StartUp dan UKM

7 Kunci Mengatur Keuangan Perusahaan yang Sehat dan Berkembang Pesat

Apabila anda sedang dalam proses membangun sebuah bisnis, tentunya anda tahu jika cara mengatur keuangan perusahaan adalah hal yang penting untuk menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Untuk itulah, dalam mengatur keuangan ini sendiri ada kunci khusus yang harus anda ikuti. Berikut ini beberapa kunci dalam mengatur keuangan perusahaan, langsung saja kita simak daftarnya berikut ini

  1. Melakukan Perbaikan Arus Kas

Sebelum anda melakukan analisis dalam menemukan cara mengatur keuangan perusahaan, anda harus memahami hubungan antara arus kas dan keuntungan perusahaan. Dengan memahami arus kas, maka anda akan mengetahui ke mana saja uang anda mengalir. Meski untuk sebagian pebisnis arus kas dan keuntungan bisa saja menunjukan hal yang berbeda, tapi pengelolaan arus kas merupakan bagian integral demi kesuksesan dan kesehatan keuangan perusahaan.

  1. Sistem Program Akuntansi

Dengan memiliki dan membangun program akutansi yang lebih modern, anda bisa memastikan penerimaan data yang lebih relevan, cepat dan sedikit kemungkinan kesalahan dibandingkan dengan menggunakan proses manual. Selain itu, laporan yang anda dapatkan juga bisa lebih bermanfaat, akurat, tepat waktu dan biayanya juga lebih rendah. Hal ini tentunya adalah kelebihan utama yang tidak dimiliki oleh bisnis skala kecil di masa lalu yang sekarang ini dapat anda manfaatkan untuk menganalisis cara mengatur keuangan perusahaan yang sesuai dengan bisnis anda.

  1. Team Building

Melakukan evaluasi produktivitas dan sumber daya manusia adalah hal yang penting. Hal tersebut bisa memberikan pemahaman yang sama mengenai strategi bisnis yang ingin anda jalankan dengan tim atau karyawan anda. Saat anda dan tim mempunyai pemikiran dan visi yang sama, maka otomatis akan timbul keterlibatan dari semua anggota, sehingga mendorong produktivitas dan pastinya keuntungan perusahaan.

  1. Productivity Metric

Apabila anda termasuk pengusaha yang tidak pernah melakukan pengukuran ini maka lebih baik anda segera melakukannya. Terutama bila bisnis anda adalah people business yang merupakan bisnis yang menghasilkan uang dengan cara memberikan pelayanan yang diberikan oleh karyawan, maka anda harus fokus pada kinerja dan kenyamanan karyawan. Hal ini karena pemimpin yang berfikir strategi, memandang karyawannya sebagai sebuah aset yang penting. Rendahnya tingkat pergantian karyawan bisa membantu mereka dalam mencapai margin keuntungan yang ditargetkan. Hal ini tentunya akan lebih memudahkan perusahaan untuk menemukan cara mengatur keuangan perusahaan yang sehat.

  1. Anggaran

Anggaran perusahaan merupakan sebuah pedoman untuk anda dalam mengukur dan mengawasi kinerja keuangan. Untuk itulah, sebagai salah satu cara dalam mengatur keuangan perusahaan maka anggaran harus selalu dievaluasi atau bahkan direvisi. Melakukan evaluasi anggaran ini paling tidak selama enam bulan sekali. Hal ini karena dalam periode ini anda telah mempunyai informasi yang penting untuk membantu anda dalam melakukan evaluasi.

  1. Klien yang Tepat

Memilih klien yang tepat pastinya bisa membantu anda menemukan cara untuk mengatur keuangan yang baik. Hal ini karena ada model bisnis yang berbasis jasa, dimana perusahaan tersebut menarik dan memperhatikan basis klien. Jadi semua hal yang dilakukan oleh perusahaan tersebut berfokus pda networking, marketing dan aktivitas lainnya yang bertujuan untuk membuat klien tetap menggunakan jasa dari perusahaan tersebut. Meski begitu, akan lebih baik jika perusahaan anda meninggalkan saja klien yang buruk agar tidak menjadi bencana untuk tim dan kesuksesan perusahaan anda.

  1. Target Finansial Bisnis

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah dengan melakukan langkah besar menuju kesuksesan perusahaan anda. Caranya adalah dengan menulis target finansial. Hal ini karena membantu anda dalam mengendalikan perusahaan. Ingatlah tidak ada yang namannya terlalu awal dalam menuliskan target yang ingin anda capai di masa yang akan datang. Hal ini tentunya hanya dapat dilakukan oleh anda sebagai seorang pemilik bisnis karena hanya anda saja yang mampu memahami fokus dari arah bisnis dan tujuan perusahaan, serta cara dalam mengatr keuangan perusahaan untuk mencapai keuntungan yang optimal.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top