StartUp dan UKM

Aplikasi Ini Jamin Usaha Bidang Pertanian dan Peternakanmu Jadi Lebih Terjamin

Pertanian dan peternakan menjadi salah satu bidang usaha yang paling banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena kesempatan usahanya yang terbuka lebar namun juga keadaan alamnya yang mendukung kedua bidang usaha ini dilakukan diberbagai daerah di Indonesia. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih maka diciptakan pula beberapa aplikasi yang mampu meningkatkan bisnis pertanian dan peternakan di tanah air. Anda tentu penasaran dengan aplikasi apa saja yang dimaksud tersebut? yuk intip ulasan selengkapnya berikut ini :

Tudder Aplikasi  Kencan Khusus Sapi

Anda mungkin pernah mendengar aplikasi tinder yang biasanya digunakan anak muda saat ini untuk menambah teman bahkan mencari pasangan. Ternyata ada lo aplikasi yang dikhususkan untuk kencan khusus sapi. Aplikasi ini bernama tudder yang digunakan oleh peternak sapi untuk menjodohkan sapi-sapi yang dimilikinya. Aplikasi ini bertujuan untuk menolong para peternak sapi untuk mempermudah proses pengembangbiakan sapi. Sekiranya ada 42.000 peternakan yang telah bergabung dalam aplikasi ini. Dalam aplikasi ini juga disediakan profil sapi mulai dari silsilah keluarganya, foto sapi tersebut, umur sapi hingga perkiraan harga jual dan lokasi pertemuan yang diinginkan.

Aplikasi SIAP Jadi Andalan Asuransi  Bagi Petani

Aplikasi selanjutnya datang dari tanah air bernama SIAP. SIAP merupakan singkatan untuk sistem informasi asuransi pertanian. Aplikasi ini merupakan kerja sama antara kementrian pertanian dengan Jasindo yakni jasa asuransi pertanian. Asuransi ini bisa menolong petani ketika gagal panen dan mengalami kerugian secara material. Pada tahun 2018 lalu besaran tanah pertanian yang telah diasuransikan hampir mencapai angka 1 juta hektar. Ini artinya sudah banyak petani yang sadar akan kebutuhan untuk mengasuransikan lahan pertanian yang dikelolanya.

Pantau Harga Bantu Penjualan Anda

Aplikasi pantau harga akan membantu petani untuk mendapatkan harga jual yang pantas untuk hasil panen yang dimilikinya. Aplikasi ini membantu menampilkan harga jual hasil panen berdasarkan lokasi yang dikehendaki. Tak hanya itu saja masyarakat juga bisa memesan hasil pertanian melalui aplikasi ini sehingga harga beli yang didapatkan tidak setinggi harga di tengkulak atau pihak ketiga lainnya. Bagi anda yang tertarik memakai aplikasi ini wajib melakukan registrasi dahulu dengan memakai email dan mengisi beberapa informasi diri seperti nomo KTP, alamat lengkap dan nama lengkap.

Angon Jadi Pilihan Untuk Anda yang Ingin Beternak

Aplikasi selanjutnya ialah aplikasi angon bagi anda yang ingin membuka usaha ternak sapi dan kambing. Aplikasi ini membantu anda untuk menjalankan usaha ternak tanpa harus memiliki lahan untuk beternak. Angon ini menghubungkan antara investor peternak dengan peternak maupun sentra peternakan rakyat.  Untuk menggunakan aplikasi ini setelah mendaftarkan diri anda harus melewati tiga tahap. Tahap pertama yaitu memilih ternak  yang anda inginkan. Tahap selanjutnya ternak akan dirawat selama 3 bulan  baru kemudian anda jual. Untuk penjualan juga akan dibantu dengan pihak ketiga atau anda juga bisa mengambil ternak anda jika tidak ingin menjualnya.

Petani Bantu Mengedukasi  Petani Pemula

Ada pula aplikasi petani yang bisa membantu anda dalam hal edukasi pertanian. Aplikasi ini menawarkan informasi berkaitan dengan dunia pertanian, cara mengatasi penyakit tanaman hingga cara yang tepat untuk membudidayakan tanaman. Tak hanya itu saja aplikasi ini juga akan membantu penyuluhan tanpa harus turun langsung ke lapangan. Praktis bukan aplikasi diatas? Dijamin bikin hasil panen anda lebih baik dan optimal hasilnya.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top