dirinya menyadari bahwa ada potensi dalam dirinya, tapi bila tidak menggali dan memaksimalkan potensi tersebut, tetap saja dirinya akan sulit meraih kekayaan. Dalam potensi diri ini memang menyimpan sebuah kekuatan untuk siapa pun yang ingin meraih sukses dan kekayaan yang diimpikannya. Tapi dengan tidak menyadari atau tidak menggali serta tidak memaksimalkan potensi diri, maka mereka akan sulit untuk bisa meraih setiap impiannya, termasuk dalam tujuannya meraih kekayaan.

  1. Tidak Menabung atau Berinvestasi

Kegiatan dan kebiasaan menabung atau berinvestasi memang menjadi sesuatu yang penting untuk Anda yang ingin menjadi kaya. Kenapa? Sebab dengan menabung atau berinvestasi artinya Anda memiliki kesadaran diri untuk membuat penghasilan yang ada tidak dihambur-hamburkan. Dengan kesadaran ini saja maka Anda punya kesempatan dan peluang lebih maju daripada yang lain untuk menjadi kaya. Apalagi bila Anda bisa menjalankan kedua kegiatan yang ada yakni menabung dan berinvestasi maka Anda akan semakin berpeluang untuk melipatgandakan pundi-pundi kekayaan Anda. Tapi bila Anda tidak menabung dan berinvetasi maka hal sebaliknya lah yang akan terjadi yaitu harapan Anda untuk kaya akan sirna.

  1. Gaya Hidup Serba Mewah

Berikutnya, kebiasaan yang akan membuat Anda sulit kaya yaitu gaya hidup serba mewah. Kebiasaan ini memang sudah melenceng dan berkebalikan dari prinsip hidup kedua yang sebelumnya yakni menabung. Bila menabung Anda akan bisa mengamankan uang maka bergaya hidup mewah akan membuat Anda akan boros dan sulit menambah pundi-pundi kekayaan. Alih-alih menambah pundi-pundi kekayaan, dengan gaya hidup serba mewah tersebut akan membuat uang atau kekayaan cepat habis, bahkan bisa tanpa sisa. Bila uang atau kekayaan Anda sudah habis untuk menuruti gaya mewah, maka apa yang bisa Anda andalkan untuk menjadi orang kaya.

  1. Selalu Berhutang dan Menunda Pembayaran

Kebiasaan yang sama buruknya dengan bergaya hidup mewah yaitu berhutang dan menunda pembayaran. Berhutang adalah hal yang seharusnya dihindari sebisa mungkin bila memang tidak terlalu mendesak. Tapi bila Anda terbiasa berhutang hanya untuk memenuhi hal-hal yng tidak penting maka Anda akan sulit untuk menjadi kaya. Selain berhutang, kebiasaan menunda pembayaran juga tak kalah buruknya jika Anda sering melakukannya. Ini karena menunda pembayaran itu artinya Anda akan semakin menambah beban pengeluaran. Sebab dari penundaan pembayaran tersebut akan muncul denda yang harus dibayar.

  1. Tidak Merencanakan Keuangan dengan Baik

Terakhir, kebiasaan yang dapat membuat Anda sulit kaya adalah tidak merencanakan keuangan dengan baik. Manajemen keuangan memang harus benar-benar menjadi fokus perhatian yang tidak bisa disepelekan bila Anda ingin menjadi kaya. Dengan perencanaan keuangan yang baik maka Anda akan bisa menjadikan uang yang ada menjadi lebih tepat dalam penggunaanya. Selain itu dengan perencanaan atau manajemen keuangan yang baik maka Anda juga akan bisa mendapati keuangan yang selalu sehat karena adanya pengaturan keuangan untuk sekarang dan masa depan. Ketika uang yang ada digunakan dan diatur secara tepat maka Anda pun bisa berpeluang untuk meraih kekayaan yang diimpikan. Tapi bila Anda tidak bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik, maka hal sebaliknya yakni tidak tercapainya harapan menjadi kaya bisa saja Anda alami.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top