StartUp dan UKM

5 Strategi Bisnis untuk Menarik Perhatian Konsumen Saat Bulan Ramadhan Tiba, Coba Yuk!

bagi-takjil

Bulan Ramadhan di negeri ini memang begitu memiliki kesan mendalam. Nuansanya yang sangat terasa dan dirayakan dengan begitu gempita di seluruh pelosok negeri menjadikan bulan Ramadhan selalu berarti. Tidak hanya berarti bagi yang menjalankan ibadah di dalamnya, tapi bagi pebisnis, bulan Ramadhan juga memiliki arti penting tersendiri. Bukan hanya sebagai pewarna dalam perjalanan usaha, tapi dengan usaha lebih maka bulan Ramadhan ini akan menjadi momen yang membuat pebisnis bisa tersenyum lebar karena omset besar yang diraih. Tapi untuk bisa mencapainya, ada beberapa strategi yang harus dilakukan pengusaha. Nah berikut ini adalah beberapa strategi bisnis yang bisa Anda jalankan untuk mampu menarik perhatian konsumen saat bulan Ramadhan tiba.

  1. Hadirkan Takjil Gratis

Strategi bisnis pertama yang bisa Anda jalankan untuk menarik perhatian konsumen saat bulan Ramadhan adalah dengan menghadirkan takjil gratis. Meski Anda tidak bergerak dibidang bisnis food and beverage, pemberian takjil berupa makanan ringan akan menjadi sesuatu yang menyentuh hati konsumen atau pelanggan Anda. Takjil yang bisa Anda hadirkan untuk konsumen sendiri tidk harus mewah. Bila dana Anda terbatas maka Anda bisa menghadirkan takjil sederhana seperti kurma atau juga kue-kue tradisional. Dengan memberikan takjil gratis pada konsumen atau pelanggan, maka bisnis Anda akan dikenang dan diingat terus-menerus dengan baik oleh mereka.

  1. Ajak Komunitas untuk Bukber

Berikutnya, strategi bisnis yang bisa Anda jalankan untuk menarik perhatian konsumen pada bulan ramadhan adalah dengan mengajak komunitas untuk melakukan bukber (buka bersama). Bila Anda memiliki channel atau jaringan pada komunitas tertentu yang berkaitan dengan bisnis maka Anda bisa mengajak mereka untuk datang menghadiri acara buka bersama. Dengan mengajak komunitas untuk datang dalam acara bukber maka Anda akan bisa membuat sebuah agenda promosi yang lebih optimal. Sebab, komunitas tertentu ini pastinya memiliki popularitas dan juga nilai tersendiri di masyarakat. Tentu untuk bisa mencapai tujuan tersebut, Anda harus bisa selektif menentukan komunitas yang benar-benar tepat.

  1. Hadirkan Live Event Jelang Berbuka

Jelang berbuka pastinya akan banyak orang yang keluar untuk melakukan kegiatan ngabuburit. Nah kegiatan ngabuburit yang dilakukan banyak orang jelang berbuka inilah bisa Anda jadikan momen untuk promosi bisnis. Caranya gelar saja live event jelang berbuka. Live event yang Anda gelar di temat strategis saat jelang berbuka puasa ini tentu akan menarik perhatian warga masyarakat. Nah ketika live event bisnis Anda sudah banyak menarik perhatian publik maka secara tidak langsung agenda promosi marketing Anda sudah berjalan efketif. Tapi memang untuk mengadakan live event ini membutuhkan dana yang cukup besar. Belum lagi Anda harus meminta perizinan kepada beberapa pihak. Tapi bila memang ada dana yang cukup, maka strategi ini akan tepat untuk dipilih saat bulan ramadhan tiba.

  1. Berikan Promo Berkah Ramadhan

Banyak orang mengingat bulan Ramadhan ini dengan promo yang beredar di mana-mana. Konsumen memang sangat antusias menyambut promo-promo yang ada pada bulan Ramadhan. Pasalnya, dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat lebaran membuat konsumen selalu mencari cara untuk bisa lebih berhemat. Nah salah saat cara berhemat untuk memenuhi kebutuhan lebaran pada bulan Ramadhan yang dilakukan seseorang yaitu mencari promo. Dari perilaku konsumen yang demikian maka Anda bisa menerapkan strategi bisnis promosi untuk bisa menarik banyak pembeli. Walau Anda harus memangkas harga tapi dengan banyaknya pembeli yang ada tentu keuntungan besar akan tetap bisa Anda raih.

  1. Bangun Ikatan Emosi dengan Bisnis Bernuansa Ramadahan

Terakhir, strategi bisnis yang bisa Anda jalankan untuk menarik perhatian konsumen saat bulan ramadhan adalah dengan membangun ikatan emosi konsumen dengan bisnis Anda dari nuansa bulan ramadhan. Bulan ramadhan memang memiliki kesan dan nuansa yang selalu berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Nah kesan dan nuanasa yang ada pada bulan Ramadhan inilah yang bisa Anda jadikan sebagai sebuah strategi bisnis untuk bisa membangun ikatan emosi dengan konsumen. Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa membangun ikatan emosi dengan konsumen dari nuansa bulan Ramadhan ini melalui beberapa cara seperti beriklan bertema ramadhan atau mengkonsep tempat bisnis bertema ramadhan dan lainnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top