Lainnya

9 Alasan Mengapa Anda Menganggur Hingga Saat Ini!

Menganggur, adalah salah satu kata yang mungkin menyakitkan jika dilontarkan kepada seseorang yang belum mempunyai pekerjaan yang tetap. Terlebih lagi jika berkali-kali telah menyebarkan surat lamaran dan CV, namun belum ada perusahaan yang tak kunjung ingin merekrut. Hal ini menjadi salah satu factor penting untuk seseorang agar mampu intropeksi diri. Mungkin beberapa alasan ini menjadi latar belakang kenapa anda masih menganggur hingga saat ini.

  1. Terlalu suka pilih-pilih pekerjaan

Anda mungkin salah besar jika anda berpikir ingin menarget diri anda agar mendapatkan gaji yang tinggi meskipun anda masih pemula. Hidup tidak bisa diukur dengan cara yang instan. Yang ada, anda akan mendapatkan resiko kegagalan yang besar karena obsesi anda. Untuk itu, jika anda ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dan baik, cobalah berusaha jangan terlalu suka pilih-pilih pekerjaan. Lakukan kerja keras sesuai kemampuan anda.

  1. Malas mencari informasi

Jika anda sangat membutuhkan pekerjaan, jangan malas mencari informasi lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan banyak disebar di social media. Anda hanya perlu mencari dan mencoba. Jika anda malas, maka pekerjaan tersebut tidak akan anda miliki.

  1. Takut mencoba

Saat anda berpikir takut mencoba melakukan suatu hal, maka anda akan gagal selamanya. Jadi, jika anda memang sangat berkeinginan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, mulailah untuk membuang rasa takut tersebut. Belajarlah untuk selalu mencoba, meskipun anda berkali-kali gagal saat melamar pekerjaan.

  1. Tutur kata kurang baik

Salah satu factor, anda gagal dalam melamar pekerjaan juga bisa karena tutur kata anda dianggap kurang baik oleh pewawancara. Mungkin menurut anda anda sudah baik dalam bertutur, namun belum tentu anda sudah baik menurut mitra tutur. Jadi, sebisa mungkin saat anda melamar pekerjaan. Berhati-hatilah dalam bertutur.

  1. Tidak tepat waktu

Kebiasaan tidak tepat waktu juga dapat menyebabkan anda tidak diterima saat melamar pekerjaan. Anda akan dianggap meremehkan perusahaan tersebut jika anda tidak tepat waktu saat dipanggil interview. Jadi, sebisa mungkin saat anda berniat melamar pekerjaan.

  1. Kurang adanya persiapan

Alasan nomor 7 ini adalah alasan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Banyak orang yang terlalu percaya diri padahal secara persiapan belum matang. Nah, inilah yang menjadi pokok penting seseorang harus intropeksi diri. Jika anda benar-benar ingin berhasil dalam melamar pekerjaan, persiapkanlah dengan matang mulai dari berkas, dokumen, hingga public speaking yang nantinya akan ditest.

  1. Tidak mengenakan pakaian yang baik

Pakaian mencerminkan kepribadian. Jika anda salah berpakaian sedikit, secara tidak langsung sebuah perusahaan akan sulit menerima anda menjadi bagian darinya.

  1. Raut wajah tidak bersahabat

Raut wajah yang tidak bersahabat saat kegiatan wawancara berlangsung, juga menjadi penentu anda bisa gagal. Sebisa mungkin, bersikaplah ramah dan selalu tersenyum saat anda melakukan test wawancara agar anda bisa dipertimbangkan masuk di perusahaan yang anda tuju.

  1. Berkas kurang lengkap

Bisa jadi anda gagal dalam melamar pekerjaan karena berkas yang anda bawa kurang lengkap dan belum memenuhi criteria yang diinginkan oleh perusahaan yang anda tuju. Sebelum anda melamar pekerjaan, anda harus meneliti kelengkapan berkas terlebih dahulu.

Itulah beberapa factor yang perlu anda renungi. Jika anda ingin berhasil, perhatikan hal-hal yang akan anda lakukan. Meskipun hal tersebut kecil, jangan pernah menyepelekan. Jika anda gampang menyepelekan suatu hal, maka anda akan mudah menerima kegagalan. Untuk itu, selalu berusaha dan terus mencoba agar kegagalan tidak menimpa diri anda.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top