StartUp dan UKM

6 Alasan Kenapa Anda Perlu Bangun Startup

Startup menjadi salah satu model perusahaan yang amat dilirik di era milenial ini. pemerintahpun menggalakkan program 1000 startup yang dipercaya mampu mendorong ekonomi Indonesia menjadi lebih baik. Startup sendiri merupkan perusahaan rintisan yang belum lama beroperasi dengan jumlah karyawan kurang dari 20 orang. Pendapatan dari perusahaan jenis ini umumnya tak mencapai $100.000 per tahunnya dan produk yang ditawarkan merupakan produk teknologi. Tak heran bila kebanyakan yang bekerja atau mendirikan startup ialah para kalangan muda mudi.

Perkembangan startup di Indonesia dirasa cukup disambut positif dengan setidaknya telah bermunculan sekitar 1500 startup local. Untuk itu berikut 6 alasan mengapa anda perlu segera membangun startup mulai sekarang!

Teknologi  Gak Akan Pernah Mati

Seperti yang dikemukakan sebelumnya bahwa produk startup ini merupakan berupa produk teknologi. Oleh karenanya produknya tidak bisa mati, basi ataupun kadaluarsa layaknya barang. Produk anda malah akan terus berkembang seiring berkembangnya teknologi.  Ini artinya produk anda juga tidak akan mati malah cenderung akan dikonsumsi terus menerus.

Pangsa Pasar Tak Terbatas

Pengguna internet di Indonesia kini telah menyentuh 80 juta lebih pengguna dengan 50 juta lebih memiliki smartphone. Di Indonesia saja anda bisa mendapatkan pangsa pasar yang cukup besar apalagi jika produk anda diperkenalkan hingga mancanegara.  Pangsa pasar produk startup mampu menembus waktu dan tepat dan bisa diterima secara global. Salah satu contohnya ialah facebook yang dulu hanya dikelola untuk social media antar mahasiswa Harvard kala itu. Kini siapa di dunia ini yang tak kenal dengan jejaring social pertemanan yang dimiliki oleh Mark Zuckenberg.

Tak Butuh Space Luas dan Minim Karyawan

Untuk membangun sebuah startup anda juga tak membutuhkan lahan yang luas. Jumlah karyawan yang dibutuhkan juga lebih sedikit dan lebih mengutamakan skill ketimbang kuantitas pegawai.  Umumnya startup akan membutuhkan karyawa yang handal dalam programmer ataupun ahli dalam pembuatan aplikasi. Sebuah startup bahkan bisa dibangun dalam garasi, kamar hingga apartemen sebab hanya memerlukan ruangan untuk peralatan computer.

Dukungan Investor

Untuk masalah dana pengembangan produk startup anda tak perlu khawatir. Jumlah investor di Indonesia kian bertambah seiring waktu.  Rata – rata investor memberikan dana sekitar $50 juta hingga $150 juta.  Ada beberapa investor yang aktif dalam pasar  startup teknologi diantaranya ialah East Venture,500 startups,Emtek Grup dan masih banyak lagi lainnya.

Fleksibel dan Lebih Kreatif

Startup tak seperti jenis perusahaan pada umumnya. Jam kerja startup lebih fleksibel dan tidak memiliki aturan yang terlalu terikat. Karyawan dibebaskan untuk berkreasi serta tanggap terhadap problematika masyarakat. Bekerja di sebuah startup akan memberikan anda banyak pengalaman tentang bagaimana cara mengembangkan potensi diri.  Anda juga bisa mngatur jam kerja anda sendiri serta menjadi bos untuk bisnis yang anda geluti.

Tak Hanya Money Oriented Tapi Juga Society

Anda ikut turut andil mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi masyrakat saat ini? maka membangun startup bisa menjadi solusinya. Membuka sebuah bisnis memang selalu bertujuan money oriented namun jika anda bisa menginspirasi banyak orang, why not?. Bukankah hidup anda akan jauh lebih berharga dan bermakna?. Mungkin saja startup anda ini merupakan salah satu jalan meraih mimpi yang dulu anda impikan. Bagaimana sudah siap untuk membangun startup impian anda dan menjadi the next Mark Zuckenberg selanjutnya?

 

Click to comment

Diskusi dan Komentar

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: