Tips

Agar Tidak Boros, Coba Terapkan Tips Kelola THR yang Bijak Berikut Ini

kelola-THR

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah sesuatu yang selalu ditunggu-tunggu seseorang jelang hari raya. Dengan besaran THR satu kali gaji membuat para pekerja gembira riang saat menerimanya. Namun sayangnya tidak sedikit orang yang terlena dengan besaran uang THR yang didapatkan sehingga khilaf menghambur-hamburkannya untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Tentu tindakan menghambur-hamburkan uang THR untuk keperluan yang tidak penting ini adalah perbuatan yang tidak bijak. Pasalnya, uang THR ini sebenarnya bisa Anda gunakan untuk kepentingan lain yang lebih berguna dan bermanfaat di masa depan. Tindakan menghambur-hamburkan uang THR untuk keperluan yang tidak bijak ini juga akan membuat manajemen keuangan Anda memburuk dan tidak sehat. Nah bagi Anda yang telah menerima THR maka alangkah baiknya Anda menerapkan tips mengelola THR yang bijak berikut ini.

  1. Belilah Apa yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Pertama, tips mengelola uang THR yang bijak adalah dengan membelanjakannya pada barang-barang yang memang sedang dibutuhkan, bukan sedang diinginkan. Kebutuhan dan keinginan memang dua hal yang berbeda. Bila kebutuhan adalah sesuatu yang memang sedang Anda perlukan maka keinginan bukanlah sesuatu yang diperlukan dan sebenarnya bisa tunda pembeliannya. Jika Anda memprioritaskan pembelian pada barang-barang yang dibutuhkan maka Anda akan bisa membatasi pengeluaran. Sebab kebutuhan adalah sesuatu yang bisa dibatasi, sedangkan keinginan tidak bisa dibatasi. Dengan memprioritaskan pembelanjaan uang THR untuk kebutuhan maka Anda sudah berlaku bijak dan akan membuat keadaan finansial jadi lebih sehat.

  1. Bayar Hutang dan Berikan THR pada Asisten Rumah Tangga

Hutang adalah sesuatu yang wajib dilunasi oleh siapa pun yang menanggungnya. Maka dari itu Anda yang sedang memiliki hutang hingga menjelang lebaran maka Anda wajib mendahulukan untuk melunasi. Bahkan sebenarnya pelunasan hutan ini lebih penting dari pada aneka kebutuhan lebaran yang perlu dibeli. Nah dari penerimaan THR yang sudah cair, maka hal ini harus Anda jadikan momentum yang tepat untuk melunasi hutang-hutang yang ada. Dengan hutang yang sudah lunas tentu Anda akan jadi lebih tenang dalam menjalankan kehidupan. Hal lain yang juga sepenting hutang yang harus Anda selesaikan pembayarannya adalah THR untuk asisten rumah tangga yang bekerja di rumah Anda. Jadi dengan pembayaran pada dua hal tadi dengan uang THR maka Anda akan lebih tenang dan lega saat akan menggunakan uang sisa lebaran untuk keperluan lain.

  1. Sisihkan untuk Tabungan dan Investasi

Berikutnya, tips mengelola uang THR dengan bijak adalah dengan menyisihkannya untuk tabungan dan investasi. Tabungan dan investasi memang merupakan sesuatu yang penting untuk setiap keluarga. Dengan adanya tabungan dan investasi maka masa depan Anda dan keluarga akan lebih cerah. Untuk menabung sendiri Anda tak harus menunggu memiliki uang yang besar. Dengan rutin menyisihkan pendapatan setiap bulannya, Anda sudah bisa menabung dan berinvestasi. Apalagi bila Anda telah menerima uang THR, maka sudah selayaknyalah Anda menyisihkannya untuk tabungan dan investasi. Selain menabung di tempat-tempat umum seperti di bank dan di celengan, Anda juga bisa menabung dengan bentuk investasi seperti deposito atau juga membeli aset-aset penting seperti tanah dan emas. Selain akan membuat masa depan yang lebih cerah, tabungan dan investasi juga akan membuat uang THR Anda lebih bermanfaat.

  1. Berzakat dan Berbagilah dengan yang Membutuhkan

Terakhir, tips mengelola uang THR yang bijak setelah memperolehnya adalah dengan berzakat dan berbagi pada yang membutuhkan. Setelah membayar hutang dan juga memberikan THR pada asisten rumah tangga serta menabung dan membelanjakan untuk kebutuhan, maka jika ada sisa THR yang ada, Anda perlu memberikannya pada hal berhak. Berzakat di sini adalah zakat penghasilan, bukan zakat fitrah yang memang wajib. Dengan membersihkan harta dengan zakat penghasilan maka hidup Anda akan lebih berkah. Pilihan lain selain zakat penghasilan adalah dengan bersedekah kepada yang membutuhkan. Dengan bersedekah pada yang membutuhkan, hidup Anda juga akan lebih berkah.

Dari beberapa hal di atas yang Anda lakukan maka Anda telah bisa berbuat bijak untuk uang THR yang Anda terima. Ketika Anda sudah lebih bijak menggunakan uang THR yang ada maka keuangan Anda akan lebih sehat dan masa depan Anda juga akan lebih baik.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top